Mendorong Motivasi Konsumen Dengan Privilege Card, Segera Baca Informasi Penting Ini

Mendorong Motivasi Konsumen Dengan Privilege Card, Segera Baca Informasi Penting Ini

Mendorong Motivasi Konsumen Dengan Privilege Card, Segera Baca Informasi Penting Ini

Konsumen adalah raja, rasanya memang bukan hal baru dalam dunia bisnis motivasi konsumen. Idiom yang menyarankan pelaku bisnis melayani konsumen dengan setinggi-tingginya layaknya mereka adalah raja memang masih saja diakui hingga hari ini meski tak sepenuhnya relevan dengan trend bisnis masa kini.

Karena meski dibenarkan untuk selalu dengan sepenuh hati melayani setiap konsumen. Anda perlu memahami bagaimana motivasi konsumen sebelum kemudian beranjak dari sekedar melayani sepenuh hati menjadi melayani dengan keistimewaaan layaknya melayani raja. Harus ada aspek-aspek, nilai-nilai dan perhitungan yang cukup bijak untuk membuat seorang konsumen perlu Anda perlakukan istimewa.

Itu sebabnya sebagian pelaku usaha melakukan penyaringan khusus terhadap konsumennya demi menemukan konsumen setia denga beberapa kategori penyaringan dan memberikan mereka hak khusus untuk memancing motivasi konsumen lebih jauh. Dan biasanya mereka yang tersaring akan masuk dalam kelompok istimewa yang biasa pula disebut privilege club dengan ditandai hak mereka menggenggam privilege card.

Dengan memiliki kartu ini, mereka akan disematkan beberapa hak istimewa seperti potongan harga, merchandise khusus, informasi langganan, sampai penawaran khusus dan kesempatan terlibat dalam event khusus perusahaan. Hak-hak ini hanya bisa mereka dapatkan dengan menunjukan kartu atau no dan ID member.

Keistimewaan ini tidak lantas mereka dapatkan Cuma-cuma. Sebagaimana kami sampaikan di atas, konsumen perlu melalui penyaringan untuk menunjukan sejauh mana motivasi mereka untuk membeli produk Anda. Misalkan dengan pembelian sampai nominal tertentu dalam batas waktu tertentu. Atau dengan penanaman dana deposit di awal yang akan terpotong untuk tiap pembelian oleh konsumen sampai uang iuran tahunan.

Logikanya, bila seorang konsumen rela mengeluarkan sejumlah pengorbanan untuk mendapatkan kartu dengan hak istimewa ini, artinya ada motivasi mereka untuk menjadi pelanggan Anda. Karena mereka merasa diuntungkan oleh hak istimewa yang mereka dapatkan dengan memiliki privilege card. Itu artinya justru privilege card akan memicu mereka lebih termotivasi untuk membeli produk Anda.

Itu sebabnya penting bagi Anda memastikan privilege card memang sanggup menyentuh motivasi konsumen. Dan untuk itulah ada hal-hal yang perlu Anda siapkan sebelum Anda melempar privilege card ke pasar dan menawarkannya pada konsumen Anda.

Pahami dengan baik, siapa rata-rata konsumen Anda, dari kalangan dan kelas ekonomi apa dan bagaimana sebenarnya motivasi mereka untuk membeli. Setiap kelas memiliki karakter dan motivasi berbeda dalam membeli dan itu perlu Anda pahami dengan baik sebelum menentukan kebijakan pada privilege card ini.

Ketika pasar Anda adalah kalangan menengah, maka pahami secara umum mereka mudah tergoda oleh diskon dan angka diskon sekedar 15% sekalipun sanggup mendorong mereka untuk membeli secara impulsif. Tetapi tentu saja Anda tidak bisa memasang nominal syarat dengan angka berlebihan karena akan membuat mereka menilai pengorbanan mereka terlalu besar.

Berbeda ketika Anda akan melempar privilege card premium dengan target pasar kalangan mapan dimana bagi mereka syarat harus membeli senilai 5 juta untuk mendapatkan privilege card bukan sebuah beban besar. Maka diskon tak akan membuat mereka perlu membuat privilege card, karena uang bukan sesuatu yang menjadi kendala belanja mereka.

Harus ada motivasi lain yang Anda berikan bagi mereka. Dan diperlakukan istimewa serta penuh prestise adalah nilai yang lebih penting dari sekedar potongan harga. Undangan menghadiri gathering terbatas atau penawatan produk limited edition akan lebih memikat mereka untuk setia pada perusahaan Anda.

Di sisi lain, sebagaimana sempat kami ungkit di awal, selain melihat dari aspek konsumen, Anda perlu berhitung dari sisi Anda. Apakah penawaran istimewa ini sekiranya akan memberi Anda keuntungan. Sejauh mana Anda melihat privilege card ini mampu memicu motivasi konsumen lebih kuat untuk membeli? Atau lebih tepatnya, apakah biaya yang perlu Anda keluarkan terkait privilege card ini layak dibandingkan dengan hasilnya pada penjualan Anda.

Baca juga: Tips memenangkan negosiasi

Perlu riset dan test case untuk memastikan privilege card adalah pilihan tepat dalam me motiviasi konsumen Anda dan memberikan suntikan penyegar dalam bisnis Anda. Tetapi jelas privilege card ini terbukti diakui banyak pelaku usaha dunia efektif dalam menambah penghasilan tahunan, jadi mungkinkah Anda juga meraih hasil besar dengan menerbitkan privilege card? Tim Siap Bisnis-

Tag:

privilege card adalah, apa itu privilege card, apa itu privilege club, arti privilage card, privilege card arti nya, privilege club adalah
Mendorong Motivasi Konsumen Dengan Privilege Card, Segera Baca Informasi Penting Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :