Mau Sukses Bisnis Ikan Hias Air Laut? Coba Beberapa Tips Sukses Berikut Ini.

Mau Sukses Bisnis Ikan Hias Air Laut? Coba Beberapa Tips Sukses Berikut Ini.

Mau Sukses Bisnis Ikan Hias Air Laut? Coba Beberapa Tips Sukses Berikut Ini.

Bisnis ikan hias air laut akuarium memang sudah berkembang pesat bahkan sejak puluhan tahun lampau. Penggemar ikan hias juga tampaknya tak kunjung habis justru semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ditambah dengan banyaknya jenis spesies ikan di Indonesia yang memiliki tampilan memikat sehingga seakan selalu muncul jenis dan trend anyar di dunia ikan hias akuarium.

Nama besar macam ikan Arwana, ikan Louhan atau ikan Koki memang sudah menjadi legenda tersendiri di kalangan penggemar ikan hias akuarium. Hingga saat ini jenis-jenis ikan hias ini tidak kunjung redup popularitasnya di pasaran.
Namun rupanya pasar juga tertarik pada jenis yang berbeda dan salah satu yang cukup menarik adalah usaha ikan hias air laut. Meski belum sepopuler jenis ikan hias dari air tawar, namun rupanya ada nilai lebih dari ikan hias air laut keimbang jenis dari air tawar. Utamanya terletak pada varian jenisnya yang lebih beragam dengan warna-warna dan bentuk yang lebih unik dan memikat.

Ditambah dengan adanya beragam anemon, rumput laut dan beragam biota penyusun taman laut yang bisa Anda tambahkan dalam akuarium, tentu memberi nilai yang berbeda bagi penggemar ikan hias air laut. Seakan Anda sedang memiliki taman laut Anda pribadi dengan memiliki sebuah akuarium air laut yang lengkap dengan segala jenis batuan karang, anemon dan ikan khasnya.

Apa lagi konon di Indonesia terdapat setidaknya 1300 jenis species ikan hias air laut dari ukuran kecil hingga ukuran sedang yang cukup banyak diminati di pasar Internasional, sehingga memungkinkan Anda merambah pasar dunia.

Toleran pasar terhadap harga produk ikan hias air laut ini juga lebih tinggi. Bahkan untuk harga satu paket lengkap akuarium dengan satu set taman laut di dalamnya bisa mencapai angka 2 juta sampai 10 juta tergantung ukuran akuarium dan taman laut yang dibuat.

Hanya saja banyak pelaku usaha yang merasa ragu mengenai bagaimana cara memelihara dan membudidayakan ikan hias air laut? Sementara mereka hidup dari habitat yang khusus yakni air laut dengan karakter air yang jelas berbeda dari air di daratan.

Untuk menjawab itu, kami akan mencoba berbagai beberapa tips dalam menjalankan usaha budidaya ikan hias air laut sebagai berkut ini.

1. Jalankan usaha di dekat sumber air
Salah satu solusi terbaik adalah memanfaatkan air laut asli sebagai sumber air bagi usaha ikan hias air laut Anda. Anda bisa membuka usaha ini di kawasan dekat pantai dengan membentuk kolam-kolam khusus yang dibuat dari semen dan batuan karang. Gunakan 100% air laut asli dengan sistem sanitasi yang baik supaya aliran air berjalan lancar. Karena pada dasarnya air laut bersifat berarus, sehingga akan lebih baik Anda juga menciptakan sedikit aliran alir perlahan sesuai dengan habitat.

2. Pastikan Anda menggunakan air laut bersih
Kadang di daerah tertentu air laut mengandung kadar polusi yang tinggi. Anda perlu menetralisir ini atau justru pilihlah lokasi pantai dengan kadar polusi rendah. Kadar polusi yang tinggi bisa merusak pertumbuhan hingga proses pemijahan ikan.

3. Pastikan lokasi pilihan Anda tetap terjangkau fasilitas memadai
Demi mendapatkan air laut yang bersih tidak lantas Anda harus membuka usaha di pedalaman yang tidak terakses jalur transportasi memadai dan listrik. Karena Anda membutuhkannya untuk proses budidaya, penyaluran suplai pakan hingga proses penjualan. Pastikan suhu dari kawasan pilihan Anda sesuai dengan suhu rata-rata di kawasan laut supaya Anda tidak perlu repot menggunakan heater dan pendingin setiap saat.

4. Pilihlah jenis ikan
Ada ribuan jenis ikan hias air laut yang bisa Anda kembangkan, tetapi akan lebih baik bila Anda mengkhususkan diri hanya membudidaya beberapa atau 1 jenis ikan hias air laut saja. Karena untuk proses pemijahan hingga pembesaran Anda tetap membutuhkan ruang. Untuk hasil optimal dengan produksi sesuai kebutuhan pasa, tentu akan lebih efektif kalau Anda terkonsesntrasi pada beberapa atau 1 jenis saja dan meproduksi dalam jumlah besar. Ini membantu Anda memperoleh pasar penyalur dengan mudah.

5. Sediakan kolam sesuai karakter ikan
Kenali karakter masing-masing ikan yang Anda budidayakan. Setiap ikan memiliki kondisi pola hidup bahkan ukuran yang berbeda. Ikan badut misalkan membutuhkan adanya anemon laut untuk hidup dan berkembang biak, sedang ikan jenis kuda laut membutuhkan karang-karang bergua untuk menunjang hidupnya. Di sisi lain buat kolam sesuai ukuran ikan serta hasil akhir yang ingin Anda buat. Biasanya untuk jenis ikan hias laut yang pada umumnya berukuran kecil sedang, para pelaku budidaya menggunakan kolam kecil berukuran 1 x 2 m atau lebih kecil untuk setiap bagian proses. Pada umumnya kolam terbagi untuk kolam indukan, kolam pemijahan dan kolam pembesaran. Pada jenis predator, seperti ikan hiu gunakan dua kolam pembesaran untuk memisahkan ikan ukuran kecil dengan ikan ukuran besar.

6. Cari tau minat pasar
Begitu banyak jenis ikan hias air laut, akan lebih baik Anda memastikan bagaimana minat pasar terhadap ikan hias air laut. Cari jenis ikan yang paling banyak diminati, pastikan ukuran panen sesuai dengan ukuran yang paling diminati. Misalkan pada kasus ikan hias dari jenis hiu, rupanya justru ikan hiu dengan ukuran sekitar 20 cm yang paling banyak diminati ketimbang ikan hiu ukuran 70 cm. Hal ini supaya ikan hasil panen Anda bisa dipastikan diserap pasar dengan baik dan optimal.

7. Temukan penampung besar atau Koperasi
Ada dua jalur utama untuk menjual produk panen Anda, bisa melalui penampung besar yang akan menjual ikan hias laut secara grosir atau melalui koperasi ikan hias air laut. Keduanya memiliki beberapa perbedaan meski secara umum tidak signifikan. Harga bisa jadi lebih tinggi di koperasi namun melalui penampung Anda sama sekali tidak berurusan lagi dengan proses pencarian pembeli karena 100% ini dijalankan oleh penampung.

8. Pastikan Anda tetap menjaga kelestarian lingkungan
Kadang demi menunjang usaha Anda membutuhkan terumbu karang yang artinya mau tidak mau merusak habitat ikan asli di laut. Untuk itu akan lebih baik kalau Anda juga tetap menjaga kelestarian terumbu karang di alam aslinya karena Anda tetap membutuhkan suplai ikan hias asli dari habitat sewaktu-waktu sebagai suplai indukan dan itu akan mustahil Anda dapatkan bila tidak ada lagi terumbu karang sehat di laut.

Artikel lain:  Tips sukses budidaya ikan hias air  tawar

Bagaimana menurut Anda tidak terlalu sulit juga kan menjalankan usaha ikan hias air laut? Sebenarnya dengan kesungguhan ikan hias air laut justru lebih mampu memberi Anda hasil yang lebih besar dan menggiurkan dari pada usaha ikan hias akuarium jenis air tawar. Karena pasar Internasional masih terbuka sangat lebar dan jauh tertinggal dari pasar ikan hias akuarium jenis tawar dalam penggarapan pasarnya. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis ikan hias air laut, budidaya ikan hias air laut, pembeli ikan hias air laut, Bisnis ikan hias laut, budidaya ikan laut hias, usaha ikan hias air laut, ikan hias laut, ikan hias air laut, budidaya ikan hias air asin, bisnis ikan laut hias
Mau Sukses Bisnis Ikan Hias Air Laut? Coba Beberapa Tips Sukses Berikut Ini. | Hari Murti | 4.5

Komentar :