Peluang Usaha Agrobisnis, Budidaya Jambu Jamaika Dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Peluang Usaha Agrobisnis, Budidaya Jambu Jamaika Dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Peluang Usaha Agrobisnis, Budidaya Jambu Jamaika Dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Indonesia adalah negara agraris, itu bisa dibilang semacam doktrin yang sudah demikian kental di kita terima di masa sekolah kita. Sayangnya meski demikian, tidak banyak orang yang melirik peluang usaha agrobisnis. Apalagi mereka yang sudah merasakan dunia perkotaan.

Padahal dari peluang usaha agrobisnis ini tidak sedikit yang bisa mencetak hasil mencengangkan. Salah satunya adalah usaha budidaya jambu jamaika. Nama jambu ini memang memberi kesan tanaman ini berasal dari daerah Melanesia. Padahal tanaman ini asli tanaman tropis yang tumbuh dengan sangat subur di tanah Indonesia.

Beberapa daerah mungkin lebih familier dengan nama jambu bol atau jambu dersono. Buahnya lebih besar dari kebanyakan buah jambu air pada umumnya. Bahkan bisa mencapai ukuran sekepalan tangan wanita dewasa. Memiliki kulit lebih tebal dengan warna merah tua dengan semburat hijau dengan rasa lebih renyah dan manis tetapi terasa lembab.

Sebenarnya buah ini sangat digemari, sayangnya belum banyak yang menekuni peluang usaha agrobisnis ini secara professional. Sebagian besar persediaan di pasar tak lebih hanya berasal dari pembudidaya lokalan yang memiliki 2 – 3 pohon saja.

Namun kini mulai banyak pelaku usaha agro yang melirik tanaman buah satu ini. Pasalnya buah ini selain banyak disukai harga perkilonya juga cenderung lebih mahal. Sekitar 50 ribuan perkilonya. Dengan harga demikian tinggi saja seorang pelaku usaha budidaya jambu jamaika di kota Bandung mengaku bisa menjual setidaknya 30 kwintal setiap bulannya untuk memenuhi perimintaan dari supermarket di kisaran Bandung.

Peluang usaha agrobisnis ini semakin menarik karena dari sisi modal, bibit tanaman jambu jamaikan sendiri terbilang terjangkau. Untuk satu bibit tanaman ukuran 1 meterAnda hanya perlu membayar senilai Rp 30 ribu – 40 ribuan saja.

Untuk bisa menjalankan bisnis satu ini, setidaknya Anda membutuhkan sekitar 30 tanaman. Setelah perawatan selama 4 tahun tanaman jambu Anda sudah bisa berbuah dan kabar baiknya tanaman ini akan berbuah sepanjang tahun. Berdasar tuturan Pak Bahari, seorang pelaku usaha budidaya tanaman jambu jamaika asal Bandung, dari 30 pohon bisa diperoleh minimal 25 kwintal buah jambu jamaika segar siap panen.

Biaya pemeliharaan tanaman ini juga terbilang ringan. Karena tanaman ini hanya membutuhkan perawatan optimal selama 2 tahun saja. Setelah masa 2 tahun, pohon akan tumbuh besar dengan baik cukup dengan pemupukan dan penyiraman rutin setiap hari di musim kemarau dan sesuaikan perairannya ketika musim penghujan. Tanaman ini secara umum membutuhkan air, tetapi ketika terlalu banyak suplai air maka buah akan terasa kurang manis dan hambar.

Setelah melewati masa 2 tahun tanaman ini cenderung bisa tumbuh sendiri. Karena tanaman jambu jamaika lebih bandel dari tanaman jambu air biasa yang rentan serangan ulat. Tanaman ini juga tidak rentan hama daun seperti pada tanaman jambu air lainnya.

Salah satu kiat yang diberikan oleh pak Bahari untuk menggiatkan tanaman jambu jamaika untuk berbuah banyak adalah dengan rajin memangkas ranting tanaman yang terlalu banyak daunnya. Cara ini akan memancing percabangan baru sekaligus memancing munculnya bunga dan buah lebih banyak.

Selain itu sebaiknya hindarkan buah dari seranga codot atau kelelawar buah dengan memasang sonar suara khusus penangkal kelelawar di tiap pohon. Cara lama dengan memasang plastik satu persatu akan tidak efektif Anda terapkan pada budidaya jambu jamaika mengingat tanaman ini memiliki buah yang berlimpah dan kadang mencapai puncak-puncaknya.

Bagaimana dengan hasil yang bisa Anda dapatkan dari peluang usaha agrobisnis ini? Pak Bahari mengaku bisa mengantongi omset tak kurang dari 130 jutaan tiap bulan. Dari angka ini setidaknya pak Bahari mengaku bisa mengeruk perkiraan untung lebih dari 50 %.

Artikel lainya: Peluang usaha ternak kelinci pedaging

Bagaimana peluang usaha agrobisnis satu ini? Menggiurkan bukan? Siapa bilang bisnis melulu harus seputar produk modern dengan kreativitas? Karena sebenarnya kembali pada kodrat alam dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia saja juga bisa menjadi jalan jitu mengumpulkan pundi uang dengan cepat dan sukses. Jadi, apakah Anda juga tertarik mencapai sukses dengan peluang usaha agrobisnis satu ini? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

harga jambu jamaika 2016, Budidaya jambu jamaika, jambu jamaika, harga jambu jamaika, bisnis jambu jamaika, budidaya jambu dersono, tanaman agrobis, prospek jambu jamaika, budidaya jamaika, usaha perkebunan jambu
Peluang Usaha Agrobisnis, Budidaya Jambu Jamaika Dengan Omset Ratusan Juta Rupiah | Hari Murti | 4.5

Komentar :