Peluang Usaha Jasa Yang Menguntungkan; Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Jasa Yang Menguntungkan; Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha Jasa Yang Menguntungkan; Usaha Bengkel Motor

Peluang Usaha jasa yang menguntungkan yang satu ini bisa kami katakan sebagai salah satu usaha jasa yang paling Anda butuhkan, terutama kalau Anda adalah pemilik kendaraan. Usaha jasa satu ini adalah bentuk peluang yang muncul dari berkembangnya pasar otomotif di Indonesia.

Tidak menjadi rahasia lagi kalau peluang usaha jasa yang menguntungkan penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun mengalami peningkatan fantastis. Bisa dikatakan sekarang setiap rumah memiliki setidaknya 1 buah sepeda motor. Banyak orang melihat memiliki kendaraan sendiri lebih praktis dan ekonomis, jadi meski mereka belum mampu membeli mobil mereka setidaknya mengupayakan untuk membeli motor.

Apalagi sekarang tidak sulit sama sekali untuk bisa segera membawa pulang sebuah motor keluaran terbaru. Harga kredit motor tampak semakin terjangkau apalagi dengan beragam penawaran tambahan termasuk bonus-bonus dan sistem bebas uang muka. Jelas saja semakin banyak motor yang terus memadati jalan raya.

Perkembangan pasar otomotif di Indonesia sampai diakui oleh produsen otomotif skala dunia macam Honda dan Yamaha yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai salah satu pengantara promosi utama mereka.

Dan dari perkembangan inilah Anda bisa melihat adanya usaha jasa yang menguntungkan yang berkembang pesat pula di pasaran akan potensi usaha perbengkelan. Setidaknya pemilik motor membutuhkan bengkel motor untuk melakukan perawatan rutin dan reparasi kendaraan mereka.

Bengkel sendiri sebenarnya memiliki dua jenis, yaitu ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan non ATPM. Bengkel ATPM merupakan bengkel yang telah memiliki lisensi resmi dari perusahaan sebuah brand tertentu. Sementara untuk non ATPM biasanya merupakan bengkel mandiri yang yang dijalankan para pemula dari rumah. Kedua jenis diatas semuanya memiliki peluang yang cukup besar untuk mendatangkan untung jutaan rupiah setiap bulannya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuka usaha jasa bengkel motor ini antara lain :

  1. Skill dan ketrampilan otomotif.
    Paling utama dan pertama adalah skill atau ketrampilan yang Anda miliki dalam bidang otomotif. Jangan sampai Anda sama sekali tidak memiliki ketrampilan otomotif. Memang akan lebih baik jika Anda memiliki background edukasi dari bidang otomotif. Namun demikian tidak dari bidang tersebut, asalkan Anda mampu mempelajarinya secara otodidak pun tidak masalah.
  2. Modal usaha
    Perlu diperhitungkan apakah Anda memiliki modal yang relatif besar. Jika modal Anda besar tentu Anda mampu membeli alat-alat yang mendukung sehingga dapat melayani segala jenis service yang dikeluhkan pelanggan. Namun jika modalnya terbatas, maka lebih baik Anda memberikan jasa service dasar sebagai awalnya terlebih dahulu.
  3. Menjalin kerja sama
    Jalinlah kerja sama dengan distributor agar sparepart yang Anda miliki pun menjadi lebih lengkap, sehingga tidak akan membuat kecewa pelanggan Anda yang ingin memperbaiki sepeda motornya atau hanya sekedar membeli aksesoris untuk motornya.
  4. Manajemen SDM
    Untuk setiap kali satu sepeda motor diservice membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena itu jika Anda bekerja sendiri maka hasilnya juga kurang maksimal. Ada baiknya jika Anda merekrut pegawai untuk menjadi mekanik di bengkel Anda. Perhatikan benar ketrampilan pegawai Anda di bidang otomotif.
  5. Lokasi dan tempat usaha
    Jika memang ada modal lebih bisa memiliki tempat usaha sendiri, namun jika tidak pun Anda bisa memanfaatkan ruang kosong dirumah Anda. Garasi merupakan pilihan yang paling tepat. Walaupun bengkel selalu dikonotasikan dengan kotor dan penuh oli dan minyak. Ubahlah persepsi itu dan buatlah nyaman pelanggan Anda yang menunggu dengan menata ruang tunggu menjadi ruang yang rapi dan bersih. Anda bisa sediakan ruang tunggu nyaman, lengkap dengan kursi-kursi dan setidaknya radio dan speaker atau malah TV.

Usaha jasa bengkel sepeda motor ini memiliki kelebihan dibandingkan usaha yang lain karena usaha jasa ini diperkirakan tidak akan mati ditelan jaman. Bagaimanapun dengan laju pertumbuhan penjualan motor yang cukup tinggi akan memberikan dampak positif bagi usaha bengkel.

Namun di sisi lain bengkel juga termasuk jenis usaha jasa yang menguntungkan dengan persaingan yang cukup ketat. Kadang dalam satu ruas jalan Anda bisa menemukan lebih dari 3 bengkel. Ini membuat Anda perlu cukup perhatian dalam beberapa hal penting dalam usaha bengkel Anda, seperti kualitas dan profesionalitas tenaga kerja Anda, harga, layanan tambahan, update teknologi dan sebagainya.

Apa Anda juga tertarik untuk membuka usaha jasa yang menguntungkan satu ini? -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.huntermotorcycle.com

Tag:

usaha bengkel motor 2016, bengkel termasuk usaha di bidang, bengkel motor modern, Usaha Jasa Bengkel, peluang usaha bengkel motor, Peluang usaha bengkel 2016, Ide usaha otomotif, bengkel motor 2017, Modal usaha kecil bengkel motor 1 jutaan, prospek usaha bengkel
Peluang Usaha Jasa Yang Menguntungkan; Usaha Bengkel Motor | Hari Murti | 4.5

Komentar :