Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Merah Sebagai Antidiabetes

Sejak berabad lampau manfaat dan khasiat daun sirih merah dikenal sebagai obat antibiotik alami yang kerap digunakan sebagai anti bakteri dan anti kuman. Berbagai penyakit macam sakit mata sampai keputihan adalah beberapa deret penyakit yang dipercaya bisa diatasi oleh daun sirih.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Merah Sebagai Antidiabetes

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Merah Sebagai Antidiabetes

Tetapi berbeda dengan daun sirih merah. Ada manfaat dan khasiat daun sirih merah yang unik yang tak dapat Anda peroleh dari daun sirih hijau biasa. Kandungan antioksidannya yang lebih kaya menjadi salah satu penyebab daun sirih merah memiliki khasiat lebih kaya dari dau sirih biasa. Memiliki manfaat yang sama dengan daun sirih biasa, tetapi juga memiliki beberapa keunggulan dari daun sirih biasa.

Daun sirih merah tergolong unik dan jarang bisa Anda peroleh. Tetapi bila Anda tertinggal di kawasan Yogya, daun sirih merah lebih mudah Anda dapatkan karena banyak rumah yang memeliharanya sebagai tanaman hias. Serat merah yang menyemburat pada daunnya yang hijau keunguan dalam bentuk hati yang lebar membuat tanaman ini memang tampil cantik sebagai tanaman hias.

Dikalangan masyarakat Yogya ini pula manfaat dan khasiat daun sirih merah ini banyak digunakan. Tak hanya untuk fungsi klasik dari daun sirih, tetapi sebagai diuretik, anti asam urat, obat hipertensi dan pencegahan kanker.

Selain itu, daun sirih merah juga dimanfaatkan sebagai anti diabetes. Kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi membuat daun sirih merah sangat baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sifat flavonoid sangat unik sebagai anti diabetes. Dapat menghambat kinerja enzim a-glukosidase yang menyebabkan tubuh menumpuk gula dalam darah semakin banyak.

Selain itu flavonoid membantu tubuh meningkatkan metabolisme sehingga membantu tubuh meningkatkan pembakaran lemak dan menghasilkan energi lebih banyak. Ini juga berperan baik untuk menekan jumlah gula dalam darah.

Flavonoid sendiri rupanya juga sejenis antioksidan yang akan menangkap oksidan bebas yang terperangkap dalam tubuh. Membuangnya melalui proses pembuangan dan meningkatkan kelancaran aliran darah.

Dalam sebuah penelitian yang dikembangkan UGM pada tahun 2013 ditemukan fakta empiris yang memadai untuk mendukung manfaat dan khasiat daun sirih merah sebagai anti diabetes secara herbal. Menurut penelitian tersebut perebusan air mineral sebanyak 3 gelas dengan 3 lembar daun sirih merah ukuran sedang selama 30 menit dalam api sedang dan dikonsumsi dalam porsi yang dibagi menjadi 3 kali peminuman sudah mampu menurunkan gula dalam darah secara signifikan.

Bahkan dalam penelitian tersebut dilakukan ekstraksi khusus yang mengembangkan sirup gula yang diambil dari daun sirih merah. Unik memang, mengingat rasa dari hasil rebusan daun sirih merah ini cenderung getir, ternyata di dalam pemisahan ekstraksinya terdapat kandungan sejenis polisakarida, pemanis alami yang tak akan berubah wujud menjadi glukosa dalam proses cernanya.

Menariknya dalam polisakarida yang berasal dari daun sirih merah ini tetap terdapat kandungan flavonoid yang membuat pemanis ini tak hanya mampu berfungsi sebagai pengganti gula tebu tetapi juga membantu menurunkan masalah diabetes.

Kabar baiknya, dalam daun sirih merah juga terdapat sifat diuretik. Jadi meski memiliki khasiat pengobatan justru tak akan bersifat toksin terhadap ginjal dan hati. Melainkan justru membantu memberi perawatan ekstra pada organ tersebut. Karena salah satu efek positif dari sifat diuretik adalah melancarkan aliran air kencing.

Bila air kencing lancar, maka endapan yang mengganggu kerja ginjal dan hati akan luruh dan akhirnya dapat mengoptimalkan kembali kinerja dari ginjal dan hati. Selain itu sifat diuretik memiliki efek positif terhadap aliran darah. Darah menjadi lebih cair dan aliran darah akan lebih lancar. Aliran darah yang lancar termasuk pula akan membantu meluruhkan endapan yang berada dalam aliran darah.

Jadi mengkonsumsi daun sirih merah sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh, mengatasi keluhan diabetes dan membantu memperbaiki masalah pembuangan air seni dan masalah aliran darah.

Baca juga : manfaat jahe merah

Cukup dengan memastikan Anda mengkonsumsinya dengan dosis yang tepat demi mencegah over dosis yang bisa menyebabkan hipoglicemi dan masalah lain sebagai efek aliran kencing yang berlebihan pada tubuh. Maka Anda bisa mendapatkan manfaat dan khasiat daun sirih merah dengan optimal. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.sirihmerah.org

Tag:

Bisnis rumahan dengan sirih merah, dampak positif sirih merah
Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Merah Sebagai Antidiabetes | Hari Murti | 4.5

Komentar :