Mengenal Lebih Baik Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Kering

Manfaat dan khasiat daun salam kering selama ini dikenal kebanyakan orang sebagai bumbu masak. Tak sedikit masakan lokal yang mengisyaratkan penggunaan bumbu daun salam sebagai penyedap aroma masakan. Aroma khasnya yang ringan ternyata justru membuat masakan terasa lebih nikmat dan menggugah selera.

Mengenal Lebih Baik Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Kering

Mengenal Lebih Baik Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Kering

Tahukah Anda kalau jenis daun salam lokal ini tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak? Ada sederet manfaat dan khasiat daun salam kering yang bisa Anda dapatkan untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh. Dan ternyata daun salam sendiri sudah dikenal sebagai bahan baku pengobatan herbal sejak beratus tahun lampau untuk mengatasi beragam penyakit.

Dalam sejarah pengobatan tradisional, manfaat dan khasiat daun salam kering diyakini memiliki kemampuan ampuh mengatasi keluhan pegal linu, kelelahan, masalah sakit kepala dan membantu meredakan ketegangan syaraf. Bahkan ampuh mengatasi keluhan sakit pinggang dan linu sendi.

Perkembangan selanjutnya dalam era modern, banyak penelitian yang menelaah kandungan dari daun salam segar maupun kering demi mengetahui dengan pasti apa saja rahasia dibalik khasiatnya yang banyak dikenal itu.

Ternyata dalam daun salam baik itu kering maupun segar terdapat kandungan vitamin, mineral dan senyawa berkhasiat yang memberi efek penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan. Bahkan dalam 100 gram daun salam segar terdapat 47 mg vitamin C yang setara dengan 77 % kebutuhan vitamin C tubuh sehari-hari.

Tak hanya itu, dalam daun salam segar juga terdapat vitamin A dalam jumlah besar yang mencukupi kebutuhan tubuh harian sebesar 60%. Namun setelah daun salam dikeringkan memang jumlah vitamin ini turut berkurang setidaknya tersisa 70%nya saja.

Tetapi di sisi lain, kandungan nutrisi mineral dan senyawa dalam daun salam justru beberapa semakin menguat ketika daun salam Anda keringkan. Beberapa kandungan senyawa berkhasiat macam asam caffeic, flavonoid, fitonutrien, salisilat, rutin, Katekin, Euganol, Quercetin merupakan andalan terbaik dari daun salam kering. Selain daun salam sendiri mengandung kalium, fosfor, mangaan, selenium, kaslium dan magnesium.

Katekin, Euganol dan Quercetin dikenal sebagai senyawa anti oksidan unik yang tak hanya membantu melakukan detoksifikasi aktif terhadap toksin dalam tubuh, tetapi juga membantu tubuh melakukan regenerasi sel secara normal. Dengan kata lain ketiga senyawa tadi mencegah pembentukan mutasi sel abnormal yang memicu pembentukan sel kanker. Meski demikian ketiganya tidak berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil karena sifatnya yang tidak dominan.

Keberadaan flavonoid dan fitonutrient membuat daun salam menjadi salah satu rahasia sederhana mengatasi keluhan diabetes dan kolesterol. Selain itu ada beberapa senyawa lain seperti rutin dan asam caffeic yang juga membantu meningkatkan kelancaran aliran darah. Selain itu efek salisilat dan rutin juga membantu meredakan masalah peradangan dan nyeri terutama di area sendi dan otot.

Secara keseluruhan air rebusan 5 lembar daun salam dalam 3 gelas air yang Anda masak hingga tersisa 2 gelas akan memberi efek diuretik sekaligus membantu mencairkan darah. Efek diuretik akan bekerja meluruhkan lemak, kelebihan gula, toksin termasuk purin dalam darah melalui urin. Hasilnya ginjal menjadi lebih bersih, kolesterol luruh sehingga aliran darah lebih lancar dan tentu saja masalah asam urat juga bisa teratasi.

Ketika aliran darah menjadi lancar, maka otomatis Anda bisa mengatasi keluhan tekanan darah tinggi dan mencegah resiko serangan sakit jantung. Kemampuan kerja air rebusan daun salam juga efektif untuk mengatasi keluhan asam urat dan masalah area ginjal dan saluran kencing.

Namun Anda perlu berhati-hati menggunakan air rebusan daun salam ini karena kemampuannya cukup efektif sehingga kadang justru membuat tekanan Anda drop dan menimbulkan masalah baru bagi mereka yang terbiasa dengan tekanan darah yang tinggi. Ada baiknya lakukan pengecekan sekitar 1 jam setelah Anda mengkonsumsi air rebusan untuk memantau perkembangan kondisi tubuh Anda.

Hal lain yang perlu Anda waspadai ketika mengkonsumsi air rebusan daun salam adalah masalah konstipasi. Biasanya segala jenis pengobatan yang bersifat diuretik perlu Anda imbangi dengan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh Anda. Atau pada akhirnya kinerja tubuh otomatis akan menyerap air dalam saluran pencernaan untuk mencairkan darah dan meningkatkan produksi urin. Dan pada akhirnya Anda mengalami konstipasi atau sulit BAB.

Baca juga : Manfaat daun sirih merah

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat daun salam kering untuk penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan. Jadikan daun salam sebagai herbal penting yang bisa Anda andalkan sebagai solusi cepat kesehatan Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.iwak-pithik.blogspot.com

Tag:

manfaat daun salam kering, daun salam kering atau segar, bagus daun salam kering atau segar, daun salam dikeringkan, daun salam kering, daun salam segar dan kering, mana yang lebih bermanfaat daun salam kering atau segar
Mengenal Lebih Baik Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Kering | Hari Murti | 4.5

Komentar :