Merangkai Pundi Uang Dengan Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Florist

0
417

Merangkai Pundi Uang Dengan Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Florist
Merangkai Pundi Uang Dengan Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Florist

Bukan sekali dua kali saya mendengar keluhan para ibu rumah tangga soal harga kebutuhan yang seolah tidak ada komprominya, terus melonjak meninggalkan nilai penghasilan suami yang segitu-gitunya. Nah…buat para ibu yang kebingungan dengan harga-harga, kenapa tidak mencoba usaha rumahan modal kecil yang bisa membantu mengentaskan masalah ekonomi dengan modal kecil-kecilan.

Salah satu ide usaha rumahan modal kecil yang biasanya cocok untuk para ibu adalah usaha florist. Pasalnya modal utama Anda dalam usaha model ini adalah kebisaan Anda dalam merangkai bunga. Jangan salah meski hanya bermodal kebisaan, justru kebisaan ini nilainya mahal lho…

Padahal belajarnya tidak mahal, yang mahal adalah naluri Anda dalam memadukan bentuk dan warna. Anda bisa belajar otodidak melalui beragam media tutorial yang tersedia di internet atau kalau ada dana lebih boleh juga menjajal ikutan kursus merangkai bunga. Untuk yang satu ini biayanya juga tidak berlebihan kok, hanya kisaran 300 ribu sampai 500 ribuan saja perkursus.

Nah…kalau sudah jago merangkai, tinggal Anda coba buat beberapa sampel rangkaian, Anda foto dengan apik dan tawarkan deh melalui media online. Bisa lewat media sosial seperti facebook atau instagram yang populer sebagai media promosi via gambar atau dengan membuat blog.

Blog juga ada yang gratisan kok, asal Anda rajin mengupload info dan produk di blog Anda dan rajin membangun jaringan dengan blog Anda Anda siap menjual karangan bunga pertama Anda dan produk-produk berikutnya.

Buka layanan lokal saja dulu, karena ada faktor resiko kerusakan yang cukup tinggi kalau Anda berniat membuka pelayanan luar kota. Anda harus mempersiapkan amunisi yang lebih baik supaya Anda bisa memastikan produk karangan bunga Anda tetap segar dan aman di tujuan.

Hal serupa pernah dijalankan oleh seorang wanita muda bernama Dara Astari dengan usaha florist nya di kota Jogja. Beliau pernah menjalani pekerjaan sebagai seorang sekretaris yang membuatnya banyak tau dengan dunia karangan bunga. Malah di masa kerjanya dulu sempat mencicipi kursus karangan bunga.

Di tempatnya bekerja sang bos memintanya cukup pandai merangkai bunga untuk sekedar hiasan kantor atau untuk membuat bingkisan. Dari sinilah, beliau akhirnya menjadi mahir dalam membuat rangkaian bunga.

 Setelah 5 tahun bekerja, Irma memutuskan resign dengan alasan ingin lebih dekat dengan  keluarga. Namun ternyata Irma merasakan kebosanan yang sangat kala menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya dan tidak lagi produktif.

Iseng-iseng Dara mencoba membuat beberapa karangan bunga dan mengupload fotonya melalui media facebook dan instagram. Ternyata banyak yang bereaksi dengan foto-foto karangan bunga buatan Dara. Dalam 2 hari salah seorang rekan lamanya semasa kuliah memesan beberapa rangkaian bunga untuk kantornya. Dari pesanan pertamanya ini masuklah pesanan-pesanan baru yang terus mengalir.

Kini setelah berjalan 3 tahun dengan usaha Dara Asri Florist miliknya, beliau sudah membuka sendiri sebuah outlet florist di depan rumahnya yang berada di dekat jalan raya kawasan Gejayan Jogja. Dara sengaja membuka di depan rumah supaya tetap bisa lebih dekat dengan keluarga sekalipun Dara memiliki usaha. Dara juga merekruit beberapa tenaga florist untuk membantunya menjalankan usaha.

Kini beliau melayani bukan hanya buket bunga dan rangkaian bunga biasa, tetapi segala macam rangkaian bunga, mulai dari rangkaian ucapan, rangkaian bunga dekorasi ruangan kantor, rangkaian bunga dekorasi acara resmi dan pernikahan hingga rangkaian bunga  buket valentine dan ucapan orang sakit. Harga produknya berkisar antara 80 ribu hingga 15 jutaan, bergantung permintaan konsumen.

Dengan permintaan yang terus mengalir satu hal yang kerap menjadi kendala bagi Dara adalah stok bunga. Pasalnya di kawasan penyangga kota Jogja tidak banyak ditemukan budidaya bunga yang besar, jadi seringkali bunga yang tersedia terbatas. Saat ini Dara memfokuskan suplai bunganya dari kawasan Kopeng dan Wonosobo.

Saat ini dari usahanya Dara sudah bisa menghasilkan sekitar omset 70 jutaan. Angka ini termasuk keuntungan yang mencapai 30 %. Padahal untuk mengawali usaha ini, Dara hanya bermodalkan sekitar 5 jutaan untuk sampel dan produksi awal. Ide yang luar biasa menarik untuk usaha rumahan modal kecil kan? Anda berminat untuk mencoba usaha ini? -Tim Siap Bisnis-

bisnis buket bunga, Bisnis karangan bunga, usaha karangan bunga, kursus merangkai bunga, bisnis merangkai bunga, cara bisnis buket, bisnis bunga bouqet bunga, cara bisnis bunga hidup dengan modal minim, cara membuat rangkaian bisnis, bisnis bucket bunga
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY