Mau Memulai Usaha? Ayo Kenali Dulu Pengertian Peluang Usaha Secara Benar

Mau Memulai Usaha? Ayo Kenali Dulu Pengertian Peluang Usaha Secara Benar

Mau Memulai Usaha? Ayo Kenali Dulu Pengertian Peluang Usaha Secara Benar

Tidak selamanya teori berperan penting di dunia nyata, tetapi ketik kita bicara soal yang cukup mendasar dan fundamental tentang pengertian peluang usaha, rasanya tidak ada salahnya mencoba mengenal sekilas teori-teori yang selama ini hanya memenuhi bangku kuliah.

Seperti halnya pengertian peluang usaha, sebagian orang hanya menganggapnya tak lebih dari bagian teori di bangku kuliah dan mengabaikan masalah ini sepenuhnya ketika mereka memasuki dunia usaha. Tetapi benarkah dengan mengabaikan pemahaman ini, Anda sudah berada di jalur yang tepat?

Adakah kemungkinan pengertian peluang usaha akan membantu Anda menemukan haluan dalam memulai usaha, terutama dalam mengidentifikasi sebuah potensi menjadi peluang usaha yang benar-benar potensial untuk Anda?

Kami akan mengutip pengertian peluang usaha menurut The Federal Trade Commision USA yang mengatakan “Business Opportunity is a packaged business investment that allows the buyer to begin a business”. Atau dalam terjemahan bebasnya adalah paket investasi bisnis yang memberikan jalur pada para pembeli (investasi) untuk memulai bisnisnya.

Bingung? Tentu saja karena ini adalah teori baku dari lembaga formal akan pengertian peluang usaha. Karena dalam prakteknya peluang usaha sendiri bisa menjadi beragam makna. Pengertian peluang usaha bisa menjadi konsep yang berbeda-beda sesuai dengan situasi dan potensi yang menyertainya.

Peluang usaha bisa berbentuk situasi di masyarakat yang memunculkan potensi kebutuhan yang bisa Anda penuhi dengan jalur bisnis tertentu. Bisa pula sebuah penawaran berbentuk investasi yang dijual kepada Anda dan nantinya Anda bisa mendapat keuntungan dari langkah pembelian ini. Namun peluang usaha juga bisa beralih menjadi sistem atas sebuah bisnis atau usaha yang terbukti menghasilkan dengan baik di tempat lai. Khusus yang terakhir ini peluang usaha menjadi identik dengan franchise.

Kenyataannya franchise memang sebuah peluang usaha, meski tidak semua peluang usaha sama dengan franchise. Hanya peluang usaha dimana posisi Anda adalah pembeli sistem sebuah usaha yang sudah disertai forecast ke depannya saja yang bisa kemudian dikategorikan sebagai franchise. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini gambaran pengertian peluang usaha dari tiga sisi di atas menurut sumber Enterpreuner.com.

  1. Peluang usaha sebagai sebuah potensi masyarakat
    Perkembangan di masyarakat yang terus terjadi kerap kali memicu munculnya kebutuhan-kebutuhan baru. Bila 15 tahun lalu masyarakat masih asing dengan dunia internet, maka dalam beberapa tahun ini, masyarakat berkembang menjadi komunitas dunia real dan maya sehingga kebutuhan akan segala sesuatu terkait internet berubah menjadi kebutuhan mendasar bagi hajat hidup. Dan dari sini berkembanglah beragam bisnis yang terkait dengan kebutuhan ini seperti beragam layanan via internet seperti online shop, tiket online, blogging dan sebagainya.
  2. Peluang usaha sebagai investasi usaha
    Bila pada poin pertama Anda sebagai pelaku usaha membaca situasi dan memanfaatkannya sebagai potensi usaha, maka di sini Anda berada pada posisi sebagai seseorang yang mendapatkan penawaran untuk menanamkan modal pada sebuah bisnis yang udah melalui proses analisa, forecast dan perencanaan matang. Dari semua langkah ini Anda bisa menilai sejauh apa nilai dari bisnis ini dan sebaik apa kemungkinan pengembalian modal Anda. Dan inilah yang kemudian menjadi peluang usaha bagi Anda. Usaha Anda di sini tak lebih sebagai bagian dari perencanaan pendanaan saja.
  3. Peluang usaha sebagai sistem usaha terprogram (franchise)
    ketika Anda tertarik untuk membuka sebuah usaha, maka salah satu pilihan yang terbilang aman bahkan untuk pemula adalah membeli franchise. Karena setiap usaha franchise sudah pasti melalui proses analisa matang untuk menilai sebernilai apa usaha ini nantinya dan sebesar apa potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh. Boleh dikatakan di sini peluang usaha ini sudah terhitung dengan cermat peluang dan potensinya.

Bagaimana dengan penjelasan singkat mengenai pengertian peluang usaha di atas? Semoga setidaknya bisa membantu Anda menemukan haluan Anda dalam memulai usaha dan mengidentifikasi manakah dari beragam pilihan di depan Anda sebagai peluang usaha yang tepat untuk Anda jalankan. Ketepatan Anda dalam mengidentifikasi akan mempengaruhi kesuksesan Anda nantinya. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

kenali usaha anda, kenali usaha yang
Mau Memulai Usaha? Ayo Kenali Dulu Pengertian Peluang Usaha Secara Benar | Hari Murti | 4.5

Komentar :