Mengenal Konsep Dan Pengertian Iklan Advertorial Secara Mendalam

Mengenal Konsep Dan Pengertian Iklan Advertorial Secara Mendalam

Mengenal Konsep Dan Pengertian Iklan Advertorial Secara Mendalam

Iklan dalam bentuk advertorial belakangan ini semakin banyak digunakan oleh para pelaku usaha professional untuk memikat pasar dengan cara yang konon diyakini akan lebih halus. Malah kini bermunculan banyak penyedia jasa penulisan iklan advertorial untuk memenuhi kebutuhan ini di kalangan pelaku usaha. Pertanyaannya, apa itu pengertian iklan advertorial?

Sebelum kami mencoba mengulas mengenai apa itu pengertian iklan advertorial, kami melakukan pencarian ke berbagai sumber terpercaya yang bisa menjadi acuan dalam penjelasan ini. Dan kami menemukan rupanya konsep advertorial sudah ada sejak puluhan tahun lampau. Banyak penulisan lama yang sebenarnya adalah konsep advertorial, bahkan istilah ini sudah dikenal dunia pers sejak puluhan tahun lalu.

Iklan advertorial adalah bentuk kreatif dari sistem pemasaran yang mengiklankan suatu produk, perusahaan atau jasa dengan cara yang lebih halus. Iklan selama ini dikenal dalam bentuk display pada majalah, koran atau tayangan pada TV, radio dan video yang memuat secara utuh konsep penawaran dan mengandung kata bujukan secara gamblang.

Maka dalam pengertian iklan advertorial, Anda akan menemukan cara yang berbeda dalam beriklan. Iklan dimasukan dalam tulisan editorial atau berita dan artikel pada majalah, koran, jurnal sampai pada web dan situs resmi.

Muatan dari tulisan artikel atau berita ini sarat akan informasi mengenai suatu aktivitas perusahaan atau ulasan mengenai kelebihan suuatu produk. Kadang disertai fakta-fakta empiris dan informasi yang memang bermanfaat.

Dengan cara pengiklanan macam ini, pembaca tulisan atau artikel secara halus akan menerima informasi iklan terselubung ini sebagai informasi biasa layaknya membaca artikel. Pesan iklan akan tersampaikan dengan cara yang halus dan kadang tidak disadari pembaca. Di sisi lain, pembaca akan mendapat informasi lebih mengenai perusahaan atau produk yang tidak akan bisa Anda sampaikan hanya dengan sepotong iklan dalam space kotak kecil di sudut website.

Biasanya dalam membuat iklan advertorial, ada dua fokus promosi yang bisa Anda kembangkan, yakni :

  1. Promosi aktivitas dari perusahaan ,
    Seperti aktivitas pengabdian masyarakat atau malah acara gathering yang digelar. Ini untuk memamerkan intensitas perusahaan dalam menjalankan fungsi pengabdian masyarakat atau justru memamerkan sebanyak apa klien atau nasabah dari perusahaan tersebut.
  2. Promosi produk
    Seperti informasi mengenai khasiat tertentu dari kandungan produk, masalah yang belakangan muncul di masyarakat dan teratasi berkat produk dan masih banyak lagi. Secara langsung artikel menggiring pembaca menganggap produk tersebut memang berkualitas, berkhasiat dan menjadi solusi masalah.

Lalu bagaimana sebenarnya konsep dari pengertian iklan advertorial tersebut? Berikut beberapa panduan dalam mengkonsep sebuah iklan advertorial.

  1. Format artikel relatif ringan
    Biasanya berita atau artikel advertorial sengaja ditulis untuk menjadi informasi selingan dalam sebuah muatan blog, majalah atau surat kabar. Itu sebabnya formatnya harus ringan, tidak berkepanjangan dengan muatan bahasan yang tidak terlalu padat. Karena ketika tulisan menjadi terlalu padat dan berat, maka pesan utama dari advertorial tidak akan tersampaikan dan akhirnya pembaca hanya akan dibuat pusing oleh materi tulisan.
  2. Sampaikan dalam bahasa editorial
    Buat tulisan dalam format layaknya sebuah berita atau artikel Anda buat. Justru Anda perlu menyampaikan informasi secara tulus untuk membuat pembaca mendapatkan informasi mengenai khasiat, manfaat atau malah informasi mengenai sebaik apa perusahaan bersangkutan dalam menjalankan aktivitas sosialnya. Buat pembaca tidak sepenuhnya merasa artikel ini sebenarnya hany sekedar iklan.
  3. Hindari bahasa pemasaran langsung
    Bahasa pemasaran langsung yang penuh bujukan frontal seperti “segera dapatkan”, “beli sekarang juga” dan sejenisnya bukan bahasa layak dalam advertorial. Yang perlu Anda lakukan adalah curi perhatian pembaca dengan judul yang membuat mereka berpikir artikel ini akan sarat informasi dan giring opini pembaca secara eksplisit untuk menyukai produk atau perusahaan bersangkutan dengan penutupan yang sedikit menggugah.

Kini Anda sudah mendapatkan bayangan bukan? Seperti apa sebenarnya pengertian iklan advertorial dan bagaimana konsep dari iklan advertorial. Dan mungkin kini Anda juga siap membuat iklan advertorial untuk perusahaan Anda sendiri dan meyakinkan pasar dengan cara yang lebih halus. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.khjradio.com

Tag:

Iklan advertorial, contoh iklan advertorial, pengertian iklan advertorial, iklan advetorial, contoh iklan advertorial di koran, perbedaan iklan dan advertorial, iklan advertorial adalah, contoh iklan advertorial produk, iklan adver, arti iklan advertorial
Mengenal Konsep Dan Pengertian Iklan Advertorial Secara Mendalam | Hari Murti | 4.5

Komentar :