Pantai Jogan, Pesona Karang Dan Air Terjun Tepian Pantai

0
36

Belakangan nama pantai Jogan memang mulai dikenal. Berterima kasih pada para petualang wisata yang selalu tak usai melabuhkan kakinya bertualang ke penjuru negeri demi menemukan destinasi wisata alternatif dengan segala pesonanya. Dan Pantai Jogan bisa dikatakan sebagai salah satu temuan terbaik.

Pantai Jogan,  Pesona Karang Dan Air Terjun tepian Pantai
Pantai Jogan, Pesona Karang Dan Air Terjun tepian Pantai

Beberapa tahun lampau tak banyak orang mengenal pantai Jogan, sampai kisah dan pesonanya tersaji melalui beragam ulasan di dunia maya. Tak salah memang, karena toh Pantai cantik ini memang menyuguhkan pesona berbeda dari kebanyakan pantai di dunia, dan menjadikannya istimewa dari jajaran pantai yang membentang sepanjang 71 km garis pantai Gunung Kidul.

Baca juga : Pantai Plengkung Banyuwangi

Sebuah air terjun dari sungai yang menyusuri sebuah perbukitan. Ketika sungai menapaki jalur aliran di sepanjang liukan kecil bauta karst dan berakhir pada sebuah bukit berbatu yang langsung mempertemukan sungai pada pantai kecil dalam bentuk air terjun cantik eksotis.

Inilah bagaimana pantai Jogan menyajikan pesonanya, ketika sebuah pantai berpasir putih dengan jajaran karang dan batuan gamping sepanjang mata memandang berpadu cantik dengan sebuah air terjun kecil dengan air derasnya yang tumpah dan langsung bersapaan dengan ombak yang bergulung mendekati pantai.

Air terjun di pantai Jogan sendiri sebenarnya tidak terlalu mengerikan. Bahkan dengan jarak ketinggian hanya sekitar 10 meter air akan terjun dengan cukup lembut di musim penghujan. Karena justru di musim kering, air di sini terlalu kecil debitnya sehingga hampir kehilangan daya pikatnya.

Anda bisa menikmati hempasan air terjun ini dengan berjalan sedikit menuju dasar air terjun dengan meniti jalan turun yang sudah disediakan. Sedikit licin, tetapi cukup menarik untuk Anda jajal, dengan meniti jalur bebatuan dengan bersandar pada kayu-kayu penyangga yang disediakan penduduk kemudian juga melompati satu buah karang besar yang menjadi rumah para kepiting. Perlu hati-hati di sini atau salah-salah kepiting akan menyapa Anda dengan capitannya.

Sedikit sulit dan menantang nyali, tetapi tidak akan merugi untuk kemudian menjajal sendiri rasa yang ditimbulkan oleh terpaan air terjun pada tubuh Anda. Serta bermain air dalam telaga kecil yang terbentuk dari hempasan air terjun.

Sangat menarik memang pantai Jogan ini, sanggup menyuguhkan Anda pesona berbeda dari kebanyakan pantai yang Anda kenal. Bertetangga dengan pantai Siung namun sayangnya selama ini cukup tenggelam di balik popularitas pantai Siung yang terkenal dengan jajaran karang raksasanya. Beruntung kini pantai Jogan mulai menggeliat dan menarik pengunjung.

Mungkin karena lokasi ini belum sepenuhnya dipromosikan apalagi fasilitas lengkap juga belum sepenuhnya bisa Anda jumpai di pantai ini, berbeda dengan deretan pantai tetangganya yang sudah memiliki berbagai fasilitas lengkap macam warung dan rumah makan serta jajaran toilet.

Padahal dengan berlokasi tak jauh dari pantai Siung sebenarnya menandakan lokasinya juga sangat mudah untuk Anda jangkau. Pantai ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi pantai dengan menyusuri jalan raya Wonosari – Tepus, masih jalur yang juga akan Anda lalui ketika Anda mengunjungi pantai Wedhi Ombo dan Indrayanti.

Artinya jalur yang akan Anda tempuh masih satu jalur dengan pantai-pantai kenamaan dari Gunung Kidul. Jelas tak sulit untuk menemukan pantai eksotis ini kan? Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam baik itu dengan kendaraan pribadi atau malah meniti kendaraan umum. Sudah tersedia jalur bis antara Wonosari menuju Tepus. Dari sana Anda hanya perlu naik ojek menuju lokasi.

Pantai Jogan berjarak sekitar 200 meter dari pantai Siung tepat di pertigaan setelah pintu gerbang Siung, Anda bisa jumpai papan arah pantai Jogan. Anda akan berjalan ke arah barat meniti jalan sempit tanpa aspal dengan menyisiri jalur dua buah sungai kecil di sisi kiri jalan yang nantinya menjadi sumber dari air terjun pantai Jogan.

Dan inilah satu lagi daya pikat dari pariwisata Gunung Kidul yang seakan tak akan ada habisnya. Pantai Jogan satu lagi bukti nyata pesona yang tersembunyi dari perbukitan karst nan tandus di tanah Gunung Kidul. Air terjun yang malu-malu berpadu dengan kecantikan pantai karang khas Gunung Kidul.

Sumber gambar: www.sobatjogja.com

peluang usaha di wisata air terjun
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY