Peluang Usaha Cuci Motor Bisnis Dengan Hasil Memuaskan, Ikuti Tips Berikut Ini

0
61
Peluang Usaha Cuci Motor Bisnis Dengan Hasil Memuaskan, IKuti Tips Berikut Ini
Peluang Usaha Cuci Motor Bisnis Dengan Hasil Memuaskan, IKuti Tips Berikut Ini

Peluang usaha cuci motor, ide wirausaha bisa muncul dari apa saja disekitar Anda. Bahkan dari sesuatu yang sebenarnya sederhana dan bisa dijalankan dengan mudah. Ketika semakin banyak orang yang begitu sibuk untuk mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya terbilang simpel, Anda bisa menjadikannya peluang usaha potensial.

Contoh saja peluang usaha cuci motor. Pekerjaan mencuci motor bukan pekerjaan rumit dan bisa digolongkan sebagai pekerjaan mudah. Namun bukan lantas menjadikan pekerjaan ini diminati orang. Banyak orang terlalu sibuk atau malah terlalu malas untuk berbasah-basah dengan pekerjaan ini. Dan di sinilah Anda bisa memgambil kesempatan.

Peluang usaha cuci motor sendiri sejauh ini bukan usaha yang memakan modal awal yang besar, bahkan ruang usaha yang Anda perlukan juga tidak terlalu memakan biaya, baik itu biaya sewa atau biaya perawatannya. Berbeda dengan bengkel yang memerlukan biaya ruang usaha yang relatif lebih besar.

Tapi soal hasil keuntungan potensial yang bisa Anda dapatkan, tetap saja menggiurkan. Malah bisa jad lebih potensial dibandingkan usaha bengkel itu sendiri, tentu saja bergantung pada lokasi ruang usaha usaha cuci motor yang Anda pilih.

Biasanya untuk satu kali jasa cuci sebuah usaha pencucian motor mengenakan biaya sekitar 5 ribuan, bila dalam satu hari Anda bisa mencuci setidaknya 30 motor maka artinya dalam satu hari hasil Anda mencapai 150 ribuan. Dengan angka prosentasi rata-rata keuntungan mencapai 30 % – 50 % maka profit Anda bisa mencapai 50 – 70 ribuan sehari.

Apakah mungkin satu hari mencapai 30 motor yang Anda cuci? Mungkin sekali, tergantung posisi usaha Anda nantinya. Berdasar survey di kawasan Yogyakarta sekitar kawasan kampus, malah para pelaku usaha cuci motor ini mengaku bisa melayani sekitar 40 -50 motor sehari, ketika musim hujam angka itu bsia menjadi lebih banyak lagi.

Sedangkan dikawasan lain daerah dekat perumahan, dalam satu hari bisa mencapai 30 -40 motor yang mereka garap. Anda tinggal berhitung berapa potensi yang sebenarnya tersimpan dari peluang usaha cuci motor ini. Padahal untuk mendirikan usaha ini Anda bisa jadi hanya membutuhkan modal dasar tak lebih dari 5 juta saja.

Tapi rupanya ada masalah dalam menjalankan peluang usaha cuci motor ini. Tingginya permintaan juga diiringi dengan tingginya persaingan. Anda harus berstrategi dengan tepat untuk menaklukan pasar. Dan berikut ini ada beberapa tips supaya usaha Anda bisa bertahan di tengah lautan persaingan dalam peluang usaha cuci motor.

  1. Pilih lokasi
    Lokasi tetap menempati posisi penting dalam jasa pencucian motor. Lokasi Anda harus dekat dengan konsumen karena mereka yang menjadi konsumen pencucian motor sebenarnya sangat mengedepankan unsur kepraktisan. Semakin dekat Anda dengan mereka semakin tertarik mereka menggunakan jasa Anda. Beberapa lokasi yang strategis adalah kawasan dekat kampus, dekat perumahan padat penduduk atau dekat kawasan kantor.
  2. Promosi tepat
    Jangan ragu untuk membuat promosi via banner di pinggir jalan untuk mengenalkan keberadaan usaha Anda ini ke masyarakat sekitar. Cara ini sangat efektif, karena sebenarnya di sini yang penting konsumen tau dulu keberadaan usaha Anda nantinya mereka akan menjajal dan menilai kepuasan yang mereka dapat dari pelayanan Anda. Promosi lain yang cukup efektif adalah dengan memberikan bonus layanan untuk pelanggan dengan aturan khusus seperti get 1 for 5 alias gratis cuci 1 kali untuk pencucian 5 kali dan sejenisnya.
  3. Layanan
    Perhatikan layanan Anda, mulai dari kualitas pengerjaan pencucian motor, kebersihan hasil pencucian, keramahan Anda dan karyawan Anda, hingga ruang tunggu luas yang mengedepankan kenyamanan dan kebersihan. Bila perlu sediakan café kecil untuk melayani para pelanggan selama mereka menunggu, bisa dengan menjual minuman dan makanan kecil. Jangan lupa juga untuk tambahkan tv dan musik untuk sekedar hiburan untuk konsumen Anda selama menunggu.

Artikel lainya: Potensi usaha sewa mobil

Rupanya menjadi wirausaha tak melulu harus dalam bidang yang rumit dengan hebat cukup dengan niat dan ketekunan, usaha sederhana saja sudah bisa menjadi mesin pengumpul pundi uang bukan?Salah satunya dengan menjalankan peluang usaha cuci motor ini. -Tim Siap Bisnis-

cuci motor, pencucian motor, bisnis cuci motor dan cafe, kisah cuci motor, sukses bisnis cuci motor, sukses usaha cuci motor
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY