Mau Ide Buka Usaha Modal Kecil, Coba Usaha Street Food

Mau Ide Buka Usaha Modal Kecil, Coba Usaha Street Food

Mau Ide Buka Usaha Modal Kecil, Coba Usaha Street Food

Ide usaha street food modern sebenarnya adalah adopsi dari gaya kaki lima di dunia barat. Kalau yang namanya penjual kaki lima di barat jelas tidak pakai tenda biru seperti di Indonesia, tetapi memakai mobil dengan model caravan. Mobil di sulap menjadi dapur lengkap dengan perangkat masak dan peralatan makan sederhana. Jadilah usaha street food modern.

Usaha model ini cocok sekali Anda coba ketika Anda mencari ide buka usaha modal kecil. Karena meski di sini Anda harus memiliki kendaraan ukuran SUV, sebenarnya ide ini justru meringankan Anda untuk tidak harus membayar sewa bangunan yang biasanya mahal. Cara ini akan memberi nilai lebih dari produk makanan yang Anda jual dengan biaya lebih murah.

Memang sih dengan usaha tenda biru juga sebenarnya  Anda sudah bisa menekan biaya operasional. Tapi dengan konsep tenda biasanya ada kesan usaha kurang profesional dan berkelas. Kesan berbeda akan konsumen tangkap dari usaha street food modern, karena penggunaan mobil dan dapur  didalamnya memberi sentuhan lebih modern dan berkelas.

Malah dengan menu yang sama Anda bisa saja menjual dengan harga sedikit di atas dari harga produk makanan di tenda biru tadi. Meski demikian konsumen memiliki lebih banyak toleransi harga terhadap produk dari usaha street foods modern. Konsumen punya kecenderungan untuk meyamakan kelas dari produk makanan yang Anda jual dengan produk dengan produk restoran.

Asyiknya lagi usaha Anda ini bisa bersifat mobile, jadi Anda bisa membuka usaha ini sekaligus di beberapa tempat dalam sehari. Misalkan di depan sekolah pada siang hari, kemudian berpindah ke kawasan perkantoran dan berakhir di kawasan tongkrongan anak muda. Sedang pada weekend Anda bisa berpindah lagi di lapangan terbuka tempat acara musik di akhir pekan dan di pagi harinya di arena olahraga setempat yang biasanya ramai di hari minggu pagi.

Pastinya dengan cara ini penjualan produk makanan ini bakal terdongkrak karena seakan Anda terus menerus mendekati konsumen, atau dalam bahasa umum kerap dikenal dengan istilah jemput bola. Asyiknya semua itu hanya memakan biaya bahan bakar, Anda bisa memilih lokasi berjualan yang strategis, aman sekaligus free dengan fleksibel.

Pada umumnya untuk membuka usaha dengan model ini yang Anda butuhkan adalah semacam kendaraan roda empat dengan model mini caravan atau pick up. Misalkan saja Anda memilih menggunakan pick up. Maka, berikut ini detil biaya yang harus Anda siapkan berdasar salah satu usaha street food yang menjajakan bubur ayam di Jakarta.

Modal awal    
Kendaraan pick up 30.000.000  
Renovasi dan modifikasi 15.000.000  
Peralatan masak 700.000  
Kursi dan meja lipat 3.000.000  
Peralatan makan 250.000 48.950.000
     
Modal kerja    
Bahan baku makanan 800.000  
Bahan bakar 250.000  
Tenaga kerja 1.200.000  
DLL 300.000 2.550.000
     
Perkiraan penjualan ( 50 porsi bubur x Rp 7 ribu ) 10.500.000
  minuman 2.100.000
    12.600.000
Maka keuntungan Anda   10.050.000
     

 

Dari perhitungan di atas, Anda bisa mendapat gambaran, Ada kesan di awal kalau usaha ini memang tidak bisa Anda kategorikan sebagai usaha modal kecil. Namun sebenarnya dengan kelas usaha serupa, usaha ini masih dikategorikan sebagai usaha dengan modal kecil karena relatif lebih kecil dari usaha sekelasnya yang harus memakan biaya sewa bangunan dan beragam pajak.

Sudah lebih murah ternyata dengan buka usaha modal kecil satu ini Anda bisa mengeruk hasil luar biasa. Bahkan dengan hanya 5 bulan saja Anda menjalankan usaha  Anda sudah bisa balik modal. Dengan porsi hasil yang luar biasa.

Mari kita bahas contoh usaha di atas, dikatakan usaha ini sangat fleksibel sehingga memudahkan Anda dengan usaha Anda ini. Cukup dengan membuka usaha street foodnya di pinggir jalan kawasan perkantoran di hari kerja dan membuka usaha serupa di kawasan tempat tongkrongan anak muda di akhir pekan, macam Sunday morning.

Artikel lain: Ide usaha modal kecil

Nah…dengan kreatifitas lebih Anda memang bisa menjalankan roda usaha dnegan lebih baik kan? Seperti contoh model usaha dengan mobil yang akan memudahkan Anda menjajakan produk Anda di pasar. Akhirnya, Anda bisa buka usaha modal kecil dengan nilai balik modal yang cepat. Siapa yang tidak tertarik dan terpikat.-Time Siap Bisnis-

Tag:

modifikasi mobil untuk jualan makanan, modifikasi mobil pick up untuk jualan, desain mobil pick up untuk jualan, mobil jualan makanan, mobil makanan, mobil untuk jualan, mobil jualan, jualan di mobil, jenis usaha menggunakan mobil, jualan pakai mobil
Mau Ide Buka Usaha Modal Kecil, Coba Usaha Street Food | Hari Murti | 4.5

Komentar :