Pelajari Fungsi Kartu Kredit Agar Anda Tidak Terjebak Kesalahan

Pelajari Fungsi Kartu Kredit Agar Anda Tidak Terjebak Kesalahan

Pelajari Fungsi Kartu Kredit Agar Anda Tidak Terjebak Kesalahan

Pada saat ini dimana pertumbuhan bisnis semakin meningkat banyak dari pelaku usaha UKM kesulitan untuk menambah permodalan mereka, di sisi lain beberapa perbankan mensyaratkan pinjaman uang untuk usaha harus mensyaratkan jaminan dengan jumlah tertentu, hal ini membuka peluang bagi para pelaku usaha UKM untuk mencari ide pendanaan untuk modal usaha dari gesek tunai kartu kredit meskipun dengan bunga angsuran yang besar, itulah salah satu fungsi kartu kredit dewasa ini.

Memang banyak keuntungan untuk memiliki sebuah kartu kredit meskipun ada konsekuensi di balik manfaatnya, beberapa manfaat dan fungsi kartu kredit adalah

  1. Mendapatkan diskon merchant oleh bank penerbit kartu kredit.
  2. Mendapatkan bunga sampai 0% untuk pembelian promo tertentu.
  3. Tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak.

Beberapa kewajiban pengguna kartu kredit adalah:

  1. Membayar angsuran dan bungakartu kredit sesuai dana yang di gunakan, dalam kebutuhan belanja bunga sebesar 3.25% – 3.5% per bulan dan bunga tarik tunai sebesar 4% per bulan.
  2. Sebisa mungkin melunasi angsuran kartu kredit sebelum jatuh tempo.
  3. Harus membayar biaya keterlambatan angsuran atau biaya pinalti.

Dengan mengetahui hak dan kewajiban pemegang kartu kredit, maka di harapkan para pengguna kartu kredit di harapkan akan bijak dalam menggunakan fungsi kartu kredit tersebut, sehingga akan terhindar dari masalah kesulitan membayar angsuran, meskipun masih banyak masyarakat yang mempersepsikan bahwa jika ada kebutuhan keuangan mendesak , maka kartu kredit sebagai solusinya, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah, maka kembali ke kebijaksanaan para pemegang kartu kredit tersebut.

Harus Memiliki dana

Pada intinya penggunaan fungsi kertu kredit sebagai pendanaan modal usaha adalah hal yang sangat beresiko, karena tidak memenuhi kaidah sebuah pinjaman permodalan yang seharusnya melalui proses tertentu, untuk itulah kenapa bank memberikan bunga yang cukup tinggi untuk penggunaan kartu kredit dan pihak perbankan terkadang kurang transparan dalam menerapkan perhitugan bunga kartu kredit.

Ada beberapa hal yang harus di ketahui agar tidak terjebak kesalahan dalam penggunaan kartu kredit, di antaranya adalah:

  1. Di saat anda menggunakan fasilitas kartu kredit, pastikan anda memiliki saldo yang cukup untuk melunasi angsuran yang anda gunakan untuk pembelanjaan, jangan lakukan pembelian konsumtif menggunakan kartu kredit jika anda tidak memiliki saldo yang cukup sesuai pembelian yang anda lakukan.
  1. Jika anda tidak ingin terkena tagihan bunga, maka bayarlah angsuran tersebut sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan.
  2. Jika anda tidak mampu untuk membayar angsuran anda, hentikan penggunaan kartu kredit tersebut sebelum hutang anda semakin menumpuk dan fokuslah untuk membayar angsuran tersebut secara bertahap, gunakan skala prioritas untuk menjaga keuangan anda tetap sehat.
  1. Dalam penggunakan fungsi kertu kredit yang baik, gunakan karti kredit untuk kebutuhan yang lebih produktif, misalnya untuk kebutuhan permodalan usaha yang sudah benar-benar mendesak dan memiliki tingkat pengembalian yang cepat dalam jual beli, sehingga anda akan lebih mudah untuk melunasi dan anda akan terhindar dari beban angsuran.
  1. Dalam penggunakan kartu kredit, gunakan hanya untuk kebutuhan transaksi yang mendesak bukan untuk mencari hutang, karena harga yang di beli dengan karti kredit sebenarnya 1.5 kali lipat jika di hitung dalam angsuran total dalam satu tahun.

Artikel lain: Inilah PPOB terbaik anda harus jadi mitranya

Kesimpulan dari uraian di atas adalah gunakan fungsi kartu kredit secara bijak, gunakan untuk hal-hal atau kebutuhan yang sangat mendesak dan gunakan untuk kebutuhan yang produktif, dan pastikan anda memiliki dana cadangan yang cukup. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. –Tim Siap Bisnis-

Pelajari Fungsi Kartu Kredit Agar Anda Tidak Terjebak Kesalahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :