Menantang Jiwa Petualang Di Wisata Pulau Sempu Malang

0
111

Mungkin Anda belum terlalu banyak mengenal kawasan wisata pulau Sempu Malang. Tapi nama pulau cantik di sudut selatan Malang ini sudah banyak disambangi oleh mereka penggila dunia petualangan. Dan mungkin kini giliran Anda untuk menantang diri Anda menjajal kemampuan Anda membolang di alam liar dan menemukan surga tersembunyi di baliknya.

Baca juga : Wisata taman mini Indonesia indah

Alam liar dan surga tersembunyi, itu adalah sesuatu yang demikian melekat pada wisata pulau Sempu Malang. Pulau ini berada di lautan selatan, di seberang dari pantai Sendang Biru. Tepatnya di Desa Tambak Rejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Malang. Dan berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Malang dan 180 km dari kota Surabaya.

Pulau ini merupakan sebuah pusat konservasi alam yang terjaga bahkan sejak tahun 1928. Jadi untuk bisa menyambangi pulau ini Anda perlu mengajukan surat izin masuk khusus untuk kawasan konservasi (Surat Izin masuk Kawasan Konservasi / SIMAKSI) Anda bisa mengurusnya di Kantor BBKSDA Jawa Timur Jalan Juanda Surabaya atau di Kepemilikan Modal KSDA Wilayah III Jalan Jawa, Jember.

Pulau Sempu sendiri sebenarnya tak sulit Anda capai. Anda bisa menaiki kapal kayu yang disediakan penduduk setempat untuk menuju ant bay atay teluk semut di sisi utara pulau. Pantai di teluk kecil ini tidak luas tetapi terasa bersih dan perawan. Anda bisa menjumpai aneka biota pantai cantik menyapa Anda seperti kepiting.

Pulau ini sendiri berukuran sekitar 877 hektar yang mayoritas sisi pulaunya akan tertutupi vegetasi hutan tropis dan pantai. Jadi untuk menyisiri kawasan pulau memang perlu sedikit perjuangan pasalnya pulau ini memiliki kontur yang cukup menantang, penuh jalur berkelok, terjal, menukik bahkan berbukit dan lembah-lembah.

Dan puncak dari pesona alami pulau Sempu terletak pada sebuah laguna cantik yang tersembunyi di balik kawasan hutan, Laguna Segara Anakan. Lokasinya sekitar 2,5 km ke arah selatan pulau. Dibutuhkan perjalanan melalui jalur trekking berkelok dan curam sekitar 2 jam untuk bisa mencapai laguna. Laguna ini berair tenang dengan kedalaman air bervariasi dengan kedalaman maksimal hanya beberapa meter saja. Luas laguna ini cukup luas sekitar 4 hektar.

Laguna ini terselubungi dinding tebing karang yang membuat area ini tersembunyi dari lautan lepas. Anda tak perlu khawatir soal hempasan ombak. Karena laguna ini tak memiliki perairan berombak. Begitu tenang layaknya sebuah danau berair asin.

Pada ujung utara laguna terdapat area terbuka dengan hamparan pasir putih lembut nan halus. Berpadu cantik dengan perairan laguna berair bening. Anda bisa melihat langsung dasar laguna yang berupa gugusan coral dan rumput laut. Di beberapa area dangkal Anda bisa berburu ikan langsung. Malah di beberapa titik terumbu karang Anda bisa menjajal memancing ikan-ikan besar yang cukup menantang Anda tarik dari mata pancing Anda.

Kawasan ini juga sangat tenang dan damai, tak ubahnya dengan sebuah surga tersembunyi di balik lautan selatan dan rapatnya hutan tropis pulau Sempu. Anda bisa menikmati berenang di kawasan laguna hingga berkemah di area pantai.

Puas bermain di area laguna Anda bisa melanjutkan perjalanan menyisir kawasan pulau. Sebagaimana pulau yang juga berfungsi sebagai cagar alam, Anda bisa menemukan beragam vegetasi langka seperti beberapa tanaman unik khas vegetasi pantai. Juga terdapat beragam biota hutan yang unik seperti kera hitam, babi hutan, kijang hutan, sampai aneka biota laut seperti udang, ikan belodok sampai kepiting. Kadang Anda bisa pula bertemu dengan beberapa jenis burung langka dan biawak.

Selain laguna pulau Sempu juga memiliki telaga lele sebuah telaga kecil yang menampung air tawar dari hujan. Telaga kecil ini dihuni oleh ribuan lele yang menjadi asal penamaan telaga terssebut.Juga terdapat beberapa pantai cantik berpasir putih dengan hamparan vegetasi membingkai pantai dan gugusan karang membingkai lepas pantainya. Sebut saja pantai Waru-waru, pantai pasir Panjang, pantai Pasir Kembar dan Pantai fresh Water.

Menantang Jiwa Petualang Di Wisata Pulau Sempu Malang
Menantang Jiwa Petualang Di Wisata Pulau Sempu Malang

Inilah dia satu lagi tantangan bagi para petualang alam untuk ditaklukan sebuah pulau cantik dengan pesona alaminya yang perawan dan menenangkan. Wisata pulau Sempu Malang.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.anekatempatwisata.com

wisata malang yang menantang
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY