Ketahui 3 Elemen Dasar Dasar Pemasaran Ini, Sebelum Anda Melakukan Penjualan Produk

Ketahui 3 Elemen Dasar Dasar Pemasaran Ini, Sebelum Anda Melakukan Penjualan Produk

Ketahui 3 Elemen Dasar Dasar Pemasaran Ini, Sebelum Anda Melakukan Penjualan Produk

Pemasaran adalah bagian penting dari setiap usaha dan menjadi satu tahapan utama bagi setiap perusahaan mengembangkan usahanya. Dengan mengetahui dasar dasar pemasaran sebuah perusahaan bisa mencapai target penjualan mereka. Sebaik apapun sebuah produk tak akan mampu mencapai target konsumen mereka tanpa adanya gerakan pemasaran.

Secara umum terdapat 3 elemen dari dasar dasar pemasaran yang perlu Anda pahami ketika Anda mencoba mempelajari pemasaran sebagai bagian dari strategi pengembanga usaha. 3 elemen ini menjadi pijakan utama dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk setiap produk. Dan adapun tiga elemen tersebut adalah :

  1. Segmentasi Pasar
    Sudah menjadi kodratnya setiap produk pasti memiliki segmen pasar masing-masing meski ada pula produk yang tidak tersegmen dengan jelas dan ada yang tersegmen dengan sangat jelas. Segmen pasar dalam bahasa awam lebih sebagai pengelompokan konsumen.

    Anda mungkin pernah dengar pemisahan pasar dalam kelas kalangan atas, kalangan menengah dan kalangan bawah. Setiap segmen pasar dari skala ekonomi memiliki motivasi dan kecenderungan konsumsi yang berbeda. Seperti kelompok ekonomi atas tertarik pada kualitas dan prestise, kelompok ekonomi menengah tertarik pada kualitas namun dalam harga rasional dan kelompok ekonomi bawah tertarik pada harga murah tanpa berorientasi pada kualitas.

    Segmentasi lain juga kerap Anda temukan pada pengelompokan usia, seperti pada busana untuk remaja tentu saja berbeda desain dan pendekatan pasarnya dengan produk busana untuk kalangan professional usia matang. Segmentasi pasar juga bisa berupa perbedaan taraf pendidikan, perbedaan profesi atau perbedaan minat. Contonya busana jersey biasanya diminati oleh kalangan pecinta bola.

    Segmentasi pasar akan membantu Anda memahami kepada siapa Anda harus menginformasikan produk Anda dan bagaimana cara menginformasikannya, bagaimana menarik minat segmen dan membuat mereka memutuskan membeli.

  2. Targeting
    Setelah Anda menentukan kepada siapa Anda akan melempar produk Anda, kini Anda perlu menentukan bagaimana cara tepat membidik segmen pasar tadi. Itulah dasar dasar pemasaran tahap kedua, targeting.

    Untuk menjalankan tahapan ini, Anda perlu mempelajari dengan baik karakter dan motivasi dari segmen pasar bersangkutan. Apa yang menarik bagi mereka, mampu mencuri perhatian mereka, mendorong mereka untuk membeli, apa kebutuhan dan hasrat mereka, motivasi mereka dan sebagainya.

    Setelah Anda mendapatkan data yang mencukupi mengenai segmen pasar yang menjadi target Anda, barulah Anda melancarkan strategi untuk membidik sasaran Anda secara jitu. Membidik hasrat mereka untuk membeli.

    Anda perlu menyusun langkah-langkah pemasaran apa yang sesuai dengan karakter segmen pasar, bagaimana membuat iklan Anda mencuri perhatian dan kemudian emmbuat mereka mengingat produk Anda. Dan terakhir bagaimana mendorong mereka merasa membutuhkan produk Anda dan akhirnya memutuskan membeli.

  3. Positioning
    Setelah Anda mampu menterjemahkan kepada siapa produk Anda akan Anda tawarkan dan bagaimana menawarkannya, seharusnya kini Anda justru menguatkan produk Anda sendiri di pasar. Produk Anda kaos distro,artinya segmen pasar Anda biasanya kalangan anak muda, dan untuk itu Anda bisa melancarkan strategi dengan membuka sebuah toko distro di kawasan yang dipenuhi populasi anak muda.

    Bila berhenti sampai di situ, maka produk kaos distro Anda tidak akan istimewa. Sekalipun Anda jual dengan harga murah tetap tidak akan memberi efek besar terhadap penjualan. Pasalnya kaos distro sudah tersebar di setiap kota dengan cara dan konsep yang serupa.

    Untuk positioning, Anda bisa mencoba ide membuka toko kaos distro berjalan dengan distro truck. Sebuah caravan yang di dalamnya Anda sulap menjadi toko siap menawarkan kaos distro dari satu titik gaul ke satu titik gaul lain di kota Anda. Lengkap dengan jargon unik dengan tema mobile distro.

    Itulah positioning, Anda sudah menentukan segmen pasar Anda dan bagaimana membidiknya, kini Anda harus menunjukan langkah spesifik yang tidak hanya membidik pasar dengan tepat tetapi membuat pasar melihat Anda, bahkan buat pasar yang mengincar Anda. Karena Anda berbeda, Anda memiliki sesuatu yang tidak ada pada yang lain.

Dan kini Anda sudah menggenggam dasar dasar pemasaran dalam pemahaman Anda Tinggal Anda adaptasi dalam bisnis Anda dan dalam produk Anda. Ketika Anda menerapkan dasar dasar pemasaran ini dengan tepat, ketika itu pula Anda satu langkah menuju usaha sukses.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

elemen pasar, elemen pemasaran, elemen strategi pemasaran, 3 elemen segmentasi pasar, 3 elemen pokok pemasaran, dasar dasar bisnis penjualan, 3 elemen pemasaran, elemen pasara yang terdiri tiga kelompok, elemen elemen strategi pemasaran, elemen pasar yang terdiri dari tiga kelompok
Ketahui 3 Elemen Dasar Dasar Pemasaran Ini, Sebelum Anda Melakukan Penjualan Produk | Hari Murti | 4.5

Komentar :