Peluang Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan, Jasa Pembukuan Yang Masih Terbuka Lebar

Peluang Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan, Jasa Pembukuan Yang Masih Terbuka Lebar

Peluang Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan, Jasa Pembukuan Yang Masih Terbuka Lebar

Perusahaan kecil bertebaran di berbagai kota di Indonesia, dan kebanyakan dari mereka dikelola oleh mereka secara sederhana dan jauh dari kata professional. Sebagian karena keterbatasan kemampuan dan sebagian lagi karena keterbatasan waktu yang mereka miliki. Dan dari sini Anda bisa mendapatkan sebuah celah menarik untuk bisnis sampingan yang menjanjikan.

Misalkan saja jasa pembukuan, banyak perusahaan kecil tidak menjalankan urusan akuntansi dan pembukuan secara baik. Padahal pembukuan bagi sebuah perusahaan sifatnya mutlak karena dari pencatatan keuangan ini mereka bisa melakukan penelusuran, pengawasan hingga perencanaan dalam bisnis mereka.

Kebanyakan dari mereka tidak menjalankan pencatatan keuangan karena keterbatasan pemahaman mengenai pentingnya membuat pembukuan dan bagaimana seharusnya cara untuk membuat pembukuan yang benar.

Di sisi lain kebanyakan pelaku usaha kecil sudah terlalu sibuk dengan urusan produksi dan penjualan sampai mereka tidak lagi punya cukup waktu untuk duduk manis di belakang meja dan mencatat aktivitas keuangan mereka, penjualan dan pembelanjaan mereka, uang masuk dan uang keluar mereka. Lagi pula melakukan pekerjaan semacam ini bagi sebagian orang cukup menciptakan tekanan sekaligus membosankan. Dan biasanya membuat pelaku usaha kecil semakin menghindarinya.

Situasi inilah kesempatan emas bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi, terutama sarjana akuntansi. Kemampuan dan tenaga Anda dibutuhkan di sini untuk membuat sistem pencatatan yang efektif, hingga sampai pada pelaporan. Bahkan pada tingkat yang lebih tinggi Anda bisa membantu konsumen Anda untuk mengelola keuangan dari segala sisi secara lebih spesifik.

Kabar baiknya karena dengan menjalankan bisnis sampingan yang menjanjikan ini Anda tidak perlu mengikat diri pada sebuah usaha. Artinya hubungan Anda hanya ikatan kerjasama dan bukan ikatan karyawan, maka Anda bisa menjalankannya sebagai bentuk bisnis sampingan. Anda kerjakan di waktu luang Anda di luar jam kerja Anda dengan aktivitas utama Anda. Bahkan dalam skala tertentu, Anda juga memungkinkan menjalankan bisnis ini secara online.

Untuk memulai bisnis macam ini, Anda perlu membuat semacam proposal penawaran yang menyertakan latar belakang pendidikan serta konsep layanan Anda secara spesifik. Awali penawaran dengan menyadarkan calon konsumen Anda betapa pentingnya sebuah usaha memiliki sistem pencatatan dan pengawasan keuangan secara lebih terkoordinasi dan professional.Jabarkan manfaat pembukuan untuk usaha mereka.

Lalu pelayanan macam apa yang bisa Anda berikan untuk mereka? Berikut ini beberapa jasa pembukuan yang bisa Anda tawarkan ke pasar.

  1. Catatan aktivitas aliran kas
    Pada dasarnya aktivitas keuangan dasar dalam sebuah usaha terbagi dalam aliran kas, penjualan (kas dan kredit), pembelian produk / bahan baku (kas dan kredit), biaya produksi dan biaya pengelolaan lain. Salah satu lini yang sifatnya sangat penting dalam sebuah usaha adalah catatan lairan kas, yakni uang masuk dan uang keluar yang penting untuk mengetahui tingkat likuiditas usaha.
  2. Catatan aktivitas keuangan general
    Sesuai dengan penjelasan di atas mengenai 5 lini penting keuangan usaha, maka di sini ke lima aspek tadi harus dicatat dalam jurnal terpisah dengan tujuan pelaporan akhir secara utuh, yakni laporan aliran kas, laporan Laba Rugi dan laporan Neraca Keuangan.
  3. Catatan persediaan
    Ini satu aspek yang kadang kurang diperhatikan oleh pengelola usaha kecil, padahal menjadi satu titik penting dalam proses produksi dan kontrol kualitas. Di sini jasa pembukuan akan mencatat barang masuk dan keluar gudang, pengkategorian barang dalam gudang, termasuk nilai ekonomi dari setiap barang dalam gudang. Bahkan bila memang dibutuhkan, mungkin mengatur sistem keluar masuk gudang.
  4. Efisiensi HPP
    Selama ini banyak pelaku usaha menghitung biaya produksi secara general dengan konsep perhitungan yang kasar. Cara ini kadang membuat biaya tidak terungkap semua atau malah biaya yang seharusnya tidak masuk menjadi masuk dalam perhitungan. Ini membuat HPP tidak efisien dan tidak akurat. Anda bisa memberikan jasa Anda untuk membuat perhitungan HPP secara lebih akurat dan efisien.
  5. Perhitungan budget dan perencanaan
    Kadang pelaku usaha berniat mengembangkan bisnisnya, Anda bisa memberikan jasa untuk membantu menghitung rencana usaha ini dan budget yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut. Perhitungan Anda akan menempati posisi penting dalam proposal usaha.

Temukan perusahaan kelas kecil dan menengah yang sifat pengelolaannya amsih kekeluargaan, karena kebanyakan dari mereka belum memiliki sistem keuangan yang professional dan di sinilah Anda bis amasuk memberikan penawaran bisnis sampingan milik Anda ini.

Bagaimana dengan penghasilan dari bisnis ini? Jelas sangat potensial, tidak salah kami menyebutnya sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Karena dalam satu kali jasa untuk usaha skala kecil Anda bisa memasang tariff antara 2 juta sampai 10 jutaan. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara membesarkan usaha jasa akuntansi, jasa pembukuan, pekerjaan akuntansi sampingan, tip suskes usaha jasa pembukuan, usaha jasa pembukuan dipadang
Peluang Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan, Jasa Pembukuan Yang Masih Terbuka Lebar | Hari Murti | 4.5

Komentar :