Paket Wisata Keraton Yogyakarta, Bisnis Pariwisata Yang Masih Menjanjikan

Paket Wisata Keraton Yogyakarta, Bisnis Pariwisata Yang Masih Menjanjikan

Paket Wisata Keraton Yogyakarta, Bisnis Pariwisata Yang Masih Menjanjikan

Dunia pariwisata selalu potensial untuk digali untuk potensi usaha. Pasalnya dunia pariwisata terbilang sangat dinamis dan memiliki peluang besar untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Terutama bila Anda jalankan di kota wisata, seperti misalkan saja wisata keraton Yogyakarta.

Kota ini memiliki sederet tujuan wisata mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang sangat mempesona. Popularitasnya hanya sedikit berada di bawah Bali dan membuatnya sering menjadi destinasi alternatif bagi para turis baik lokal maupun manca.

Salah satunya adalah wisata keraton Yogyakarta, sebagai pusat pemerintahan kesultanan Ngayogyakarta di kota ini, lokasi yang sudah berdiri sejak 1755, beberapa bulan setelah kerajaan Ngayogyakarta resmi berdiri pada perjanjian Giyanti.

Wisata Keraton Yogyakarta selalu menjadi salah satu pilihan favorit baik bagi kalangan turis asing maupun lokal yang tertarik pada keindahan sentuhan jawa klasik pada bangunan keraton yang memang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat kental unsure jawa Yogyanya, sedang pada sisi lain terdapat kisah sejarah panjang yang mengiringi keraton cantik ini bahkan sejak bangunan ini belum berdiri.

Bila Anda tertarik untuk memasuki ranah bisnis pariwisata, tentu saja tidak afdol kalau tidak menyertakan wisata keraton Yogyakarta dalam tour wisata yang usaha Anda sediakan. Tentu saja dengan sederet alasan seperti peran besarnya dalam rangkaian kisah sejarah kota Yogyakarta dan Indonesia secara umum serta sebagai pusat dan hulu budaya dari kota ini sendiri.

Untuk Anda yang berencana memulai usaha pariwisata dan termasuk pula menyediakan tour wisata keraton Yogyakarta, berikut ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda.

1. Siapkan materi sejarahnya dengan lengkap
Ada kisah dibalik bagaimana keraton Yogyakarta ini berdiri, mulai dari sengketa di masa Amangkurat 1 di era Mataram Kuno hingga perpecahan Mataram menjadi dua kerajaan Surakarta dan Ngayogyakarta di perjanjian Giyanti, termasuk hingga kini kesultanan Ngayogyakarta sudah berjalan dibawah 10 kali kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono.

Masing-masing masa mengisahkan sejarahnya masing-masing dan akan sangat menarik bagi para wisatawan untuk mengetahui kisah tersebut meski tidak secara detil.Tetapi untuk mewaspadai turis yang mungkin saja bertanya secara detil, akan lebih baik Anda menyiapkan materi sejarah dengan lengkap.

2. Lakukan kerjasama
Disekitar kawasan keraton Yogyakarta ini tersedia berbagai hotel dari berbagai kelas. Anda bisa menjalin kerjasam dengan hotel-hotel ini untuk menyediakan tour professional bagi turis yang menginap di hotel mereka. Anda akan terbantu mendapatkan lebih banyak klien sedang di sisi lain mereka akan terbantu dengan menyediakan fasilitas tambahan untuk customer mereka. Jadi sama-sama diuntungkan bukan?

3. Sediakan tenaga guide aneka bahasa
Kota Yogyakarta sudah cukup dikenal di seluruh dunia sebagai destinasi wisata alternatif di Indonesia, jadi jangan heran kalau tingkat kunjungan wisata luar negerinya cukup tinggi dari berbagai negara. Jadi akan lebih baik kalau Anda juga sediakan guide dengan kemampuan bahasa asing non inggris seperti bahasa Korea, Jepang, China dan bahasa-bahasa dari Eropa. Anda bisa merekruit mereka secara lepas supaya Anda tidak terikat untuk menggaji mereka secara rutin sementara tenaga mereka belum tentu rutin Anda gunakan.

4. Sediakan kendaraan tour memadai
Biasanya wisata Keraton Yogyakarta bisa Anda gabungkan dengan tour budaya dan tour sejarah lain seperti wisata menuju museum budaya dan wisata di museum Ullen Sentalu di Kaliurang. Karena keterkaitan beberapa museum ini dengan Keraton Yogyakarta yang cukup kental. Anda bahkan bisa menyediakan sedikit waktu bagi peserta wisata menikmati panorama Kaliurang mempesona. Untuk itu Anda perlu menyediakan kendaraan tour wisata dengan kapasitas dan kenyamanan yang memadai. Terutama karena wisatawan akan membutuhkan kenyamanan dalam perjalanan panjang mereka. Anda bisa menjalin kerjasama dengan rental mobil atau minibus untuk memenuhi kebutuhan ini.

5. Bekerja sama dengan usaha catering atau resto
Untuk memuaskan peserta tour wisata ini, akan lebih sempurna kalau Anda menyediakan snack dan makan siang untuk peserta. Dan untuk memudahkan Anda, sebaiknya gunakan jasa catering untuk penyedia snack dan restoran yang cukup memadai baik dari sisi sajian maupun harga. Anda bisa menjalin hubungan rekanan untuk mendapatkan harga khusus.

Artikel lain: Bisnis sepeda gunung polygon

Itu tadi beberapa tips yang bisa membantu Anda membuka usaha wisata keraton Yogyakarta dengan mudah dan tanpa biaya besar. Siap mengarungi Keraton Yogyakarta bersama klien Anda? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

misalkan para pembisnis dan turis memiliki
Paket Wisata Keraton Yogyakarta, Bisnis Pariwisata Yang Masih Menjanjikan | Hari Murti | 4.5

Komentar :