Investasi Dan Menabung Apa Bedanya ?

 

Investasi dan Menabung Apa Bedanya

Investasi dan Menabung Apa Bedanya

Menabung dan investasi jelas tidak sama, menabung pada dahulunya dilakukan di mana saja, seperti di celengan, tetapi karena faktor keamanan dan adanya bunga, orang cenderung menyimpan uang di bank.

Memang jika diperhatikan bunga tabungan di bank sampai 1-3% setahun, tetapi setiap tahun harga barang selalu naik, secara tidak sadar uang Anda telah berkurang nilainya.

Bagaimana dengan investasi ?, investasi secara sederhana diartikan sebagai modal persiapan untuk bisa hidup senang hari ini, besok dan dan nanti. Bisa berbentuk saham, obligasi, reksadan, properti, logam mulia atau lainnya.

Investasi mengikuti kenaikan nilai uang seiring berjalannya waktu, sehingga memberikan keuntungan bagi Anda.  Uang yang bertambah dalam investasi disebut sebagai aset.

Tabungan memiliki ciri-ciri :

  1. Lebih banyak diperuntukkan untuk jangka pendek
  2. Pertumbuhan nilai aset lambat
  3. Minim resiko atau hampir tidak beresiko

Sedangkan investasi memiliki ciri-ciri :

  1. Banyak diperuntukkan untuk kepentingan jangka panjang. Investasi tidak digunakan untuk kepentingan mendadak atau untuk jaga-jaga.
  2. Pertumbuhan atau penambahan nilai aset lebih cepat.
  3. Lebih beresiko tetapi dapat memberikan banyak uang

Pilih Menabung atau Investasi

Pada umumnya menabung hanya untuk berjaga-jaga dari masalah keuangan yang menimpa suatu saat. Menabung lebih aman daripada investasi, hampir tidak punya risiko kehilangan uang. Jika Anda investasi, jangan berinvestasi 100 persen dana yang Anda punya, cukup 50-60 persen saja. Karena jika gagal mencapai hasil dari investasi, Anda masih memiliki sisa tabungan. Setiap investasi pasti memiliki risiko, terkadang gagal, terkadang sukses besar. (fitriyantoahdan.blogspot.com, ilmu-investasi.com, danareksaonline.com)

Investasi Dan Menabung Apa Bedanya ? | Hari Murti | 4.5

Komentar :