Modal Dan Biaya Bisnis Kue Rumahan Dengan Usaha Kue Cubit

0
2092

Bisnis kue rumahan – Belakangan ini nama kue cubit salah satu kue tradisional yang dulu sempat dikenal sebagai jajanan anak sekolahan tiba-tiba kembali naik daun. Beberapa tahun menghilang dan sulit sekali di cari, membuat banyak penggemar penganan kecil yang kemudian memilih membuka usaha kuliner kue cubit.

Dan untuk Anda yang tertarik membuka sebuah bisnis kue rumahan , ide penganan kue cubit ini juga bisa Anda jajal. Penganan ini mudah untuk Anda buat, bahan bakunya tidak sulit untuk Anda dapatkan dan yang jelas biaya produksinya murah meriah. Biarpun bisa Anda mulai dengan modal kecil, tak lantas hanya akan memberi peluang untung kecil. Banyak pelaku usaha kue cubit yang mencatatkan keuntungan jutaan sampai puluhan juta.

Bisnis Kue Rumahan Dengan Usaha Kue Cubit

Penganan ini sebenarnya dulu sangat populer, banyak dijajakan oleh penjual kaki lima dan pedagang kue keliling. Sama populernya dengan kue pukis yang sampai hari ini masih banyak kita jumpai. Harga jualnya juga sangat murah hanya 200 rupiah perbuahnya saking murah meriahnya. Namun seiring dengan perkembangan kuliner modern, kue cubit seolah tenggelam. Kesederhanaannya membuat banyak orang mencari penganan modern yang dianggap lebih baik.

Ini membuat banyak orang rindu dengan penganan masa kecil mereka. Itu pula yang menjadi ide banyaknya pelaku usaha kue cubit di era modern memulai usaha kue cubit. Karena memang mereka tidak berkonsep bisnis kue rumahan , mereka sengaja menembak pasar kalangan menengah dengan konsep modifikasi kue cubit aneka rasa seperti rasa green tea, red velvet, moka dan lain sebagainya.

Dilengkapi aneka topping yang mewah seperti taburan oreo, keju dan lain sebagainya lengkap sudah hidangan kue rakyat ini menjelma menjadi kue modern yang siap dibandrol dengan harga tinggi, sampai sekitar 3000 atau bahkan 7000 perbuahnya.

Kami akan membahas mengenai kisah sukses pelaku usaha kue cubit ini di lain waktu, karena kini kita akan mencoba mengadopsi ide usaha kue cubit ini dalam format bisnis kue rumahan . Dengan konsep rumahan, artinya pasar Anda jelas berbeda dengan bisnis kue modern sebagaimana kami jelaskan di atas. Anda tetap harus memperhatikan daya beli masyarakat sekitar rumah Anda untuk membuat kue cubit yang Anda buat terjangkau.

Pasar Anda adalah tetangga sekitar Anda, anak-anak kecil yang bermain di sore hari di taman perumahan, ibu-ibu yang menghabiskan sore mereka sembari bersenda gurau. Jadi jelas mustahil kan kalau Anda masih bersikukuh memasang harga sampai 7000 perbuahnya?

Untuk itu, lupakan konsep modifikasi kue cubit dengan aneka rasa dan toping. Buat kue cubit original yang sederhana, mudah Anda buat yang berhias toping meses, sookade dan keju biasa. Jual dengan harga kisaran 1000 rupiah saja perbuahnya untuk dapat menjual dengan jumlah banyak.

Lalu bagaimana dengan permodalan awalnya? Berikut adalah gambaran singkat untuk modal awal bisbis kue rumahan kue cubit.

Modal awal usaha kue cubit

Kompor 1 tungku                             250.000
Cetakan anti lengket                      250.000
Wadah                                                  100.000
Mikser                                                  400.000
Etalase                                                  150.000

TOTAL                                                   1.150.000

Untuk satu kali produksi kami estimasikan Anda membutuhkan modal kerja sekitar 65 ribu untuk membeli bahan baku seperti telur, tepung, gula pasir,margarine baking powder, bahan topping dan kertas wadah.

Dari nilai modal kerja 65 ribu ini Anda bisa menghasilkan setidaknya sekitar 90 buah kue. Tentu saja standar rasa memang tak harus menyamai produk dengan harga 7000an, tetapi untuk produk seharga 1000 rupiah setidaknya pastikan penganan kecil ini cukup memuaskan selera. Selain itu pilih cetakan kue cubit berukuran kecil sekitar 3 cm supaya harga sesuai dengan porsi.

Baca juga : Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Produksi Tempura Udang

Jika satu buah kue cubit Anda jual dengan harga 1000, maka satu hari pendapatan Anda bisa mencapai 90 ribu atau sama dengan keuntungan sekitar 25 ribu perharinya, 750 ribuan perbulan. Yang artinya Anda akan balik modal dalam tempo kisaran 2 bulan.

Menariknya bisnis kue rumahan ini juga bisa lebih Anda tekan modalnya bila Anda sudah memiliki beberapa peralatannya seperti mikser dan kompor. Karena biasanya beberapa ibu rumah tangga sudah menyimpan beberapa peralatan kue semacam ini di rumah mereka sebagai peranti rumah tangga. Jadi apakah usaha kue cubit ini menarik untuk Anda jajal di rumah Anda?

Sumber gambar : lulabyspoon.blogspot.com

usaha kue cubit, harga kue cubit, bisnis kue cubit, kue cubit, cara memulai usaha kue cubit, harga jual kue cubit, peluang usaha kue cubit, modal usaha kue cubit, jualan kue cubit, analisa usaha kue cubit
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY