Kerjasama Usaha Kecil, Peran Mitra Packaging Terhadap Pelaku Bisnis UKM

Kerjasama Usaha Kecil, Peran Mitra Packaging Terhadap Pelaku Bisnis UKM

Kerjasama Usaha Kecil, Peran Mitra Packaging Terhadap Pelaku Bisnis UKM

Selama ini kebanyakan pelaku usaha kecil hanya fokus pada kualitas produk. Sama sekali tidak salah dengan pemikiran itu, hanya saja bukan hanya kualitas produk saja yang seharusnya menjadi fokus perhatian bagi seorang pelaku usaha. Ada faktor lain yang rupanya cukup besar pengaruhnya terhadap pola konsumsi masyarakat. Dan masalahnya kadang hal-hal tersebut benar-benar diluar kapasitaspelaku usaha. Di sinilah letak celah kelemahan yang artinya juga membutuhkan kerjasama usaha kecil.

Anda bisa menjalin kerjasama usaha kecil dengan perusahaan yang konsentrasi pada bidang produksi dan desain kemasan produk. Dengan konsentrasi yang mereka jalankan, sudah pasti mereka memiliki kemampuan lebih dalam merancang konsep desain kemasan dan logo produk sesuai dengan produk Anda dan pasar yang dituju dari produk Anda ini.

Karena meski tidak banyak disadari, desain kemasan atau packaging menempati posisi penting di mata konsumen. Bahkan tidak hanya memberi efek positif terhadap keputusan membeli, tetapi juga membangun pencitraan dengan baik. Produk dengan kemasan yang lebih apik akan memberi efek lebih eksklusif daripada Anda bungkus dengan plastik biasa. Hasilnya, Anda bisa menjual dengan harga lebih kompetitif tanpa membuat konsumen merasa keberatan.

Di luar negeri kreativitas dalam packaging menempati posisi penting dalam sebuah branding. Bakan itu berlaku pada usaha kelas kecil dan menengah sekalipun. Sebagaimana kerjasama usaha kecil antara usaha industry dengan usaha industry packaging sudah biasa terjadi.

Tetapi di sini wacana semacam ini kadang tidak sepenuhnya dijalankan oleh pelaku usaha kecil menengah, bahkan mengabaikan sepenuhnya dengan asumsi hal semacam ini tidak pengaruh. Kenyataannya konsumen tidak akan melihat produk Anda kecuali melihat kemasannya terlebih dulu bukan? Dengan kata lain first impression datang justru dari kemasannya.

Hal senada diakui oleh banyak pelaku usaha yang menghasilkan lebih banyak keuntungan ketika mereka memutuskan menggunakan packaging yang lebih modern dan kreatif. Usaha Nasuwa alias nasi uduk warna asli Garut mengaku dengan menggunakan kemasan modern berbentuk kotak, lengkap dengan gambar saran penyajian yang unik seperti bento, penjualan menjadi sangat kencang dan mendaat pencitraan positif dari kemasannya ini.

Sebuah perusahaan asli lampung produsen sale pisang khas Lampung juga menuturkan pengakuan senada. Usaha yang sudah berlangsung selama 3 turunan ini mengalami penurunan omset karena faktor persaingan dan munculnya banyak pilihan menu oleh-oleh khas Lampung lain yang terkesan lebih modern. Ketika dirasa usaha sudah tidak sanggup bertahan, sempat Aristo sang pemilik usaha berpikir untuk menutup usahanya.

Namun ketika dia berkesempatan bertemu dengan seorang perancang dan produsen packaging makanan dari kota Bandung bernama Hendrick Ardiansyah, beliau melakukan banyak konsultasi dan akhirnya menjalin kerjasama dengan perusahaan packaging ini.

Setelah menemuka konsep packing yang tepat dan sesuai denga citra modern yang ingin diciptakan, Aristo mulai mengubah kemasan produk Sale pisangnya dengan kemasan baru. Dan rupanya dalam 3 bulan penjualan kembali meningkat bahkan beberapa toko oleh-oleh yang dulunya menyamakan produk buatannya dengan sale pisang lainnya memberinya rak khusus di dalam tokonya.

Dalam 1 tahun Aristo bisa menutup hutang-hutangnya dan meningkatkan omset hingga 60 %. Menariknya, ketika kini banyak pelaku usaha sale pisang lain mencoba meniru ide brilian Aristo hasilnya tidak sesukses Aristo karena dia adalah pioneer pengemasan sale pisang modern.

Meski dari sisi produksi, produk sale Aristo tak banyak berbeda dengan produk sale lainnya, kemasan mempengaruhi bagaimana penilaian pasar terhadap produk Aristo. Untuk itu, sejak pengubahan kemasan Aristo menerapkan standar quality control yang lebih tinggi demi mengimbangi citra positif yang sudah melekat pada produk Aristo. Beliau berharap dengan standar quality yang lebih tinggi, maka konsumen tidak merasa tertipu oleh kemasan.

Inilah yang menarik dari pengaruh kemasan terhadap keberhasilan sebuah usaha. Meski harus diakui bukan satu-satunya alasan seseorang membeli, tetapi jelas memberi efek terhadap sebuah keputusan. Dan itu sebabnya kami menyarankan Anda menjalin kerjasama usaha kecil dengan perusahaan packaging. Karena dengan kerjasama ini Anda tidak hanya mendapatkan desain logo dan kemasan yang tepat untuk produk Anda, tetapi juga kepastian suplai kemasan untuk produk Anda setiap saat. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

kerjasama usaha kecil, Kerjasama usaha, peluang kerjasama usaha, peluang kerjasama, join usaha, join usaha kecil, join usaha rumahan, kerjasama usaha rumahan, kerjasama ukm, mitra usaha kecil
Kerjasama Usaha Kecil, Peran Mitra Packaging Terhadap Pelaku Bisnis UKM | Hari Murti | 4.5

Komentar :