Peluang Usaha Home Industri Pembuatan Duplikat Furniture Antik

Peluang Usaha Home Industri Pembuatan Duplikat Furniture Antik

Peluang Usaha Home Industri Pembuatan Duplikat Furniture Antik

Peluang usaha home industri furniture antik asli memang terbilang sangat mahal, bahkan kadang satu buah lemari klasik dua pintu saja bisa dihargai mencapai belasan atau bahkan puluhan juta kalau masih dalam kondisi terbaiknya. Hal ini menyebabkan banyak penggemar barang antik hanya bisa gigit jari ketika mereka mengidamkan untuk bisa mengkoleksi produk antik untuk kediaman mereka.

Harga ini jauh meninggalkan produk-produk furniture masa kini yang biasanya hanya dibandrol dengan harga yang relatif ringan di kantong. Berangkat dari kondisi inilah Anda bisa menemukan ide peluang usaha home industri yang cukup potensial untuk Anda kembangkan dengan serius.

Ide peluang usaha home industri tersebut adalah pabrik rumahan pembuatan duplika furniture klasik. Dengan membuat duplikatnya Anda bisa menfasilitasi para penggemar furniture klasik yang ingin mengkoleksi produk-produk ini secara pribadi tetapi terbentur dengan masalah keterbatasan dana.

Ide ini juga bisa menfasilitasi berbagai usaha yang ingin mendandani ruang usahanya seperti restoran, kantor atau café dengan gaya klasik seperti ala art décor tahun 20an atau klasik renaissance ala Eropa tempo dulu. Ketimbang mendandaninya dengan produk furniture asli yang sulit di dapat dan tentu saja cenderung lebih mahal dan tak terjangkau, mereka cenderung memilih membeli produk duplikat sehingga bisa mereka sesuaikan dengan kebutuhan desain ruang.

Untuk menjalankan usaha semacam ini Anda perlu beberapa teknik dan cara khusus untuk bisa memasuki pasar dengan hasil yang optimal. Pasalnya dunia furniture terbilang cukup ketat persaingannya dan Anda di sini harus bersaing dengan dua pihak, mereka yang menjual produk antik asli dan mereka yang menjual produk furniture modern.

Lalu apakah kiat-kiat untuk bisa bertarung dalam persaingan ini? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Pastikan Anda memiliki referensi original yang layak
    Untuk membuat duplikat Anda memerlukan produk asli untuk Anda tiru. Untuk itu Anda harus memiliki cukup referensi untuk mendapatkan desain asli dari produk antik tersebut untuk Anda contoh pada duplikat buatan Anda. Bila perlu sediakan satu unit produk asli berbagai desain di tempat Anda sebagai model.
  2. Rekruit Tenaga produksi yang ahli
    Untuk membuat sebuah produk duplikasi yang sempurna Anda membutuhkan tenaga kerja yang memahami presisi dengan baik. Mereka bisa meniru dengan ketepatan yang detail dan itu bukan perkara mudah. Itu sebabnya pastikan Anda menggunakan tenaga kerja yang memang cukup mumpuni dalam dunia kerajinan furniture.
  3. Selalu gunakan bahan dengan kualitas yang mendekati produk asli
    Satu hal yang khas dari produk original klasik adalah kualitas bahannya yang seakan tak lekang waktu. Anda perlu menggunakan bahan baku produk yang setidaknya mendekati kualitas ini demi bisa mendapatkan nilai jual yang baik. Biasanya mereka menggunakan jati khusus dengan usia yang cukup tua dan lingkar pohon besar. Bila perlu riset dengan baik bahan pelitur klasik dan engsel-engsel supaya produk duplikat Anda bisa semakin mendekati aslinya.
  4. Penuhi kebutuhan custom konsumen
    Jangan menuntut idealisme untuk produk furniture antik buatan Anda, meski Anda termasuk penggila barang antik. Karena justru ketika para konsumen mencari jasa Anda, mereka membutuhkan produk antik yang custom dan bisa diadaptasi dengan sempurna dengan kebutuhan ruang mereka. Jadi cobalah untuk lebih luwes menyesuaikan produk buatan Anda dengan kebutuhan dan desain yang diharapkan konsumen.
  5. Rajinlah mengikuti pameran
    Untuk bisa memasarkan produk Anda, jalan yang cenderung efektif adalah melalui pameran kerajinan dan furniture. Karena konsumen dari furniture sifatnya khusus, mereka baru mencari ketika mereka butuh dan cenderung tidak mudah tergoda sekalipun Anda pasang iklan berkali-kali ketika mereka sedang membutuhkannya. Jadi memasarkannya via pameran akan memudahkan Anda mempertemukan desain Anda dengan konsumen yang benar-benar mencarinya.
  6. Promosi via kerjasama
    Cara promosi lain yang cukup layak Anda coba adalah dengan menjalin kerjasama sebagai penyedia furniture untuk beberapa kesempatan atau lokasi. Misalkan dengan bekerja sama dengan stasiun TV lokal untuk menyediakan furniture untuk acara talkshow mereka, menyediakan furniture untuk photospot sebuah acara wedding dan masih banyak ide lain. Biarkan masyarakat melihat dan mengenal produk Anda.

Berawal dari kegemaran akan produk antik, dan kenapa tidak Anda kembangkan menjadi ide peluang usaha home industri yang potensial dan menjanjikan hasil besar? Apakah ide ini cocok untuk Anda? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

produk home industri, mebel rumahan, peluang usaha industri, industri usaha mebel, ide usaha furniture, www homeindustri net, home industri mahasiswa, home industri furniture, home industri furnitur, carilah industri rumahan / industri kecil yang du tempat tinggal nya yang mencari du televisi di tulis perancang nya siapa?
Peluang Usaha Home Industri Pembuatan Duplikat Furniture Antik | Hari Murti | 4.5

Komentar :