Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Produksi Sambal Pecel Rumahan

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Produksi Sambal Pecel Rumahan

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Produksi Sambal Pecel Rumahan

Kali ini kami akan membahas peluang usaha ibu rumah tangga. Siapa tidak kenal dengan sayur pecel yang segar dan khas itu. Bumbu sambal sarat dengan kacang tumbuk halus itu memiliki rasa dan aroma segar yang menggoda selera. Dipadukan dengan aneka sayuran rebus segar, pasti sangat cocok sebagai menu sarapan atau makan siang istimewa Anda.

Kami di sini tidak sedang membuat ulasan kuliner, melainkan peluang usaha ibu rumah tangga. Dan bumbu pecel yang menggugah selera ini bisa menjadi objek dari peluang usaha bagi para ibu rumah tangga dan mungkin termasuk Anda.

Sudah bukan hal baru lagi kalau para ibu rumah tangga kerap mencari pekerjaan atau usaha sampingan yang bisa membantu keuangan rumah tangga dan menambah uang jajan anak tanpa perlu meninggalkan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Bisa dikatakan inilah syarat penting dalam memilih peluang usaha ibu rumah tangga yang tepat.

Dan memproduksi sambal pecel rumahan bisa jadi adalah salah satu bentuk peluang usaha yang menarik untuk ibu rumah tangga jajal. Pasalnya untuk membuat sambal pecel Anda tidak perlu repot berburu bahan baku, karena bisa dikatakan bahan bakunya sangat mudah Anda dapatkan. Selain itu cara membuatnya sanat mudah dan sederhana, sehingga tidak akan terlalu merepotkan para ibu rumah tangga yang biasanya sudah familier dengan urusan dapur.

Rahasia utama pembuatan sambal pecel yang menggoda selera adalah pada kepekatan kacang sangrai yang dihaluskan, gula, rasa pedas, bumbu bawang putih dan aroma jeruk purut yang kental. Anda bia mencari resepnya melalui internet dan melakukan ujicoba untuk menemukan resep dan rasa paling cocok untuk kemudian Anda jual.

Anda bahkan bisa mencicipi sukses besar sebagaimana banyak pelaku usaha serupa yang sudah menekuni industry bertahun-tahun lamanya. Seperti pengalaman Ny Roesmadji dari Madiun. Berada di pusat industry pecel tak membuat ibu paruh baya ini ragu untuk menekuni produksi rumahan sambal pecel. Awalnya beliaupun hanya menjualnya di depan rumah secara kecil-kecilan.

Dengan berbekal resep sambal pecel yang beliau dapat dari sang bunda, beliau memulai usaha kecil ini di sela-sela waktunya sebagai ibu rumah tangga. Awalnya beliau hanya memproduksi dalam jumlah kecil di dapurnya yang serba terbatas dan menjualnya Tetapi karena banyak konsumen yang cocok dengan rasa sambal pecel buatan Ny Roesmadji, maka semakin hari semakin banyak pelanggan datang.

Kini dalam sehari beliau harus memproduksi setidaknya 20 kg sambal pecel yang dikemas dalam plastik ¼ kg dengan harga perkemasan sekitar Rp 6.500. Menariknya dari membuka peluang usaha ibu rumah tangga macam ini, beliau sudah sukses menyebrangkan produk sambal pecelnya ini sampai ke berbagai belahan dunia. Dari Belanda, Amerika, Hongkong dan Inggris.

Beruntung putra Ny Roesmadji, Jumino berkesempatan membagi sedikit tips suksesnya menjalankan peluang usaha ibu rumah tangga ini hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang. Berikut ini adalah beberapa tips sukses dari sambal pecel Ny Roesmadji.

  1. Konsistensi rasa
    Demi mempertahankan pelanggan, Ny Roesmadji sangat cermat dalam memastikan rasa dari sambal pecelnya konsisten dari wktu ke waktu. Bahkan untuk itu, beliau sengaja hanya memberikan kepercayaan pada orang tertentu yang sudah melalui proses pelatihan panjang untuk membuat sambal pecelnya.
  2. Konsistensi layanan
    Kepuasan pelanggan bukan hanya pada rasa, tetapi pada pelayanan. Karena kebanyakan produk dijual kembali melalui berbagai toko oleh-oleh di putaran kota Madiun, maka pelayanan di sini adalah selalu memastikan produk tidak kadaluarsa, kemasan baik dan aman bahkan untuk perjalanan jauh. Termasuk pula konsisten untuk mempertahankan harga tetap cukup terjangkau di kantong konsumen.
  3. Konsistensi internal
    Selama ini Ny Roesmadji sengaja hanya merekruit tenaga kerja dari tetangga sekitar rumahnya. Cara ini selain membantu lingkungan mengangkat derajat ekonomi juga membuat usaha ini seolah menjadi milik bersama dan munculah rasa memiliki yang kuat hingga kini. Apalagi sejak awal usaha ini seolah dibuat kekeluargaan sehingga hubungan pemilik dan karyawan berjalan layaknya keluarga dan ini berjalan hingga kini.

Anda tertarik dengan ide peluang usaha ibu rumah tangga satu ini? Ide sederhana yang mudah dijalankan dan mudah pula mengeruk hasil. Atau Anda memiliki ide lain yang tidak kalah menarik dari ini? Setidaknya semoga informasi ini bisa menjadi rujukan bisnis Anda. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis sambel pecel, cara membuat sambal pecel kemasan, Cara memasarkan sambal pecel, usaha bumbu pecel, cara bisnis sambal pecel, produksi sambal rumahan, bisnis sambal pecel, peluang usaha produksi sambel pecel, peluang usaha sambel pecel, usaha sambal pecel
Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Produksi Sambal Pecel Rumahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :