Mengais Hasil Dari Peluang Usaha Bakso Seafood Premium Dengan Omset Puluhan Juta

Mengais Hasil Dari Peluang Usaha Bakso Seafood Premium Dengan Omset Puluhan Juta

Mengais Hasil Dari Peluang Usaha Bakso Seafood Premium Dengan Omset Puluhan Juta

Selama ini yang namanya bakso identik dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Kalaupun ada varian lain dari bahan baku bakso pada umumnya adalah ayam dan jenis ikan laut biasa. Rupanya ide peluang usaha bakso juga bisa Anda tuangkan dalam bentuk hidangan skala premium.

Ide peluang usaha bakso premium ini berawal dari ide seorang ibu muda asal Semarang, Vera Andini yang sering dibuat pusing dan harus memutar otak demi membuat si buah hati mau memakan ikan. Disadarinya betapa pentingnya asupan ikan dan beraga hidangan laut lain bagi pertumbuhan dan kesehatan si buah hati.

Padahal Ibu Vera sudah menyediakan beragam jenis ikan kelas premium macam ikan salmon. Cumi sotong dan udang-udangan. Pada awalnya sajian ini sekedar beliau goreng tepung atau panggang dengan mentega. Hanya saja kerap kali si buah hati terlihat kurang berselera atau mungkin bosan dengan beragam sajian ikan yang itu-itu saja.

Dari kondisi inilah ibu Vera mulai mencoba melakukan beragam uji coba untuk bisa membuat hidangan alternatif menggunakan bahan baku seafood premium yang dia sediakan di mesin pendinginnya. Kadang sampai ibu Vera mencoba menjajal beragam resep yang tersaji di tutorial youtube.

Akhirnya dari ujicoba ini, ibu Vera menemukan satu jenis hidangan yang disukai si buah hati. Yaknik bakso seafood. Istimewanya tentu saja bakso seafood buatannya terbuat dari bahan seafood premium macam ikan salmon, ikan kerapu, sotong, kepiting dan udang pacet besar.

Mendapat hidangan dengan bahan bakso seafood premium ini rupanya membuat selera makan si kecil meningkat. Apalagi karena bakso ini si kecil juga jadi doyan makanan sayur. Karena dengan inovasinya, Ibu vera juga menambahkan brokoli, bit dan wortel ke dalam bakso untuk memberi efek warna pada bakso dan membuat bakso buatannya semakin menarik dan tentu saja kaya serat dan vitamin.

Pada satu waktu Ibu Vera sengaja membuat bekal buat si kecil dengan bakso seafood warna buatannya. Rupanya hidangan itu menarik minat teman-teman sekolah si buah hati dan sejak itulah berdatangan pesanan meski masih dalam skala kecil kepada ibu Vera.

Meski tidak diawali dengan promosi serius, berkat kualitas produk dan rasa yang enak, bakso buatan ibu Vera ini dengan cepat mendapat tempat di mata konsumen yang kala itu masih dari kalangan sekitar rumah tinggalnya saja.

Melihat peluang usaha bakso yang tidak sengaja dirintisnya ini, maka dengan segala pertimbangan Ibu Vera memulai usaha bakso seafood premiumnya ini dengan serius. Bahkan untuk mendukung usahanya, Ibu Vera sengaja mempersiapkan peralatan dapur dengan kapasitas besar dan mesin pendingin untuk menjaga daya tahan bakso buatannya.

Untuk promosi, Ibu Vera memulainya dengan membuat brosur dan meletakannya di beberapa titik promosi seperti sekolah, paud, pusat kesehatan, fitness center dan beberapa tempat umum lain. Ibu Vera juga sempat menjadi peserta pameran makanan sehat dan organic di kota Semarang.

Meski di awal progress usahanya terbilang cepat, tetapi pada saat Ibu Vera berencanan menjalankan bisnisnya dengan serius justru banyak kendala yang harus dihadapi oleh beliau. Mulai dari suplai bahan baku, masalah pengiriman sampai masalah keraguan pasar akan produknya.

Apalagi karena memang terbuat dari bahan baku seafood premium, mau tidak mau Ibu Vera membandrol harga baksonya relatif tinggi. Untuk bakso seafood plain kemasan kecil ukuran 250 gram, Ibu Vera membandrol dengan harga 18 ribu. Untuk produk bakso dengan kemasan besar ukuran 500 gram dibandrol dengan harga 35 ribu. Sedang untuk bakso seafood warna kemasan kecil dibandrol dengan harga 22 ribu dan bakso seafood warna ukuran 500 gram dibandrol dengan harga 40 ribu.

Namun dengan ketekunan dalam terus berpromosi terutama dengan melakukan langkah promosi strategis pada pasar yang tepat serta selalu fokus pada kualitas maka setelah 3 tahun kini usaha yang diberi brand Sea-V ini berhasil menjual setidaknya 300 kg bakso seafood tiap bulan dengan omset mencapai 26 jutaan.

Bagaimana menurut Anda ide kreatif dari ibu Vera ini? Rupanya dengan kreativitas, ide peluang usaha bakso sekalipun bisa menjadi usaha dengan prospek besar bukan?-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bakso sontong, baso sea food, cara membuat pentol bakso ikan, rupa usaha bakso
Mengais Hasil Dari Peluang Usaha Bakso Seafood Premium Dengan Omset Puluhan Juta | Hari Murti | 4.5

Komentar :