Menyusur Jalur Alternatif Nan Eksotis Menuju Pantai Jogan Wonosari

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah mengulas mengenai pantai Jogan Wonosari yang terkenal oleh kehadiran air terjun manten yang unik. Tak banyak Anda bisa jumpai pantai dengan sajian air terjun di salah satu sisinya. Tetapi itulah pantai Jogan dan pesona yang terkuak di dalamnya.

Menyusur Jalur Alternatif Nan Eksotis Menuju Pantai Jogan Wonosari

Menyusur Jalur Alternatif Nan Eksotis Menuju Pantai Jogan Wonosari

Untuk mencapai pantai Jogan Wonosari ini, Anda perlu menempuh perjalanan berkendara dari arah Jogja menuju Wonosari kemudian Tepus. Dari Tepus ini Anda menyusuri jalur Tepus sampai menemukan pintu gerbang pantai Siung. Sekitar 400 meter, Anda akan jumpai papan petunjuk pada sebuah pertigaan kecil, papan bertuliskan pantai Jogan.

Baca juga : Panorama Cantik Dari Pantai Pelang Trenggalek

Anda ikuti petunjuk ini dengan menyusuri jalan sempit berbatu dengan berbatasan langsung dua buah anak sungai kecil yang berasal dari dua mata air, mata air Mendolo dan mata air Mundel. Keduanya yang akan menjadi sumber air dari air terjun di pantai Logan.

Jalur dasar ini belakangan sudah cukup populer seiring nama besar pantai Jogan mulai menanjak. Banyak orang datang berkunjung ke pantai Jogan dan meramaikan kawasan in setiap saatnya, terutama di akhir pekan.

Namun sebenarnya terdapat satu jalur alternatif untuk Anda bisa menyambangi pantai Jogan. Jalur ini menarik karena tak hanya pantai Jogan saja yang bisa Anda sambangi mengingat jalur ini memiliki keistimewaan, karena di sini Anda akan diajak menyusuri tepian pantai dari kawasan pantai Tepus. Menyapa deretan pantai yang berjajar antara pantai Siung menuju pantai Jogan.

Ini dia keistimewaan jalan alernatif ini, ketika waktu surut Anda bisa menempuh jalur dengan menyusuri garis tepian pantai dari pantai suing di sisi timur ke arah pantai Jogan di sisi barat. Perjalanan ini berjarak sekitar 2 km dan akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Tetapi waktu itersebut tak bisa dibuat pakem. Karena meski hanya berjarak kecil, Anda akan bertemu pengalaman berbeda dan panorama yang berbeda dan dijamin sudah tentu Anda akan menyempatkan diri terpukau di sana. Dan kadang Anda bisa membutuhkan waktu lebih untuk menikmati itu.

Perjalanan dimulai dari pantai Siung. Sebuah pantai cantik berpasir putih dengan pesona batuan karang besar yang menghalang ombak. Pantai menjadi lebih tenang karena bukit-bukit karang besar yang menghias pantai dan tebing-tebing yang mengapitnya. Hingga salah satu karang berbentuk menyeruai suing atau taring menjadi dasar penamaannya.

Dari arah Siung Anda berjalan menuju barat, mendekat ke arah salah satu tebing karang di sisi barat untuk menemukan celah di antara tebing karang yang bisa Anda lalui ketika air tengah surut. Jelas cara ini akan cukup berbahaya untuk Anda jajal ketika air tengah pasang. Lokasi celah yang demikian dekat dengan laut bisa menjadi masalah dan mendatangkan maut.

Begitu kita berhasil menyeberang melalui tebing karang, Anda akan disambut oleh satu sisi pantai yang eksotis. Berpasir putih dengan ombak yang sedikit lebih berani dari pantai suing. Tetapi jauh lebih aman dari pantai lain di Gunung Kidul. Berpagarkan tebing curam di seluruh sisinya, pantai ini memiliki panorama unik di lepas pantainya.

Pantai Nglambor, sebuah pantai kecil dan sempit dengan bentukan seperti teluk . Dari arah darat, tidak ada jalur resmi menuju pulau, hanya jalur kecil yang bisa Anda temukan pada sisi selatan jalan ketika Anda melakukan perjalanan menuju pantai Jogan.

Tak ada penjaga parkir, tak ada fasilitas dan sarana karena memang pantai ini cenderung terlalu kecil sebagai destinasi wisata. Tetapi pantai ini istimewa. Karena di kejauhan tampak dua bukit karang bak pulau dengan bentuk menyerupai kura-kura raksasa. Demikian besar hingga mendominasi panorama dari pulau ini.

Lanjutkan perjalanan Anda dengan terus berjalan ke arah barat. Kali ini karang yang perlu Anda hadapi lebih menantang. Perlu seidkit upaya untuk sedikit mendaki dan meraih celah karang untuk kemudian menyebrang ke pantai di sisi lain, pantai Jogan Wonosari.

Pantai Jogan Wonosari, pantai yang akan memanjakan Anda dengan panorama indah pantai berpasir putih dengan jajaran karang yang pemanis panorama. Tetapi sebagaimana pantai lain di Gunung Kidul yang selalu mengangkat keistimewaan masing-masing, maka pantai Jogan Wonosari memiliki air terjun manten cantik yang memberi atmosfer berbeda pada pantai Jogan Wonosari.

Atmosfer yang hanya bisa Anda temukan di pantai jogan wonosari yang eksotis ini. Dan atmosfer dari paduan cantik 3 pantai dalam perjalanan Anda. Perjalanan alternatif unik yang memberi Anda lebih dari sekedar kunjungan wisata biasa, tetapi kesempatan emas menyesapi anugrah kecantikan dari alam Indonesia.

Sumber gambar : www.tourwisatajogja.com

Menyusur Jalur Alternatif Nan Eksotis Menuju Pantai Jogan Wonosari | Hari Murti | 4.5

Komentar :