Panduan Tepat Cara Usaha Ternak Bebek Petelur

0
575

Satu usaha agro yang dijamin tak ada habisnya dan tak akan sulit untuk menghasilkan keuntungan adalah usaha ternak bebek petelur. Usaha satu ini seolah tak pernah kehabisan pasar, karena memang pada dasarnya permintaan relatif sangat tinggi. Dan yang tak kalah menarik cara ternak bebek petelur sendiri juga terbilang mudah, hingga cukup ringan dilakukan oleh Anda yang awam sekalipun.

Panduan Tepat Cara Ternak Bebek Petelur
Panduan Tepat Cara Ternak Bebek Petelur

Pada dasarnya tak banyak yang perlu Anda lakukan untuk membuat kawasan bebek rajin bereproduksi, karena bebek memang termasuk hewan yang cepat bereproduksi dan sangat aktiv secara seksual. Itu sebabnya justru sangat mudah menjalankan usaha ini.

Dari sisi penjualan dan potensi sendiri, Anda tak perlu kesulitan mencari pasar. Malah kebanyakan usaha serupa yang tak mencapai untung justru bukan mengalami kesulitan dalam hal mencari pasar, tetapi kesulitan mendapatkan cukup suplai untuk menutup target penjualan. Karena kadang justru karena kurang nyaman kemampuan produksi telur dari bebek peliharaan Anda menurun dan sudah tentu menurunkan keuntungan.

Apalagi kalau bebek peliharaan Anda malah mengalami masalah kesehatan sehingga keuntungan Anda terpaksa Anda alokasikan untuk biaya pengobatan. Masalah yang terkesan simpel ini bisa menguras modal Anda dan akhirnya menyebabkan usaha Anda terpaksa merugi.

Baca juga : Usaha Ternak Sapi Simmental Super Untuk Bisnis Sapi Potong

Jadi aspek cara ternak bebek petelur memang menempati posisi penting untuk usaha Anda diatas aspek lain dalam usaha. Semua hal terkait dengan cara ternak mulai dari aspek pemilihan bibit sampai masalah kandang, pakan dan panen memiliki nilai penting yang sama besarnya terhadap keberhasilan usaha. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa informasi terkait cara ternak bebek petelur.

  1. Masalah kandang
    Salah satu aspek penting yang perlu Anda siapkan di awal usaha. Anda bisa memilih lokasi kandang yang terletak di ujung lahan karena biasanya kandang bebek cenderung kotor. Tak harus menggunakan bahan mahal asal cukup kuat menahan aktivitas bebek di dalam. Memiliki kelembaban yang wajar dengan suhu antara 35o sampai 40o. Terdapat penerangan memadai dan sudah tentu tersedia perlengkapan pakan dan sanitasi yang layak supaya Anda bisa membersihkan kandang dengan mudah.
  2. Masalah bibit
    Ketika Anda tertarik untuk memulai usaha ternak bebek petelur, masalah yang penting Anda siapkan adalah masalah indukan. Anda bisa membeli beberapa telur atau DOD (anakan kecil) sebagai bibit indukan. Atau membeli beberapa ekor indukan siap bertelut, namun tentu saja cara terakhir ini akan memakan biaya lebih besar.

    Setidaknya Anda harus menyiapkan 1 ekor pejantan untuk 6 ekor betina dan memerlukan kisaran dari 3 -4 paket indukan untuk satu permulaan usaha awal. Dan setiap cara untuk memperolah indukan membutuhkan pengorbanan yang tidak mudah. Misalkan dengan menyiapkan ruang pembesaran untuk DOD dan ruang tetas untuk telur.
  3. Pemeliharaan indukan
    Masalah kandang yang lebih bersih dan bebas bakteri biasanya berperan untuk memaksimalkan produksi. Bila bebek tidak sehat, maka mereka tidak lagi rajin bertelur dan tentu saja memakan biaya pengobatan.

    Masalah pakan yang berkualitas juga memiliki peran besar terhadap produktivitas dan kualitas telur. Anda bisa memberikan pakan pabrikan dengan cara yang disesuaikan dengan kemampuan bebek dalam menerima asupan makanan. Biasanya pada usia produktif, Anda membutuhkan pakan dengan nutrisi khusus yang sesuai untuk jenis petelur. Anda bisa mendapatkan jenis pakan macam ini dari jenis pakan pabrikan.
  4. Panen telur
    Cara ternak bebek petelur berikutnya adalah ketika waktunya Anda untuk panen. Sebenarnya telur bebek setiap hari akan muncul, apalagi kalau kawasan bebek yang Anda miliki relatif banyak. Biasanya bebek bertelur di malam hari, jadi lakukan panen di pagi hari tepat ketika Anda melepas bebek keluar kandang

    Untuk lebih sehat sediakan area terbuka yang tetap dilingkari pagar supaya bebek tidak terlalu bebas berkeliaran tanpa pengawasan. Kadang karena terlalu bebas berkeliaran inilah malah bebek jadi mudah sakit.
    Jangan terlalu lama menyimpan telur kecuali Anda awetkan karena telur bebek cenderung mudah membusuk. Dan pastikan Anda menemukan pengepul yang sesuai sebelum Anda memulai panen Anda.

Itulah beberapa panduan untuk Anda soal cara ternak bebek petelur. Kondisi udara, kelembaban, pencahayaan, kebersihan dan pakan yang sesuai akan membantu bebek merasa nyaman. Dan ketika nyamanlah mereka akan menjadi cukup produktif untuk mensuplai target produksi Anda.

Sumber gambar : stockisthcs.com

modal awal usaha ternak bebek petelur, modal awal ternak bebek petelur, bebek petelur, ternak bebek petelur, modal usaha bebek petelur, usaha ternak bebek petelur, ternak bebek pehtelur 2017, cara budidaya ternak bebek tahun 2017, Cara beternak bebek petelur 2017, bisnis bebek petelur 2017
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY