Mungkinkah Ada Usaha Sampingan Tanpa Modal?

Mungkinkah Ada Usaha Sampingan Tanpa Modal?

Mungkinkah Ada Usaha Sampingan Tanpa Modal?

Kadang Anda yang sudah memiliki pekerjaan namun kurang puas dengan penghasilan yang  Anda peroleh, anda masih pusing mencoba cara-cara untuk memulai usaha sampingan. Sayangnya kebanyakan dari Anda berpikir untuk menemukan usaha sampingan tanpa modal. Sebenarnya tidak ada usaha apapun yang bisa Anda lakukan tanpa modal.

Yang ada hanyalah usaha sampingan dengan modal yang bisa Anda tunda penggunaanya dan usaha sampingan dengan modal super kecil. Jadi jangan pernah terkecoh dengan beragam informasi yang menyuarkan kata-kata “usaha sampingan tanpa modal” karena secara logika saja bagaimana sebuah usaha bisa berjalan bila Anda sama sekali tidak menyuntikan dana meski hanya beberapa ratus ribu Rupiah sekalipun.

Jadi kalau Anda ingin memulai usaha sampingan tetapi benar-benar terbentur modal yang pas-pasan atau malah sama sekali tidak punya modal, yang perlu Anda cari adalah bisnis dengan sistem permodalan yang terjangkau untuk Anda.

Bukan tanpa modal, tetapi modal super minim atau modal yang bisa Anda tunda. Usaha dengan sistem permodalan yang mendekati konsep tanpa modal. Apa sajakah itu?

  1. Blogging
    Untuk memulai usaha satu ini sebenarnya yang Anda perlukan hanyalah pengetahuan mengenai suatu bidang, kemampuan dan keberanian dalam menulis artikel serta sedikit modal sekedar untuk berlangganan internet dan membuat sebuah blog. Bahkan ada blog gratis dan ternyata beberapa blogger gratis tetap bisa mengeruk hasil darinya. Ketekunan Anda untuk terus mengisi konten blog Anda dengan sungguh-sungguh secara rutin tiap harinya dengan terus menambah wawasan soal bidang atau dalam bahasa blogging disebut niche yang Anda usung dalam blog pasti akan membuahkan hasil dalam beberapa bulan.
  2. Reseller
    Menjadi reseller juga bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal yang bisa Anda tunda, atau malah tanpa modal. Caranya dengan memilih reseller model dropship atau sistem katalog. Anda tidak harus berbelanja dan melakukan penyetokan, cukup menerima pesanan dan menyampaikan pada supplier Anda. Biasanya nanti supplier Andalah yang akan mengantarkan produk yang Anda jual tadi ke konsumen. Ada pula usaha serupa namun Anda memiliki peran lebih mulai dari mengambil barang sampai menyampaikannya pada konsumen.Apapun jenis usaha reseller Anda, cara ini sangat menarik untuk Anda yang tidak bermodal.
  3. Home stay
    Bila kediaman Anda berada di dekat sekolah dengan sistem pertukaran pelajar , kawasan kampus atau kawasan pabrik dan perkantoran atau justru di tengah kawasan pariwisata yang populer, ide membuka homestay di rumah Anda bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi bila kamar di rumah Anda ada yang nganggur. Anda bisa menyewakannya, dan bila Anda merasa sanggup bisa pula menyertakan biaya sewa dengan fasilitas makan dan cuci.
  4. Guide Agency
    Lagi-lagi usaha yang layak Anda jajal bila Anda bertempat tinggal di kawasan wisata seperti Yogya atau Bali. Anda yang asli dari daerah Anda sudah pasti mengetahui lokasi-lokasi wisata terbaik di kota Anda. Lengkapi dengan pengetahuan seputar sejarah dan kisah dari kawsan wisata tersebut Anda sudah bisa menyulap diri Anda menjadi seorang guide. Anda juga bisa mengajak beberapa rekan Anda yang tertarik dan menawarkannya melalui situs atau forum pariwisata di Internet. Usaha macam ini cukup murah meriah dengan modal pas-pasan saja cukup mampu membangunkannya. Tapi soal hasil tentu saja menggiurkan, seorang turis biasa membayar hingga 500 ribu perguide untuk satu kali trip.
  5. Penjual sarapan
    Kalau Anda seorang karyawan dan sedang mencari ide segar dalam usaha, ide ini bisa menjadi ide segar yang menarik. Anda bisa menawarkan rekan-rekan sekantor Anda menu sarapan untuk esok hari, terima pesanan yang masuk,bangun lebih awal untuk membuat sajian sarapan sesuai pesanan, kemas sarapan siap saji Anda dan bawa kekantor. Sederhana kan? Dari usaha dengan  modal tidak lebih dari 300 ribu ini bisa  mendapatkan hasil tidak kurang dari 150 ribu.
  6. Jasa pelatih
    Anda seorang yang mahir menari atau justru sangat jago dengan basket atau memiliki ban hitam pencak silat? Manfaatkan kemampuan lebih Anda ini untuk menghasilkan uang. Misalkan Ada cukup mahir dengan basket, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada beberapa sekolah atau komunitas. Dan bukan mustahil akan datang permintaan pelatih yang kadang bisa memenuhi jadwal Anda. Di luar sana ada sangat banyak orang yang membutuhkan pelatih, jadi tugas Anda adalah membuat mereka lebih dekat dari Anda dan Anda lebih leluasa menembak mereka.

Itu tadi 6 ide usaha sampingan yang layak Anda coba meski modal Anda pas-pasan atau. tidak memiliki uang. Sangat cocok untuk Anda yang mencari usaha sampingan tanpa modal atau usaha yang memiliki permodalan mendekati tanpa modal. Semoga layak menjadi referensi berbaik untuk Anda.-Tim Siap Bisnis

Mungkinkah Ada Usaha Sampingan Tanpa Modal? | Hari Murti | 4.5

Komentar :