Menilik Pesona Unik Dari Wisata Pulau Komodo

0
189

Nama wisata pulau Komodo dalam tahun-tahun belakangan ini mencuat hebat di dunia baik secara nasional maupun internasional. Nama besarnya muncul semenjak namanya disebut salah satu pemenang dari 7 keajaiban natural dunia.

Tak dapat dipungkiri, keberadaan komodo di kawasan wisata ini memang yang menjadikan taman nasional yang terdiri dari 3 pulau besar dan beberapa pulau kecil ini populer di dunia. Bagaimana tidak hewan berbentuk kadal raksasa ini dipercaya hanya tinggal 2000an ekor saja di seluruh dunia dan 90% diantaranya tinggal di area taman nasional Komodo ini. Komodo sendiri diyakini pula sebagai salah satu hewan sisa masa prasejarah dunia.

Tapi rupanya bila Anda menyempatkan diri bertandang ke lokasi wisata yang berada di propinsi Nusa Tenggara Timur ini, Anda rupanya tak hanya akan dimanjakan oleh wisata liar dengan melihat langsung bagaimana kehidupan natural dari komodo dalam habitatnya. Tetapi juga disuguhi ragam biota unik khas Nusa Tenggara serta ragam panorama alam unik yang beberapa bahkan termasuk yang terbaik dan terlangka di dunia juga

Lokasi wisata pulau Komodo sebenarnya merupakan sebuah kawasan taman nasional seluas 2.321 Km2 yang terdiri dari 3 pulau utama, pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau Padar juga beberapa pulau kecil lain di sekitarnya.

Selain adanya habitat besar Komodo, di area ini juga tinggal babi rusa khas Nusa Tenggara, banteng, babi hutan, berbagai reptile seperti biawak, skink dan ular serta beruk juga sejenis tikus langka, tikus khas rinca.

Keaneka ragaman hayati ini masih diperkaya lagi dengan kehidupan bawah lautnya yang konon termasuk yang terkaya di dunia. Di area lautan taman nasional Komodo ini terdapat 385 spesies karang, rumput laut, ribuan spesies ikan termasuk 10 jenis ikan lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, pari tutul dan masih banyak biota laut unik lain. Lengkap dengan hutan mangrove yang termasuk terluas di kawasan pantai Indonesia.

Kekayaan dan keindahan kontur bawah laut di kawasan wisata pulau Komodo ini bahkan menjadikannya sebagai salah satu destinasi selam favorit di dunia dan termasuk dalam 10 titik selam terbaik di dunia. Keindahan nuansa maritim dari kawasan wisata pulau Komodo ini juga disempurnakan dengan betangan pasir putih di seluruh kawasan garis pantai seluruh pulau di kawasan taman nasional.

Bahkan di salah satu pantai, terdapat pasir merah muda atau pasir pink yang berasal dari sejenis plankton laut yang hidup diantara pasir. Warna merah mudah halusnya berpendar halus bercahayakan sinar matahari dan menjadikan pantai ini terkesan lebih menawan dan kebanyakan pantai yang pernah Anda sambangi.

Dan konon pantai dengan pasir unik macam ini hanya terdapat 7 di dunia dan beruntungnya Indonesia memilikinya satu di kawasan wisata pulau Komodo. Pantai pink ini berada di sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang untuk menuju ke lokasi akan memberi Anda suguhan perjalanan yang tak kalah menggoda. Diiringi tarian lumba-lumba sepanjang jalan Anda bisa saja disapa oleh paus atau bahkan penyu hijau raksasa di tengah perjalanan.

Air beningnya akan membantu Anda melihat langsung taman laut tepat dibawah Anda. Atau sempatkan saja untuk sekedar berhenti sejenak dalam perjalanan di kawasan karang menuju pantai pink dan bersnorkeling sesaat. Anda akan semakin dibuat kagum oleh area taman laut dari taman nasional Komodo ini.

Menilik Pesona Unik Dari  Wisata Pulau Komodo
Menilik Pesona Unik Dari Wisata Pulau Komodo

Untuk bisa menuju kelokasi, Anda memang harus sedikit berusaha. Hingga kini pemerintah lokal sengaja membatasi akses menuju lokasi demi keamanan dan kenyamanan kehidupan biota dalam area taman nasional ini. Anda perlu menuju kawasan Labuhan Bajo, pelabuhan air yang menjadi akses utama menuju lokasi taman nasional Komodo. Labuhan Bajo sendiri bisa Anda akses dari Bali dengan pesawat lokal selama 1,5 jam atau dari Kupang sekitar 1 jam perjalanan udara.

Labuan Bajo adalah pintu gerbang utama menuju kawasan wisata pulau Komodo. Disana Anda bisa menjumpai fasilitas hotel dengan fasilitas memadai dan modern. Juga fasilitas perjalanan wisata yang akan mengakomodasi perjalanan Anda menuju taman nasional Komodo. Anda bisa pula memilih untuk menginap di perahu yang sengaja disewakan sebagai tempat tinggal atau beberapa pondokan di area pulau-pulau bila ingin merasakan sendiri interaksi dengan alam lebih mendalam.

Baca juga : Wisata pantai sentolo garut

Ada begitu banyak keunikan yang bisa Anda resapi dalam perjalanan wisata pulau Komodo ini. Karena ada begitu banyak kekayaan yang sangat menawan dan mempesona dalam setiap jengkal kawasan ini yang tak akan jengah Anda nikmati. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.universaltripadvisor.wordpress.com

pemasaran dan promosi usaha wisata pulau komodo
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY