Peluang Bisnis Yang Menjanjikan, Bisnis Makanan Frozen

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan, Bisnis Makanan Frozen

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan, Bisnis Makanan Frozen

Di tengah pola masyarakat yang semakin sibuk dengan segala aktivitas, semakin banyak mereka yang menyukai segala sesuatu yang simpel dan praktis. Inilah peluang yang bisa Anda wujudkan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Salah satu dari produk simpel dan praktis tadi adalah bisnis makanan frozen. Makanan frozen yang mungkin dulu masih asing di masyarakat, kini justru menjadi favorit kalangan masyarakat menengah yang sibuk. Sajian ini menyerupai makanan instant yang siap sedia dan mudah penyajiannya, cukup goreng dan siap Anda makan. Itu pula sebabnya banyak keluarga menengah kini selalu menyimpan makanan frozen dalam kulkas mereka.

Bagi para ibu bekerja, makanan frozen macam nugget, sosis, kaki naga, otak-otak atau bakso menjadi solusi cepat bagi mereka dalam menyiapkan sajian sarapan hingga makan malam di keluarga. Makanan jenis ini pada umumnya berasa gurih, jadi banyak diminati anak-anak hingga dewasa.

Sayangnya, kebanyakan makanan frozen yang beredar di pasar banyak mengandung MSG, pewarna dan pengawet. Ini membuat makanan cepat saji ini juga mengandung resiko yang membahayakan kesehatan. Jadi sebenarnya  sama sekali bukan pilihan yang bijak bila Anda jadikan sebagai sajian dalam menu sehari-hari untuk keluarga.

Itulah sebabnya kini bermunculan ide untuk membuat produk makanan frozen yang tidak mengandung Monosodium Glutamat atau MSG (penyedap rasa), pewarna dan pengawet. Memang konsep semacam ini, Anda tidak bisa mengharapkan makanan frozen akan awet di suhu ruang dalam waktu lama. Itu pula sebabnya kemudian mendapat sebutan makanan frozen, karena memang harus Anda simpan dalam keadaan beku supaya tetap awet.

Tetapi tentunya dengan makanan frozen bebas semua bahan kimia ini, Anda tidak lagi harus khawatir dengan resiko kesehatan. Bahkan kini dalam perkembangannya, makanan frozen ini juga mendapat campuran aneka sayuran macam wortel,bayam, brokoli dan jamur. Dengan konsep sajian makanan sehat macam ini, maka nilai jual dari produk makanan frozen ini semakin baik.

Bicara soal bisnis yang menjanjikan artinya juga bicara soal prospek dan potensi dari usaha tersebut. Bisnis makanan frozen ini memang benar-benar layak Anda sebutkan sebagai bisnis yang menjanjikan. Karena potensi usahanya cukup besar dengan modal awal yang tidak memberatkan.

Untuk memulai bisnis makanan frozen ini dalam skala kecil, Anda hanya membutuhkan modal dalam kisaran 2 jutaan saja. Dengan perincian :

Keterangan

Biaya

Total

Mesin giling daging

Rp 600.000

 

Cetakan dan dandang besar

Rp 200.000

 

Freezer (second)

Rp 1.250.000

 

Blender

Rp 250.000

Rp 2.300.000

 

 

 

 

Modal bisa Anda tekan bila Anda sudah memiliki kulkas dengan bagian refrigator  yang setidaknya mampu menampung kapasitas 20 liter. Maka dengan kapasitas refrigator mencapai 20 liter Anda bisa menyimpan setidaknya 30 bungkus makanan frozen isi 250 gram.

Saya ambil asumsi saja sementara Anda mengawali bisnis makanan frozen, maka fokus utama Anda adalah produk nugget ayam sayuran. Saya memilih sajian  jenis ini, karena dari sekian banyak makanan frozen, nugget adalah yang paling populer di pasar, paling banyak penggemarnya dan tentu saja paling mudah untuk Anda buat di rumah.

Artikel terkait: Bisnis rumahan modal kecil

Merujuk dari kapasitas refrigator Anda yang terbatas, maka sebaiknya Anda juga membatasi produksi hanya sekitar 3 kg saja perhari. Ingat makanan frozen  buatan Anda bebas bahan pengawet jadi tidak disarankan untuk Anda simpan di luar refrigator. Dari 3 kg ini Anda sudah bisa membuat sekitar 30 bungkus nugget isi 250 gram.

Berapa biaya pokok untuk produksi 3 kg daging ayam tadi menjadi 30 bungkus nugget 250 gram? Berikut rinciannya.

Keterangan

Biaya

Jumlah

Daging ayam fillet dada 3 kg @ Rp 35.000 x 3 kg

Rp 105.000

Telur 3kg @  Rp 15.000 x 2.5 kg

Rp37.500

Sayuran  

Rp 10.000

Tepung dan bumbu  

Rp 40.000

Pembungkus @ Rp 250 x 30 bks

Rp 7.500

Tenaga kerja 2 orang @ Rp 25.000 x 2 orang

Rp 50.000

Listrik, gas DLL  

Rp 10.000

TOTAL  

Rp 260.000

 Dengan biaya perproduksi mencapai angka Rp 260.000, maka artinya harga pokok produksi per kemasan adalah Rp 8.600. Pada umumnya harga rata-rata nugget ayam sayuran per kemasan sekitar Rp 14 ribu. Untuk sistem keagenan Anda bisa memberikan harga agen Rp 12 ribu.

Seandainya saja semua produk Anda terjual melalui media agen, jadi Anda sepenuhnya menjual setiap kemasan dengan harga Rp 12 ribu, maka pendapatan Anda :

            Rp 12.000 x 30 bungkus = Rp 360.000

Artinya keuntungan bersih yang Anda dapatkan sebesar :

            Total Produksi perbulan       : Rp 260.000 x 30 = Rp 7.800.000

            Total Pendapatan perbulan : Rp 360.000 x 30  = Rp 10.800.000

            Maka keuntungan bersih     : Rp 10.800.000 – Rp 7.800.000 = Rp 3.000.000

Anda bisa lihat dengan membuka usaha makanan frozen skala rumahan yang bermodal tidak lebih dari Rp 2,5 juta. Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan mencapai 3 juta perbulan. Sebuah hasil yang fantastis kan? Ini baru untuk produk nugget ayam sayuran lho… Anda setuju kan kalau saya katakana usaha ini adalah bisnis yang menjanjikan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

kemasan nugget rumahan, USAHA BAKSO FROZEN, resep nugget untuk usaha rumahan, usaha sosis dan nugget, bisnis nugget, usaha nugget, usaha nugget rumahan, kemasan nugget homemade, usaha makanan frozen, peluang usaha jajanan frozen
Peluang Bisnis Yang Menjanjikan, Bisnis Makanan Frozen | Hari Murti | 4.5

Komentar :