Mungkinkah Mendulang Sukses Dengan Bisnis Waralaba Murah?

Mungkinkah Mendulang Sukses Dengan Bisnis Waralaba Murah?

Mungkinkah Mendulang Sukses Dengan Bisnis Waralaba Murah?

Salah satu pintu samping dalam menjalankan bisnis adalah mengambil bisnis waralaba. Pasalnya pada umumnya usaha waralaba sudah memiliki kelengkapan dalam produk, konsep dan sistem. Setidaknya Anda sudah memotong beberapa langkah di awal usaha.

Yang menarik dalam beberapa waktu ini, adalah munculnya trend usaha waralaba murah yang membutuhkan dana relatif kecil. Hanya pada kisaran di bawah 5 juta, bahkan saya juga menemukan angka di bawah 2 juta.

Yang kemudian muncul dalam benak banyak orang ketika menemukan usaha waralaba murah macam ini tentu masalah prospek dan realita proyeksi yang mereka sampaikan dalam penawaran. Apakah mungkin sebuah waralaba yang murah meriah macam ini bisa memberikan Anda hasil yang menggiurkan seperti dalam penawaran yang Anda dapat dari mereka.

Di dunia nyata sebenarnya sudah banyak bukti yang menunjukan bahwa usaha waralaba secara keseluruhan memiliki prospek yang sangat besar. Tidak sedikit orang yang mencapai sukses dengan bisnis waralaba yang mereka jalankan.

Tetapi tidak banyak dari daftar orang sukses tadi yang mengawali usahanya dari jenis waralaba murah harga 2 jutaan. Untuk itulah kali ini saya akan mencoba mengulas prospek usaha waralaba murah dan realitasnya di lapangan.

4 Kacamata Dalam Memandang Prospek Waralaba Murah

Untuk melihat sisi realistis dari usaha waralaba, Anda perlu menggunakan kacamata yang mampu melihat dari segala sisi. Untuk mengetahui sejauh mana angka modal awal tadi cukup realistis dengan konsep  waralaba. Juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dari usaha waralaba dengan harga murah ini menghadapi realitas dalam pasar.

Berikut 4 kacamata yang harus Anda gunakan dalam menilai prospek waralaba murah

  1. Kacamata fasilitas
    Anda perlu mengetahui serealistis apa fasilitas yang Anda dapatkan dengan membayar angka 2 juta. Perlu Anda lakukan survey untuk mengetahui berapa biaya dari seluruh peralatan dan perlengkapan yang Anda dapatkan dari pemilik waralaba. Sesuaikah dengan franchise fee? Seharusnya pihak pemilik waralaba tidak secara lugas menarik untung dari fasilitas modal awal, karena sifatnya sebagai starting point. Keuntungan justru berasal dari penjualan dan bukan dari fasilitas yang Anda peroleh.
    Selain itu, dengan cara ini Anda juga menjadi lebih jelas peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu Anda tambahkan. Sebenarnya semakin lengkap fasilitas dari pihak pemilik akan semakin baik, tetapi dengan hanya dana 2 juta memang tidak mudah mendesak pihak pemilik menyediakan fasilitas lengkap.
  2. Kacamata produk
    Yang menjadi poin utama adalah bobot dari produk. Anda bisa saja menjual minuman es teh yang pasaran, tetapi es teh adalah sajian sejuta umat  yang pastinya memiliki sangat banyak penggemar setia. Atau Anda menjual sajian unik macam cappucinno cincau yang terkesan aneh dan membuat penasaran.
    Semakin baik bobot dari produk Anda tentu saja semakin baik. Tetapi bobot di sini tidak selamanya mutlak. Karena sesuatu yang menarik dan unik di suatu wilayah bisa saja menjadi aneh atau malah terlalu biasa di kawasan lain. Jadi Anda harus memilih produk mana yang cocok dengan populasi pasar dan diri Anda sendiri tentunya.
    Di sini Anda juga perlu berhitung, apakah harga pokok yang dicantumkan untuk Anda sudah sesuai dengan perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan dalam satu kemasan produk waralaba. Potensi sukses akan menghinggapi mereka yang pandai memilih produk yang murah tetapi berkualitas sekaligus dibandrol dengan harga yang masuk akal.
  3. Kacamata pasar
    Produk Anda bisa saja unik, tetapi bila tidak diminati maka akan percuma saja. Anda tidak harus membuat produk mahal, waralaba es teh saja sudah bisa laku keras. Itulah yang harus Anda pahami, selera tiap wilayah berbeda, produk yang sama bisa saja diterima pada satu sisi dan tidak di kawasan lain.
    Tugas Anda adalah menemukan produk yang sesuai standard an kebutuhan untuk Anda jual Kesalahan dalam pemilihan lokasi bisa saja berarti kesalahan.
  4. Kacamata Sistem
    Pada umumnya, Anda tidak bisa mengharapkan sistem yang sudah detil dan profesional dari usaha waralaba murah dengan biaya 2 jutaan. Dengan modal minim, kebanyakan pemilik waralaba hanya akan membuat sistem usaha pada kulit luarnya saja tanpa konsep yang lengkap dan profesional.  
    Itu sebabnya Anda harus memahami sistem lebih baik, menemukan setiap kelemahan dan melakukan beragam persiapan untuk menyempurnakan sistem yang ada.
    Dengan usaha waralaba murah, Anda memang masih harus unjuk gigi dengan lebih banyak campur tangan dalam sistem, manajemen hingga manajemen dan pengelolaan.

Siapa bilang menjadi sukses hanya hadiah bagi mereka yang kaya. Anda dengan latar belakang pas-pasan juga bisa mencicipi sukses lewat. Asal Anda rela meluangkan lebih banyak waktu. untuk mengelola semua dengan bak, maka bukan mustahil Anda mereguk hasil yang cukup dari waralaba murah. –Tim Siap Bisnis

Tag:

waralaba murah dibawah 2 juta, waralaba sukses, bisnis franchise dibawah 5 juta, bisnis waralaba makanan murah, usaha franchise bikin sukses, usaha yang mendulang sukses
Mungkinkah Mendulang Sukses Dengan Bisnis Waralaba Murah? | Hari Murti | 4.5

Komentar :