Peluang Bisnis Dari Manfaat Biji Bunga Matahari

Peluang Bisnis Dari Manfaat Biji Bunga Matahari

Peluang Bisnis Dari Manfaat Biji Bunga Matahari

Siapa tidak kenal Kwaci? Makanan ringan yang kerap menjadi teman di kala iseng dan santai. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya kebanyakan kwaci berasal dari biji bunga matahari? Dan tahukah Anda bahwa manfaat biji bunga matahari ini sangat berlimpah dan konon diakui sebagai salah satu makanan camilan paling bermanfaat?

Makanan yang satu ini unik, bahkan dari kwaci ini kerap muncul idiom begitu mulai sulit berhenti karena ketika Anda memulai untuk menikmati kwaci yang terasa asin gurih ini, Anda sulit sekali untuk berhenti. Tetapi tenang saja, dibalik itu justru kwaci memiliki banyak manfaat dan nutrisi

Manfaat biji bunga matahari diantaranya adalah konsentrasi nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin E, C dan B Kompleks serta beberapa mineral khas seperti selenium, magnesium dan zink. Bahkan diakui adanya kandungan serotonin sejenis protein essensial yang penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan.

Selain itu dalam biji bunga matahari terdapat beberapa antioksidan yang sangat baik untuk detoksifikasi dan sebagai kardiovaskular. Jadi manfaat biji bunga matahari sangat tinggi untuk mereka dengan masalah kolesterol, jantung dan mereka dengan masalah aliran darah seperti stroke dan sebagainya.

Beberapa pakar kesehatan juga membuktikan sifat unik dari biji bunga matahari yang bekerja sama baiknya dengan oatmeal sebagai spons yang menyerap lemak dan kolesterol berlebih dalam tubuh dan mengangkatnya hingga ke pembuangan. Ini artinya justru ada manfaat biji bunga matahari untuk mereka para pelaku diet.

Itu sebabnya dipasar dunia permintaan biji bunga matahari segar sangat tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bukan lagi sekedar sebagai bahan kwaci dan camilan lain. Tetapi juga karena ada manfaat biji bunga matahari lain yang bisa Anda dapatkan yakni sebagai bahan baku pembuatan minyak alami biji bunga matahari.

Minyak alami ini merupakan bahan baku alternatif pembuatan minyak goreng dan margarin. Konon diyakini bahwa minyak goreng dan margarin dari minyak biji bunga matahari jauh lebih sehat dan aman bahkan untuk mereka dengan masalah kolesterol, jantung dan obesitas. Justru ada sifat unik dalam minyak alami ini yang sama baiknya dengan biji murni yakni mengangkat lemak berlebih dalam tubuh dan meluruhkannya dalam pembuangan, sehingga sangat efektif membantu proses diet.

Selain untuk produk makanan, rupanya minyak alami ini juga dicari oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia kosmetik dan obat-obatan. Kandungannya yang kaya vitamin E alami dan antioksidan sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit, sedang kandungan vitamin B kompleks sangat bai untuk menjaga metabolisme sehingga disarankan untuk diasup dalam masa penyembuhan.

Malah belakangan muncul temuan baru dari Jepang mengenai manfaat biji buga matahari sebagai bahan baku bio energi. Dari biji bunga matahari ini nantinya diolah sebagai bahan bakar ramah lingkungan dengan residu rendah. Beberapa negara sudah memulai memproduksi energi baru ini secara profesional untuk suplai dalam negerinya.

Begitu banyak manfaat dari biji bunga matahari rupanya belum banyak disadari oleh para pelaku usaha. Terbukti dari masih sedikitnya para pelaku usaha yang berkecimpung dalam bisnis manfaat biji bunga matahari ini. Suplai lokal untuk biji bunga matahari dan minyak dari biji bunga matahari masih sangat terbatas. Sehingga sebagian besar kebutuhan lokal masih dipenuhi dari impor.

Saat ini saja tercatat setiap tahunnya kita impor sebanyak 15 ribu ton untuk industri kwaci. Belum termasuk permintaan minyak murni biji bunga matahari. Konon beberapa pengusaha kosmetik lokal mengaku setiap tahun harus mengimpor minyak nabati hingga ratusan ribu liter. Yang lebih memprihatinkan rupanya para pelaku usaha kosmetik lokal ini sudah membuka kesempatan pada pemasok lokal namun hanya mampu maksimal menyediakan pasokan 10 % kebutuhan saja.

Untuk saat ini pasokan dunia masih sangat bergantung pada suplai dari Amerika dan Australis sebagai penghasil utama biji bunga matahari. Sementara pemain pasar aktif lain adalah India dan beberapa negara dari kawasan Amerika Latin. Sementara untuk kawasan Asia Tenggara belum ada pemain dominan sehingga sebenarnya Indonesia masih memiliki kesempatan sangat besar untuk menguasa pasar kawasan ini.

Untuk menjalankan bisnis manfaat biji bunga matahari yang Anda butuhkan adalah lahan dengan karakter tanah yang cukup subur, namun tidak terlalu lembab. Karena akar dari tanaman cenderung mudah membusuk dalam suplai air berlebih. Syarat lain adalah tanaman harus mendapatkan sinar matahari berlimpah sepanjang hari.

Proses perkembangbiakan dengan proses pembenihan biji dari tanaman indukan tua. Untuk proses semai Anda memerlukan tanah basah dengan kandungan kompos. Taburkan biji dan diamkan selama sekitar 3 -5 hari, selama kelembaban tanah cukup sesuai kecambah mudah sekali muncul dan inilah benih yang bisa Anda gunakan untuk penanaman.

Tanam benih dengan jarak tanam 1 meter pada lahan yang sebelumnya sudah Anda gemburkan dan dipadukan dengan pupuk kompos. Komposisi tanah dengan pupuk sekitar 1 : 1 di awal penanaman. Setelah itu pemupukan rutin bisa Anda lakukan setiap 1 bulan dengan komposisi tanah dengan pupuk 2:1. Beberapa pelaku usaha budidaya bunga matahari juga menggunakan pupuk ZA sebagai tambahan.

Biasanya bunga akan muncul setelah masa penanaman setidaknya 3 bulan. Anda bisa memanen biji bunga matahari setelah bunga mulai layu dan kemudian Anda keringkan. Cukup dengan memetik bunga yang mulai layu, merontokan bijinya dan mejemurnya di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya.

Anda bisa menjual biji kering ini begitu saja sebagai bahan kwaci atau mengolahnya kembali menjadi minyak murni dengan cara yang terbilang sederhana. Adapun cara untuk memproduksi minyak murni biji bunga matahari adalah sebagai beriku :

  1. Lakukan penjemuran biji hingga kulit sepenuhnya kering sehingga isi dalam biji mudah lepas dari cangkangnya. Produksi minyak dengan biji matahari berkulit dapat menyebabkan minyak yang dihasilkan lebih keruh. Anda bisa lakukan penumbukan hingga halus demi menghasilkan minyak yang sesuai harapan.
  2. Lakukan pengkukusan biji bunga matahari untuk memudahkan Anda menghasiilkan minyak dalam jumlah yang berlimpah, diluar cara ini emmang sangat baik untuk mencegah penyakit pada bunga matahari.
  3. Masukan biji cincang ini dalam perasan dan lakukan pemerasan yang menyebabkan biji akan menghasilkan banyak air. Air ini sudah becampur dengan minyak. Tnggal Anda tunggu minyak mengendap dan menjadi bahan minyak nanti lebih alami.

Artikel lainya: Tips usaha tanaman obat

Itu tadi beberapa informasi yang saya tahu soal usaha budidaya bunga matahari serta potensi ekonomi yang bisa Anda kembangkan dari tanaman yang terkenal dengan produk dari bijinya ini. Manfaat biji bunga matahari yang berlimpah merupakan titik awal usaha yang sangat memikat. Cukup pastikan Anda menemukan lahan, tenaga kerja dan tentu saja penampung untuk menerima setiap hasil panen Anda. Anda tertarik? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara membuat minyak bunga matahari, cara mengolah biji bunga matahari menjadi minyak, bisnis bunga matahari, cara membuat minyak biji bunga matahari, cara mengolah biji bunga matahari, prospek bunga matahari, cara membuat kuaci dari biji bunga matahari, olahan bunga matahari, cara membuat kuaci bunga matahari, Cara membuat minyak goreng dari bunga matahari
Peluang Bisnis Dari Manfaat Biji Bunga Matahari | Hari Murti | 4.5

Komentar :