Jasa Jemputan Anak Sekolah Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jasa Jemputan Anak Sekolah Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jasa Jemputan Anak Sekolah Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Ketika semakin banyak orang tua sibuk yang harus berkejaran dengan padatnya lalu lintas di pagi hari, para orang tua tidak lagi punya waktu untuk mengantarkan anak mereka berangkat sekolah. Kondisi ini jelas menjadi sebuah peluang besar bagi Anda, sebagai bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

Apalagi bila Anda sudah memiliki kendaraan mobil ukuran besar di rumah Anda. Dari pada mobil Anda hanya menganggur di tiap harinya dalam garasi, kenapa tidak Anda jadikan sumber penghasilan tambahan. Bahkan Anda tidak mutlak harus mengendarai sendiri kendaraan jemputan milik Anda, karena Anda juga bisa merekruit tenaga supir. Anda hanya cukup mengelola keuangan dan manajemennya saja.

Menariknya, ternyata saat ini permintaan untuk jasa jemputan anak sekolah ini semakin meningkat. Bahkan banyak anak-anak yang kehabisan jatah jemputan sehingga peluang Anda semakin besar. Terutama untuk Anda yang berlokasi di kota besar, dengan tingkat kesibukan orang tua yang tinggi dan jumlah sekolah yang lebih besar.

Untuk memulai usaha ini, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Survei pasar
    Jangan pernah memasuki sebuah peluang usaha baru tanpa Anda mengawalinya dengan survey pasar. Karena survey ini akan memberikan Anda gambaran soal usaha yang akan Anda jalankan. Dalam hal ini survey ini bertujuan untuk mencari tau sekolah-sekolah mana yang masih membutuhkan jasa jemputan tambahan, harga rata-rata yang sudah menjadi standar di sekolah tersebut dan tentu saja karakter anak yang akan Anda layani.
  2. Mencari tenaga supir
    Sebagai ibu rumah tangga, menjalankan sendiri kendaraan jemputan mungkin tidak sepenuhnya tepat dan nyaman untuk Anda. Jadi Anda bisa merekruit tenaga supir. Pilihlah tenaga supir yang tidak hanya pandai berkendara, tetapi juga memahami masalah mesin kendaraan, cukup sabar dengan anak-anak dan tentu saja jujur. Anda tidak ingin dituntut oleh orang tua karena ulah supir Anda kan? Ada baiknya Anda sudah mengenal baik supir ini dan mengetahui rumah tinggal dan keluarganya.
  3. Siapkan kendaraan
    Sebenarnya bisnis rumahan ibu rumah tangga ini sebaiknya Anda jalankan bila Anda sudah memiliki kendaraan sendiri. Karena bila belum maka modal Anda cukup besar, setidaknya Anda membutuhkan 100 juta – 300 jutaan untuk sebuah kendaraan skala SUV. Tetapi bila memang Anda belum memiliki kendaraan, Anda bisa mencoba survey sistem kredit kendaraan yang banyak tersedia di dealer dan bank-bank untuk mendapatkan cicilan yang cocok dengan hasil bulanan yang Anda asumsikan dari usaha ini. Ada baiknya pula Anda kondisikan mobil sebaik mungkin untuk penggunaan anak-anak, mulai dari jok yang tahan air, kursi yang lega sehingga bisa diduduki lebih banyak anak dan mesin yang sehat pastinya.
  4. Modal awal
    Untuk mengawali usaha ini, modal awal Anda sebenarnya relatif kecil. Anda hanya membutuhkan modal kerja untuk bahan bakar dan perawatan mesin selama 1 bulan dan biaya promosi. Total kebutuhan Anda hanya berkisar 2,5 juta. Ini karena pada bulan pertama Anda belum memperoleh pendapatan, sehingga harus menyediakan sendiri dana untuk operasional bulan pertama.
  5. Pemasaran
    Untuk memasarkan jasa Anda ini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolah dengan sistem bagi hasil atau penyebaran brosur dan kartu nama ketika pembagian rapot atau saat rapat orang tua murid di sekolah.
  6. Strategi khusus
    1. Jalin kerjasama dengan pihak sekolah tidak hanya sebagai media promosi, tetapi untuk tetap mendapat update informasi mengenai jadwal-jadwal di sekolah, seperti hari libur khusus, jadwal pulang cepat atau aktivitas khusus lain. Kadang pihak sekolah juga bisa menjadi konsumen Anda dengan menggunakan jasa Anda di luar jam berangkat dan pulang sekolah untuk jasa pengantaran tugas guru dan sebagainya.
    2. Lakukan survey awal untuk setiap pelanggan baru untuk mengetahui pasti lokasi rumah tiap pelanggan baru, ini demi menghindari keterlambatan penjemputan dan pengantaran.
    3. Tawarkan jasa lain seperti pengantaran kursus anak di sore hari
    4. Operasional usaha
      Setelah semua persiapan sudah siap, Anda tinggal menjalankan usaha Anda. Mulai dari tahap promosi hingga tahap operasi. Berikut ini adalah gambaran biaya operasional dan laba rugi yang diestimasikan untuk usaha ini. Modal Awal
      Perombakan kendaraan                                               Rp 3.000.000

      Biaya Promosi                                                            Rp    500.000
      Modal kerja awal                                                         Rp 2.000.000 TOTAL                                                                   Rp 5.500.000Modal kerja
      Bahan bakar                                                       Rp 1.600.000
      Supir                                                                 Rp    800.000
      Perawatan kendaraan                                          Rp    400.000
      Lain-lain                                                             Rp    100.000

      TOTAL                                                                   Rp 2.900.000

      Pendapatan (15 anak x 350 ribu)               Rp 5.250.000

      Laba                                                                       Rp 2.350.000      

Demikian tadi informasi mengenai bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa  Anda. Para ibu rumah tangga yang ingin fokus dengan aktivitas rumah tangga, bisa memiliki hasil sampingan dengan menjalankan usaha jasa jemputan sekolah ini, bahkan tanpa harus meninggalkan rumah. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

jemputan, mobil jemputan, jemputan sekolah, Mobil cocok untuk jemputan, loker rumahan mengantar anak, loker abodemen anak sekolah, cara usaha menjadi jemputan anak sekolah, bisnis mobil jemputan sekolah, sekolahan yg mmbutuhkan jasa jmputan, bisnis di rumah untuk anak sekolah
Jasa Jemputan Anak Sekolah Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga | Hari Murti | 4.5

Komentar :