Memahami Konsep Positioning Produk, Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini

Memahami Konsep Positioning Produk, Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini

Memahami Konsep Positioning Produk, Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini

Satu tahapan penting dari manajemen pemasaran adalah positioning produk, selain tahapan segementasi dan targeting. Positioning produk merupakan sebuah bentuk pencitraan yang dibangun oleh pemilik usaha terhadap produk mereka. Dari proses positioning ini akan terbentuk pandangan dan penilaian tersendiri yang diharapkan otomatis muncul begitu nama produk di sebutkan.

Sebenarnya positioning produk adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan cara kerja otomatis dari otak manusia. Manusia cenderung menyederhanakan banyak informasi yang masuk mengenai sebuah objek dalam sebuah penilaian singkat yang kemudian tumbuh menjadi citra yang melekat pada objek.

Bukankah sudah tidak aneh ketika Anda mencap seorang guru sebagai “guru galak” karena beberapa kali Anda mendapat informasi mengenai betapa guru bersangkutan sering marah dikelas. Dan memberi guru lain dengan cap “guru favorit” karena Anda mendengar betapa guru tersebut tampak kompak dan seru dengan siswanya.

Cap yang melekat seperti inilah yang kemudian bisa disebut sebagai positioning produk. Dan di sini yang akan menjadi objek adalah produk. Bila cap terhadap guru muncul tanpa disengaja dan muncul justru dari Anda. Maka di sini perusahaanlah sebagai pemilik produk yang dengan sengaja menciptakan cap tersebut di masyarakat.

Apa yang terlintas ketika Anda mendengar nama Apple Inc? Sudah pasti adalah sebuah perusahaan gadget inovatif skala internasional. Sedang apakah reaksi Anda dengan nama WRP? Makanan diet sehat? Ada masih banyak lagi positioning yang sengaja diciptakan produsen untuk membangun cap yang melekat pada produk milik mereka dan tanpa Anda sadari melekat pula dalam pemikiran Anda.

Pada dasarnya terdapat 4 kriteria positioning produk yang biasa dimunculkan seperti:

  1. Keunikan
    Untuk bisa teridentifikasi oleh pasar diantara persaingan yang ketat, Anda bisa mencoba hadir dengan produk yang sama namun dengan keunikan yang tidak ada pada produk lain. Keunikan selalu mampu mengundang rasa penasaran
  2. Kualitas
    Anda juga bisa menonjol di antara pesaing Anda bila Anda selalu mengedepankan kualitas dan inovasi. Anda selalu terdepan dalam penemuan teknologi baru. Bahkan harga mahal yang Anda sematkan bisa saja ditoleransi penuh oleh pasar.
  3. Harga
    Selain karena kualitas, menjadi terlihat di pasar yang ramai bisa Anda dapatkan ketika Anda memasang harga dibawah harga produk-produk lain sejenis. Meski kualitas Anda turunkan, tetapi pasar akan memaklumi. Ketika mereka mencari produk murah, produk Andalah yang terlintas dalam pikiran mereka.
  4. Pioneer
    Anda adalah yang pertama, dipasar tak ada yang menyamai Anda. Meski pada akhirnya muncul peniru-peniru, pelanggan Anda akan tetap setia pada Anda karena menganggap Andalah yang paling original.

Ketika model positioning produk sudah Anda tentukan, Anda hanya harus membangun citra tersebut di pasar. Lekatkan citra yang ingin Anda bentuk tadi dalam setiap iklan, promosi juga pada kemasan, banner dan papan nama usaha Anda. Kontinuitas Anda dalam menyampaikan informasi mengenai citra tersebutlah yang akhirnya tertanam dalam benak masyarakat dan membentuk citra itu sendiri. Dan ketika citra tersebut sudah tertanam dengan baik, produsen akan mendapat banyak keuntungan yakni :

  1. Menjadikan produk Anda pilihan ketika mereka membutuhkan sesuatu terkait citra yang Anda bentuk. Misalkan konsumen mencari smartphone canggih super murah, maka nama seperti cross atau mito akan terlintas di benak mereka ketimbang nama besar macam Ipohone, LG atau Lenovo.
  2. Memunculkan rasa penasaran dan akhirnya rasa ingin mencoba, misalkan ketika Anda mendengar mie persis di kota Yogyakarta yang menyajikan mie instant dengan penyajian persis dengan gambar pada kemasan, entah kenapa hanya karena persis kemasan semua orang penasaran dan meramekan kedainya setiap harinya. Padahal seperti sudah kami katakan, ini hanya mie instant biasa yang bisa Anda beli di warung sebelah rumah.
  3. Menjadi incaran para professional yang menuntut kualitas dan keakuratan, seperti misalkan ketika para arsitektur dan para ahli grafis mencari alat tulis, maka tidak pakai pikir dua kali nama alat tulis produksi rotring akan menjadi pilihan mereka Satu set pensil mekanik seharga diatas 100 ribu bukan masalah bagi mereka karena jaminan kualitasnya.
  4. Menjadi penguasa pasar meski persaingan semakin ketat, Anda kenal kalimilk di kota Yogya? sebagai pioneer café susu, namanya masih menjadi penguasa pasar, meski kini sudah bermunculkan café susu serupa di seantero Yogya dengan beragam brand. Tetap saja hanya gerai kalimilk saja yang selalu kebanjiran pengunjung.

Kini apakah Anda menyadari bagaimana kekuatan dari positioning produk mampu menggerakan konsumen dan menciptakan kecenderungan dan motivasi pada pasar? Jadi jangan pernah abaikan positioning produk.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

konsep positioning, konsep posisioning, positioning sebagai guru, produk dan penjelasan lengkapnya
Memahami Konsep Positioning Produk, Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini | Hari Murti | 4.5

Komentar :