Jenis Usaha Kecil Yang Menguntungkan Dalam Rangka Event Akhir Tahun

0
60

Sebelumnya kami sudah mengulas mengenai bisnis yang bisa Anda kembangkan pada akhir tahun dalam rangka musim liburan. Maka kali ini kita akan mencoba melihat potensi usaha kecil yang menguntungkan dalam rangka event akhir tahun.

Pada akhir tahun setidaknya ada dua momen besar yang kerap dimanfaatkan pelaku usaha sebagai kesempatan emas menghasilkan uang. Kedua momen tersebut adalah momen perayaan natal dan perayaan tahun baru. Pada kedua kesempatan ini, banyak masyarakat yang memang mengadakan perayaan khusus yang karenanya membutuhkan beberapa layanan produk dan jasa.

Jenis Usaha Kecil Yang Menguntungkan Dalam Rangka Event Akhir Tahun

Pada kedua kesempata tersebut, tersedia berbagai kesempatan menarik yang bisa Anda kembangkan menjadi sumber penghasulan tmbahan di akhir tahun. Hitung-hitung menambah bekal Anda liburan akhir tahun. Apa saja peluang usaha kecil yang menguntungkan untuk Anda jajal di masa momen perayaan akhir tahun?

  1. Usaha kue kering dan kue basah
    Sebagaimana momen lebaran, di musim menjelang natal akan banyak keluarga dan personal yang membutuhkan kue kering. Pada momen perayaan natal akan ada acara perayaan dimana keluarga akan berkumpul, banyak tamu berdatangan dan kadang ada acara perayaan komunitas yang membutuhkan sajian. Selain itu, beberapa orang juga membutuhkan parsel kue kering sebagai hantaran. Ini bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda yang mahir membuat kue kering dan kue basah. Modalnya tidak besar, karena biasanya pemesanan dilakukan beserta uang muka yang bisa membantu Anda dalam permodalan. Pemasarannya juga praktis seperti membuat promosi berupa pamphlet ke beberapa komunitas gereja dekat rumah Anda, ke perkantoran dank e tetangga Anda yang merayakan natal.
  2. Usaha kuliner
    Beberapa dari mereka yang merayakan natal akan mengadakan perjamuan besar dalam rangka perayaan dengan mengundang banyak tamu. Tentu saja tidak mudah menyediakan sajian untuk tamu yang berjumlah besar seperti ini. Kalau Anda justru terbiasa masak besar, atau mahir membuat satu jenis sajian special, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan menu khusus untuk perjamuan ini. Modalnya bisa Anda tekan dengan bantuan uang muka, jadi jelas tidak memberatkan.
  3. Event organizer
    Beberapa pihak kadang ingin menyelenggarakan perayaan besar pada momen natal atau tahun baru dengan sebuah event besar. Bukan sekedar perjamuan, tetapi acara musik besar lengkap dengan beberapa bintang tamu dan perayaan yang meriah. Anda bisa menjajal bisnis event organizer bila memang Anda cukup mahir dalam urusan persiapan acara yang rumit semacam ini. Pastikan pula Anda memang memiliki jaringan pertemanan dan kolega yang cukup memadai untuk memfasilitasi jasa Anda ini. Kalau Anda ragu untuk event berskala besar, Anda bisa memilih event kecil-kecilan seperti perayaan natal sekolah atau perayaan tahun baru kalangan muda di kota Anda.
  4. Berjualan ikan, barbeque dan jagung
    Akhir tahun selalu sayang bila dilewatkan begitu saja. Banyak yang memilih untuk mengadakan acara berbaque sederhana di halaman rumah bersama keluarga dan kerabat. Tradisi seru ini angan Anda lewatkan begitu saja tanpa membaca potensi yang bisa Anda dapatkan untuk menghasilkan uang. Misalkan dengan memborong ikan, sosis dan jagung di pasar kemudian menjualnya ke masyarakat di dekat rumah Anda menjelang malam tahun baru. Dijamin dengan harga yang Anda naikan sedikit sekalipun barang dagangan Anda tetap laku keras.
  5. Jasa pembuatan parsel
    Sama halnya dengan lebaran, dimana permintaan untuk produk hantaran dan parsel meningkat drastis, maka di musim menjelang natal, Anda juga bisa mendulang untung besar dari bisnis parsel. Menarik sekali bisnis satu ini karena Anda bisa saja membuat berdasar pesanan sehingga tidak harus repot menyediakan modal besar di awal. Anda juga melemparkan penawaran dengan mudah cukup dengan mengandalkan jaringan pertemanan Anda bai secra offline ataupun online. Kadang Anda juga mendatangi komunitas gereja, komunitas pengusaha kelas menengah untuk mendapatkan pasar. Tambahkan jasa pengantaran parsel untuk hasil lebih optimal.
  6. Jasa dekorasi rumah
    Beberapa orang ingin merayakan natal dengan nuansa dan dekorasi yang khusus, biasanya juga terkait dengan kegiatan perjamuan yang akan mereka adakan dalam rangka perayaan natal. Anda bisa menawarkan jasa dekorasi dan penataan rumah dalam nuansa natal. Penawaran ini bisa Anda lemparkan ke komunitas gereja atau kalangan masyarakat ekonomi menengah atas. Modanya juga terhitung ringan karena biasanya Anda dapat menarik uang muka dulu dari konsumen.

Baca juga : Bisnis Waralaba Modal Kecil Bakso Celup Gaya Take Away

Demikian tadi 6 jenis usaha kecil yang menguntungkan dari momen perayaan natal dan tahun baru di akhir tahun. Ternyata di akhir tahun seperti sekarang, ada saja kesempatan emas yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk Anda.

Sumber gambar : www.seniorlifestyle.com

usaha sukses awal tahun, jenis event yang dapat menghasilkan uang, event yang pilihan menguntungkan, event yang menarik untuk usaha kecil, event menguntungkan, event kecil yg sukses, contoh acara event yang tidak memerlukan biaya banyak tetapi menguntungkan banyak, bisnis kecil untuk tahun baru, bisnis akhir tahun yang laris, acara kecil kecilan menarik
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY