Membaca Resiko Dari Peluang Investasi Di Indonesia 2015, Investor Wajib Baca

Membaca Resiko Dari Peluang Investasi Di Indonesia 2015, Investor Wajib Baca

Membaca Resiko Dari Peluang Investasi Di Indonesia 2015, Investor Wajib Baca

Tahun 2015 sudah berjalan beberapa hari, menggenapi masa putaran satu bulan purnama. Saatnya menurunkan pesta pora perayaan akhir tahun dan mulai kembali bergelut dengan aktivitas dan penghidupan masing-masing, apapun itu, membina karier, bisnis atau memprediksi peluang investasi di Indonesia.

Salah satu acuan yang banyak menjadi referensi kebanyakan orang dalam mengambil langkah bisnis dan investasi adalah berbagai bahasan yang memuat peluang investasi di Indonesia pada tahun 2015 dan prediksi potensi usaha di tahun 2015. Beberapa bahasan ini mengambil fokus pada apa saja yang diperkirakan akan menjadi potensi besar dan menjanjikan hasil besar pada tahun 2015.

Sayangnya, tidak ada peluang yang berjalan tanpa resiko. Dan seharusnya bersamaan dengan sederet potensi dalam ulasan peluang investasi di Indonesia ini, Anda perlu juga mengenai bagaimana situasi resiko yang membayangi Anda para pelaku usaha dan investasi.

Untuk bisa mendapatkan sebuah strategi usaha dengan tepat dan sempurna, Anda tidak hanya perlu informasi soal peluang dan potensi, tetapi juga resiko. Dengan demikian Anda bisa membangun sebuah strategi yang membantu Anda siap menghadapi resiko, siap menghindarinya dan siap mengatasinya ketika resiko terjadi.

Dan sepenting itulah Anda mengenai resiko investasi sepenting Anda perlu mengenai peluang investasi di Indonesia pada tahun 2015, maka berikut ini beberapa bahasan kami mengenai hal-hal yang perlu menjadi kewaspadaan Anda dalam investasi ahun 2015.

  1. Situasi politik dalam negeri
    Anda sendiri bisa melihat bagaimana panasnya situasi politik dalam negeri pada tahun 2014 dan rasanya situasi ini belum akan berakhir setidaknya sampai pertengahan 2015 dan masih akan meragukan sampai kahir 2015. Masalah penegakan hukum permainan hukum yan terkait dengan kepentingan politik, konflik berkepanjangan kelompok oposisi dan kelompok pemerintah tampaknya masih akan menorehkan kisah panjang dan juga secara langsung tentu menurunkan suhu investasi dalam negeri, mempengaruhi nilai mata uang dan tingkat kepercayaan dunia terhadap stabilitas ekonomi.
  2. Pergerakan harga produk energi
    Anda sendiri sudah mengetahui bagaimana kondisi harga minyak yang terus saa menurun sampai sekarang. Situasi ini sudah tentu akan memberi pengaruh besar bagi industry energi di dunia dan tentu saja akan sangat memberi pengaruh terhadap situasi ekonomi makro Indonesia yang memiliki banyak lini usaha dalam bidang energi seperti gas, batubara dan minyak bumi. Karena ketika harga minyak turun, maka otomatis akan menurunkan seluruh harga produk substitusinya. Namun di sisi lain dalam beberapa usaha industry akan ada penurunan biaya produksi karena turunnya harga bahan bakar.
  3. Kekuatan dollar
    Tahun 2014 ditutup dengan harga Dollar yang terus menguat pada hampir seluruh mata uang dan terasa semakin signifikan terhadap mata uang asia. Situasi ini pada kondisi tertentu memang baik untuk kekuatan ekspor, tetapi tidak sehat sama sekali terhadap situasi keuangan makro. Melemahnya rupiah memberi imbas melemahnya saham dan melemahnya investasi internasional ke dalam, karena dinilai tidak menguntungkan. Dan pada karena negara Asia termasuk Indonesia memiliki kecenderungan impor yang tinggi, maka mau tidak mau situasi ini mendorong inflasi kawasan. Inflasi ini akan turut melemahkan dunia investasi.
  4. AFTA 2015
    Asian Free Trade Area yang dicanangkan pada tahun 2015 memberi sebuah pintu gerbang selebar mungkin untuk arus barang masuk dan keluar di seluruh Asia Pasific. Tidak tau apakah kabar ini bisa menjadi kabar baik atau kabar buruk, melihat AFTA hadir di tengah hiruk pikuk Indonesia yang tengah mengalami kisruh politik dan inflasi massal Asia. Namun hadirnya AFTA di tahun 2015 ini sudah pasti memberi imbas terhadap situasi ekonomi dan keuangan baik secara makro dan mikro. Dan beberapa ekonom Indonesia menunjukan sikap pesimistisnya terhadap ketahanan ekonomi Indonesia menghadapi AFTA 2015.
  5. Jebakan situasi dunia
    Krisis ISIS, masalah krisis pangan dunia , kekuatan China dan India terhadap pasar Asia, stagnasi di Eropa dan masih banyak situasi terbaru yang muncul di pasar dunia akan menjadi jebakan tersendiri bagi putaran ekonomi di Asia dan Indonesia. Ini terkait dengan tingginya aktivitas ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara dunia dan sudah pasti akan mendapat imbas dari situasi ekonomi di negara bersangkutan.

Itulah beberapa resiko dan hal-hal yang perlu menjadi kewaspadaan Anda dalam membaca peluang investasi di Indonesia pada tahun 2015. Pahami peluang dan resikonya demi mendapatkan hasil lebih efektif dari investasi Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.investmentsolutionsnorthland.co.nz

Tag:

bagaimana peluang investasi di indonesia
Membaca Resiko Dari Peluang Investasi Di Indonesia 2015, Investor Wajib Baca | Hari Murti | 4.5

Komentar :