Mencari Kerja Sampingan Di rumah Via Online Dengan Linkedin

Mencari Kerja Sampingan Di rumah Via Online Dengan Linkedin

Mencari Kerja Sampingan Di rumah Via Online Dengan Linkedin

Mencari kerja sampingan di rumah via online memang salah satu trik paling jitu dan potensial untuk Anda jajal ketika Anda memutuskan pilihan ini. Pasalnya cara online memberi Anda pilihan lebih menarik ketimbang cara kerja rumahan konvensional. Pekerjaan ini bisa menjanjikan hasil berkali lipat lebih baik dengan fleksibilitas yang cukup tinggi untuk Anda.

Hanya saja rasanya menjadi aneh ketika mendengar ide mencari kerja sampingan di rumah online via Linkedin. Karena meski semua juga memahami kalau Linkedin adalah sebuah sarana sosial media. Tetapi adakah Anda mengetahui dengan baik apa itu Linkedin dan bagaimana fungsinya sehingga bisa mendukung pencarian kerja online?

Satu hal yang menarik dari sebuah situs sosial media marketing terlepas dari apapun itu model dan jenis sosial medianya, adalah Anda dengan leluasa membangun jaringan alias networking. Dan ketika Anda berniat membangun sebuah usaha atau mencari kerja sampingan di rumah yang potensial untuk Anda, jaringan bisa menjadi sebuah asset besar yang akan mendukung Anda menemukan tujuan pencarian Anda ini.

Dan tentu saja, Anda juga bisa menemukan manfaat yang sama dengan Linkedin. Malah menariknya, sebagian besar pebisnis menengah bahkan kalangan professional di pasar global terjun dalam Linkedin untuk membangun jaringan mereka. Boleh dikatakan Linkedin adalah sebuah sarana sosial media mereka dari kelompok professional dan eksekutif.

Bahkan menurut seorang tokoh pelatihan kerja di Amerika menilai sosial media semacam Linkedin bisa menjadi lebih efektif dari pada situs pencarian kerja online. Pasalnya di sini, secara personal Anda sebagai pencari kerja bertemu dengan pihak yang membutuhkan tenaga kerja. Mereka bisa menilai Anda secara personal dan menilai langsung kapabilitas Anda dengan kriteria pekerjaan.

Ini memberi Anda kemampuan lebih terlihat dan terbaca, ketimbang mengajukan lamaran via email atau sistem pencarian kerja. Anda akan bersaing dengan mungkin ribuan pelamar online. Apakah Anda yakin ribuan email dan pesan lamaran itu mereka baca satu persatu?

Tetapi bagaimana membuat Linkedin mampu menjadi sarana praktis untuk mencari kerja sampinga di rumah via online?

  1. Gunakan url yang tepat
    Pada Linkedin, Anda akan menggunakan alamat URL sebagai identitas Anda. Di sini sistem kerjanya memang hampir menyerupai Tumblr sebagai mini blog. Gunakan nama unik yang mewakili nama Anda asli, pekerjaan yang Anda cari atau kota Anda untuk membuatnya mewakili diri Anda dan pencarian Anda. Jangan lupa untuk mengutamakan supaya akun Anda bisa masu top search Google.
  2. Awali dengan resume Anda
    Sebagai pencari kerja, maka jelas hal pertama yang menjadi fokus Anda adalah mempromosikan diri Anda secara optimal. Dan langkah efektif untu mewujudkannya adalah dengan menyusun resume dengan data Anda terkini. Jangan ragu mengulas latar belakang pendidikan, list kemampuan Anda dan karier Anda selama ini. Selalu update data mengenai pekerjaan dan proyek Anda terbaru untuk menunjukan eksistensi Anda dengan pekerjaan pilihan Anda. Jangan lupa menambahkan setidaknya beberapa rekomendasi dari mereka yang pernah memperkerjakan Anda untuk meningkatka keyakinan.
  3. Tambahkan bukti pekerjaan Anda
    Anda seorang penulis konten yang mempromosikan pekerjaan Anda di Linkedin. Coba sertakan website atau blog dimana Anda sudah menjadi penulis di dalamnya, dengan tetap memperhatikan kode etik pekerjaan Anda tentunya. Ini membantu pihak lain untuk bisa menilai sendiri hasil kerja Anda langsung di lokasi.
  4. Bangun network
    Sebagaimana sudah kami sampaikan, kelebihan dari sosial media adalah memberi Anda wadah leluasa untuk membangun jaringan. Karena bukan mustahil dari jaringa ini Anda bisa bertemu dengan penyedia kerja yang cocok. Selalu sempatkan diri membuka jaringan baru dan “keep in touch” dengan jaringan yang sudah ada. Ketahui apa yang mereka update dan berikan tanggapan positif untuk itu.
  5. Post update
    Selalu buat profile Anda update dengan berbagai informasi terbaru Anda. Buat Linkedin Anda aktif dan sarat akan informasi terkait pencapaian Anda dalam pekerjaan, hasil kerja Anda, proyek terbaru Anda, dan tarik jaringan pertemanan Anda dalam Linkedin untuk mendapatkan informasi terbaru ini.
  6. Salurkan ide Anda dalam Linkedin
    Jangan hanya menjadikan Linkedin sarana untuk mengupdate informasi tentang Anda, jadikan pula sebagai sarana untuk berbagi ide atau pandangan. Akan lebih baik kalau ide dan pandangan ini masih terkait dengan pekerjaan supaya tidak memberi efek pandangan negatif. Bisa jadi ide hebat Anda menarik penyedia kerja dan malah tanpa berpanjang lebar menarik Anda dalam tim kerja mereka.

Mencari kerja sampingan di rumah? Rupanya tidak harus dengan berjibaku dalam situs pencarian kerja dan bersaing ketat di dalamnya. Anda bisa mulai dari sosial media, sarana yang akan lebih mengasyikan dari sekedar list pekerjaan di dalam situs. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.naaree.com

Tag:

sarana sosial dirumah
Mencari Kerja Sampingan Di rumah Via Online Dengan Linkedin | Hari Murti | 4.5

Komentar :