Panorama Cantik Dari Pantai Pelang Trenggalek

0
203

Tak banyak yang mengenal salah satu pantai kebanggaan Trenggalek ini. Tetapi bila Anda sudah menjejakan kaki ke kawasan pantai Pelang Trenggalek, maka dijamin hanya ada ketakjuban dan kepuasan yang Anda rasakan.

Panorama Cantik Dari Pantai Pelang Trenggalek
Panorama Cantik Dari Pantai Pelang Trenggalek

Pantai ini memiliki keindahan yang tidak semudah itu Anda temukan di kawasan pantai lain, meskipun sesama pantai di selatan Jawa. Pantai ini berpasir merah kecoklatan, berbeda dari kebanyakan pantai selatan yang berpasir putih kasar. Butirannya sangat halus dan lembut sehingga kadang seolah lumer ketika Anda injak tepat ketika pasir bercampur dengan air laut.

Baca juga : Wisata pantai bandealit

Di lepas pantai Anda bisa menjumpai sebuah bukit karang besar yang menghalang di tengah laut dekat garis pantai. Tak cukup dekat sebenarnya karena mustahil Anda mendekat ke arah bukit ini, apalagi ombak laut di pantai ini tak bisa dikatakan tenang. Ada larangan besar-besar untuk Anda berenang di kawasan perairan yang perlu Anda camkan di lokasi ini.

Bukit karang ini rimbun tertutupi tanaman hijau yang tinggi. Sehingga membuatnya lebih seperti pulau hutan kecil di lepas pantai, bentukan tanaman hijau itu menciptakan siuet aneh yang terkesan magis. Tetapi justru kehadirannyalah yang membuat panorama di pantai ini terasa lebih harmonis. Panorama alam yang tak akan Anda jumpai di setiap pantai yang pernah Anda kunjungi.

Bila Anda ingin menemukan view berbeda dalam memandang keindahan panorama alam khas dari pantai Pelang trenggalek ini, Anda bisa mencoba mendaki beberapa bukit kecil yang mengitari pantai. Ada beberapa gardu pandang yang siap memuaskan mata Anda dengan pesona yang tak habis membuat Anda takjub.

Sudah puas dengan panorama alam dari landscape pantai Pelang? Jangan keburu beranjak pergi karena pesona pantai Pelang tak hanya berakhir di sini. Sekitar 300 meter menjauhi bibir pantai Anda bisa menjumpai pesona air terjun Pelang. Sebuah air terjun kecil setinggi 25 meter yang juga biasa dikenal dengan nama Grobogan Sewu.

Bentuknya yang seolah berasal dari beberapa lubang air dan memancar seolah mekar inilah yang mendatangkan nama Sewu dalam penamaan air terjun ini. Dasar air terjun berupa batuan putih dan sebuah telaga kecil . Air yang tidak jatuh begitu saja dari ketinggian, melainkan jatuh bertrap pada rangkaian batuan karang yang membulat membuat air terjun ini nyaman untuk bermain air.

Suasana perbukitan yang terasa sejuk mendadak muncul ketika Anda mendekat ke arah air terjun Grobogan Sewu ini. Mungkin karena air terjun ini berada tepat di kaki bukit. Jadi udara dingin dari bukit turun dengan mudah dan bisa jadi menyapa Anda. Mungkin itu pula yang menyebabkan Grobogan Sewu ini tampak lebih ramai dikerubungi pengunjung, atau malah karena adanya mitos mengenai khasiat penyembuhan dan kecantikan dari air Grobogan Sewu?

Entah mengenai kebenaran mitos tersebut, yang jelas air terjun ini memang menyuguhkan pesonanya sendiri. Usai menikmati daya pikat air terjun, bisa jadi Anda tertarik menantang sedikit adrenalin Anda untuk menjumpai satu goa di kawasan Pelang. Rupanya kawasan wisata pantai Pelang Trenggalek adalah sebuah kawasan wisata yang menyajikan beberapa spot wisata sekaligus dalam satu kawasan.

Goa Pelang sebenarnya memiliki banyak pesona, mulai dari stalaktit dan stalakmit dengan bentukan yang menawan, dengan batuan karst cantik yang membuat goa ini terasa eksotis. Belum ada jasa guide yang bisa memandu Anda masuk ke dalam goa dengan kedalaman sekitar 500 meter ini. Jadi kalau Anda tertarik ingin menjelajah ke dalam goa ini, penting untuk Anda menyiapkan sendiri perlengkapan penjelahan Anda.

Masih ingin menantang diri Anda? Coba naiki bukit yang berada tak jauh dari air terjun, ada sebuah pantai kecil di balik bukit yang menjorok keluar atau biasa disebut pantai jorok. Lokasinya sangat tersembunyi dan tak mudah dicapai, jadi tak heran kalau pantai ini terasa seperti pantai privat.

Tertarik menyambangi pantai yang berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul sekitar 56 Km arah barat daya Kota Trenggalek ini? Anda bisa menempuh perjalanan dari arah Trenggalek menuju pertigaan Karangan, kemudian pilih jalur kiri menuju Dongko. Sesampai Anda di daerah Panggul Anda mulai menyusuri jalur menanjak dan curam menaiki jalur perbukitan karang di selatan Trenggalek. Perjalanan 1,5 jam dan Anda bisa tiba di balik jajaran bukit untuk menjumpai pantai Pelang trenggalek -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.initempatwisata.com

panggul karang tengah, pantai pelang
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY