Jenis Aset Investasi Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Aset Investasi Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Aset Investasi Yang Harus Anda Ketahui

Investasi sangat penting dalam mengelola kekayaan dan mendapatkan profit yang lebih banyak lagi dan terus berkembang. Berbagai jenis investasi bisa anda terapkan, seperti reksadana, obligasi ritel Indonesia, deposito, emas, properti dan lain sebagainya. Berbagai pilihan investasi mempunyai keuntungan dan risiko masing-masing. Jadi anda harus memahami dengan baik, sebelum menekuni investasi tertentu.

Jenis Aset Investasi

Setidaknya ada empat jenis aset investasi yang bisa anda temukan. Potensi keuntungan dan risiko sangat beragam. Berikut ini jenis aset investasi yang bisa anda pilih, guna mengoptimalkan keuntungan anda.

Tunai atau kas. Uang anda bisa diinvestasikan pada sebuah lembaga keuangan atau bank. Bentuk investasi uang tunai anda bisa berupa reksadana pasar uang, deposito atau tabungan. Potensi keuangan yang bisa anda raih umumnya tidak melebihi 6 persen setiap tahunnya. Tapi jenis investasi ini memiliki risiko yang terbilang sangat kecil.

Pendapatan tetap. Aset finansial bisa mendatangkan pendapatan atau keuntungan tetap. Pendapatan ini ini bisa anda dapatkan setiap bulan atau setiap tahunnya. Biasanya jenis investasi ini berupa reksadana pendapatan tetap dan obligasi atau surat utang. Prosentase pendapatan sangat tergantung dari perkembangan pasar. Besaran prosentasi bisa mencapai 10 persen setiap tahunnya.

Saham. Surat saham merupakan bukti kepemilikan terhadap sebuah perusahaan. Jenis saham terbagi menjadi dua, yaitu saham perusahaan tertutup dan saham perusahaan terbuka. Saham perusahaan tertutup, misalkan anda mempunyai bisnis waralaba atau usaha home industry. Sedangkan saham perusahaan terbuka bisa berupa saham Blue Chips yang memiliki saham lapis kedua dan nilai kapitalisasi pasar yang besar. Berkaitan dengan kelas aset saham, anda bisa menjumpai beragam bentuk investasi reksadana saham, reksadana campuran dan saham biasa. Jenis investasi ini bisa mendatangkan prosentase keuntungan yang besar. Sayangnya, risiko investasi ini terbilang sangat tinggi.

Aset fisik. Jenis investasi ini biasa dilakukanoleh semua kalangan masyarakat. Bentuk investasi ini berupa properti, batu permata, emas dan lain sebagainya. Investasi ini berbeda dari investasi lainnya, karena anda memegang barangnya secara fisik. Potensi keuntungan dan risiko tergantung dari bentuk investasi yang anda lakukan. Anda harus memastikan tempat penyimpanan aman, karena tindakan kriminalitas atau bencana alam bisa menghilangkan kekayaan anda ini.

Memilih Jenis Investasi Terbaik

Semua jenis investasi menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara terbaik yang harus anda lakukan adalah mempelajari dengan baik segala pilihan bentuk investasi tersebut. Memahaminya lebih dalam mengenai seluk beluk investasi, bisa mengoptimalkan keuntungan investasi anda. Jangan tergesa-gesa dalam memilih investasi, sehingga anda tidak menderita kerugian besar. Konsultasikan kepada pihak yang berkompeten sebelum anda menanamkan investasi. Terutama pada investasi yang berisiko besar. Belajarlah dari investasi bernilai lebih kecil sambil belajar. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

aset kecil, cara memilih aset usaha dengan modal kecil, contoh aset kecil kecilan, jenis jenis kelas aset
Jenis Aset Investasi Yang Harus Anda Ketahui | Hari Murti | 4.5

Komentar :