Macam-macam Usaha Rumahan Di Kawasan Pemukiman

0
157

Anda tinggal di dalam perumahan atau pemukiman penduduk yang padat? Sebuah kesempatan emas bila kemudian lokasi hunian Anda yang strategis ini Anda kembangkan sebagai aset bagi ide macam-macam usaha rumahan.

Siapa yang sangka Anda yang tertarik mengembangkan usaha rumahan bisa memulainya cukup dengan mengandalkan kelebihan yang ada di sekitar Anda, termasuk lingkungan sekitar Anda. Lalu apa saja macam-macam usaha rumahan yang bisa Anda kembangkan dengan mengandalkan nilai lebih dari hidup bertetangga dalam lingkungan pemukiman yang padat ?

Macam-macam Usaha Rumahan Di Kawasan Pemukiman

  • Usaha kelontong
    Sebagian besar usaha kelontong adalah usaha yang mengandalkan konsumen rumah tangga dan faktanya dengan hidup dalam lingkungan padat penduduk ini jelas pasar yang sangat potensial untuk menemukan konsumen rumah tangga. Anda bisa siapkan beragam kebutuhan rumah tangga dari sabun, pasta gigi, diapers, bumbu dapur, penganan, minuman dan jajanan kemasan. Jangan lupa tambahkan sembako serta banyak kebutuhan sehari-hari lain.
  • Usaha antar jemput
    Usaha satu ini juga sangat baik untuk Anda kembangkan di kawasan perumahan yang padat penduduk. Andalkan mobil pribadi Anda yang berukuran besar dan jadikan sebagai sarana antar jemput anak sekolah di dalam area perumahan atau pemukiman Anda tinggal. Akan sangat banyak orang tua yang merasa nyaman bila anak-anak mereka bisa mendapatkan jaminan angkutan yang aman dan nyaman untuk mereka berangkat dan pulang sekolah.
  • Usaha laundry
    Ada banyak macam-macam usaha rumahan yang bisa menjadi sangat potensial di kawasan perumahan dan yang satu ini termasuk yang terbaik. Anda bisa mendapatkan banyak konsumen langsung dari tetangga Anda, karena banyak dari mereka melihat layanan laundry bisa menjadi lebih praktis ketimbang harus menggarapnya sendiri atau menyewa tenaga cuci khusus di rumah. Dari sisi modal, usaha ini terbilang terjangkau karena hanya membutuhkan mesin cuci berkualitas baik, alat timbang, setrika yang tak akan menghabiskan modal lebih dari 10 jutaan.
  • Usaha penitipan anak
    Satu lagi ide menarik untuk usaha rumahan terutama untuk Anda yang memiliki rumah relatif luas dan cukup mencintai dunia anak. Anda bisa membuka rumah Anda sebagai rumah penitipan anak. Rekruit beberapa tenaga kerja tambahan yang terlatih untuk membantu anda merawat anak-anak tetangga Anda selama dititipkan pada Anda. Dengan tinggal di pemukiman padat penduduk, Anda dengan mudah mendapatkan konsumen langsung dari tetangga-tetangga Anda yang sehari-hari bekerja di kantor dan terpaksa meninggalkan buah hati mereka di rumah.
  • Usaha persewaan perangkat bayi dan anak
    Ide usaha rumahan satu ini sebenarnya sudah cukup lama dikenal, yakni menyediakan beragam keperluan anak dan bayi seperti boks bayi, stroller, car seat dan beberapa wahana mainan anak. Harga beli dari beberapa perangkat ini terbilang mahal, sehingga banyak keluarga yang merasa berat untuk membelinya sementara kebanyakan perangkat ini hanya digunakan untuk jangka pendek. Itu sebabnya solusi sewa bisa menjadi pilihan bijak yang lebih murah dan terjangkau. Dan inilah yang menjadi dasar usaha Anda, terutama kalau pasar Anda dengan mudah Anda temukan dari tetangga Anda.
  • Usaha catering rumahan
    Beberapa orang tua terpaksa meninggalkan anak-anak mereka di rumah sementara mereka harus bekerja. Ketika anak-anak sudah beranjak besar, anak-anak mungkin tidak lagi membutuhkan teman untuk menjaga mereka, tetapi lain soal dengan masalah makan dan asupan nutrisi. Anda bisa membantu mengatasi persoalan ini dengan membuka jasa catering rumahan dengan menyiapkan sajian makanan sehat untuk rumah tangga. Ini akan menjadi jawaban kebutuhan pasar akan sajian sehat dan aman untuk ibu sibuk yang tidak sempat menyiapkan masakan untuk keluarganya.
  • Bisnis dropship produk sehari-hari
    Beberapa ide usaha dropship atau malah konsep keagenan bisa Anda jalankan di dalam area perumahan. Ada banyak produk yang cocok Anda kembangkan di rumah, mulai dari produk fashion seperti pakaian dan tas, make up dan perawatan sampai peralatan rumah tangga seperti wadah plastik atau panci. Ide bisnis ini tidak memakan modal besar, tetapi mudah Anda kembangkan dengan mengandalkan pasar di sekitar rumah Anda.
  • Bisnis penyalur tenaga ART
    ide ini sudah dipraktikan oleh seorang wanita yang menjalankan ide ini di dalam kawasan perumahannya di kota Jakarta. Bertempat di kawasan pemukiman kelas menengah atas di daerah Bintaro membuatnya memiliki tetangga yang tingkat kebutuhan akan ARTnya relatif tinggi sementara tidak mudah pula mendapatkan ART yang sesuai dan terlatih. Dengan merekruit tenaga kerja dari kawasan perkampungan di kota Jakarta dan beberapa dari daerah asal di Jawa Tengah, mereka membuka jasa penyaluran tenaga ART untuk tetangga-tetangganya. Sebuah ide menarik dengan mengandalkan kebutuhan mendasar yang muncul dari lingkungan tinggalnya.

Baca juga : Bisnis rumahan tanpa modal

Itu tadi macam-macam usaha rumahan yang bisa Anda kembangkan di rumah Anda cukup dengan mengandalkan padatnya pemukiman di sekitar hunian Anda. Adakah ide menarik lain yang bisa Anda aplikasikan pada lingkungan pada penduduk ?

Sumber gambar : www.khayanganresidence.com

peluang usaha di lingkungan perumahan, Peluang usaha 2017 perumahan padat, peluang usaha di pemukiman, usaha yang cocok di lingkungan padat, ide bisnis untuk masyarakat pemukiman padat penduduk, usaha yg cocok untuk daerah pemukiman, bisnis kuliner yang cocok di perumahan padat, bisnis dipemukiman padat, bisnis di tempat yang padat penduduk, bisnis di kawasan padat penduduk
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY