Inilah 6 Jurus Jitu Untuk Memaksimalkan Potensi Dari Bisnis Tiket Online

Inilah 6 Jurus Jitu Untuk Memaksimalkan Potensi Dari Bisnis Tiket Online

Inilah 6 Jurus Jitu Untuk Memaksimalkan Potensi Dari Bisnis Tiket Online

Ketika bisnis tiket online dan akses internet sudah bukan lagi menjadi barang mewah dan ketika semua orang dengan mudahnya melakukan akses internet bahkan ketika Anda berada di tengah pulau terpencil sekalipun, rasanya memang dunia akan berubah menjadi serba digital dan serba internet.

Orang menjadi malah mengantri, bahkan beranjak pergi sekedar untuk membeli dan berbelanja, termasuk membeli tiket. Apalagi kini peluang bisnis tiket online sudah bukan lagi hal asing di dunia maya. Malah tampaknya usaha serupa ini sudah menjadi trend baru yang menciptakan fenomena bisnis tersendiri. Ketika dengan mudahnya orang membuka usaha dan bisnis tiket online dan akhirnya persaingan menjadi demikian ketat.

Bagaimana harus bertahan bila persaingan sudah demikian ketat? Apa ada sejumlah kiat khusus untuk bisa memenangkan pertarungan dan mendapatkan porsi kue konsumen yang mencukupi untuk Anda meraih keuntungan yang cukup potensial?

Tidak mudah memang bertahan di tengah persaingan ketat, apalagi sampai ingin untung besar. Menjadi sama saja jelas bukan jawabanya. Apakah itu artinya menjadi berbeda pasti berhasil? Belum tentu juga, karena kadang pasar tidak selalu mentoleransi perbedaan yang berlebihan. Lalu seperti apa seharusnya untuk bertahan dalam persaingan bisnis tiket online?

  1. Gunakan brand Anda sendiri
    Kebanyakan orang menggunakan brand dari franchise yang dijalankannya, meski cara ini isatu sisi bisa membuat usahanya Anda lebih cepat di cari orang, tetapi kebanyakan konsumen masuk ke dalam website penawaran Anda tak lebih hanya karena terkecoh dengan nama Anda yang sama dengan penjualan tiket lain yang menjadi induk semang Anda. Bangun brand Anda sendiri dan buat namanya dikenal dengan baik di pasar ketimbang bergantung pada brand lain.
  2. Jangan ragu promosi offline
    Merasa sudah asyik berkecimpung dalam bisnis online,Anda lupa kekuatan promosi konvensional dengan cara offline. Siapa bilang cara ini tidak lagi penting? Kadang sempatkan diri Anda menyebarkan brosur ke kelompok tertentu yang memiliki mobilitas berkendaraan umum antar kotanya cukup tinggi. Misalkan saja ke perkantoran atau ke komunitas pebisnis.
  3. Berikan penawaran menguntungkan
    Konsumen Anda memang membeli tiket pada Anda bukan untuk mencari keuntungan, tetapi mendapatkan tiket dengan harga yang sesuai. Hanya saja kalau dengan membei tiket pada Anda , mereka bisa mendapatkan keuntungan kenapa tidak? Sudah pasti mereka mempertimbangkan lebih jauh untuk lebih memilih menjadi pelanggan tetap Anda. Misalkan saja dengan memberikan diskon khusus untuk pembelian tiket ke 5 dalam 2 bulan. Atau ide potongan harga untuk konsumen yang sukses mengajak konsumen lain datang menjadi pelanggan Anda.
  4. Aktif dalam komunitas
    Anda adalah pengusaha dan cobalah menjadikan diri Anda bagian dari komunitas tersebut. Buat mereka mengenal Anda secara pribadi dan secara professional. Jangan tenggelam dibalik laptop saja karena itu juga bisa jadi menenggelamkan bisnis Anda. Bukan tidak mungkin dari hubungan rekanan macam ini mereka akhirnya menjai pelanggan Anda bahkan juga merekomendasikan bisnis tiket online Anda ke konsumen mereka. Justru semakin baik kalau Anda masuk dalam komunitas pebisinis yang heterogen, karena di sini Anda mencari konsumen bukan rekan atau partner bukan?
  5. Utamakan kepuasan konsumen
    Salah satu kesalahan klasik dalam banyak usaha tak terikat pada bisnis tiket online saja adalah kadang Anda melupaka unsur kepuasan. Jadi berikan yang terbaik dengan tulus dan biarkan konsumen yang puas atas layanan Anda menjadi mesin promosi Anda sendiri. Rasanya klise memang, bahkan mungkin terlalu klasik. Tetapi buktikan sendiri bagaimana nasehat bisnis klasik ini masih berlaku hingga detik ini.
  6. Perhatian pada konsumen lama
    Anda mungkin sudah mulai memiliki pelanggan tetap yang terus menjadi konsumen Anda dalam jangka panjang, berikan mereka penghargaan untuk kesetiaan mereka. Anda bisa mulai dengan diam-diam mencatat alamat dan tanggal ulang tahun mereka. Dan berikan mereka voucher potongan tepat di hari ulang tahunnya yang memiliki masa berlaku selama beberapa bulan. Meski hanya potongan kecil, perhatian kecil Anda bisa memberi efek positif terhadap pelanggan tetap Anda.

Itu hanya beberapa ide yang cukup jitu dalam memaksimalkan hasil untuk bisnis tiket online yang Anda jalankan. Bukankah memberikan yang terbaik dengan tulus pada konsumen Anda akan memberikan hasil lebih baik? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

maksimalkan potensi usaha
Inilah 6 Jurus Jitu Untuk Memaksimalkan Potensi Dari Bisnis Tiket Online | Hari Murti | 4.5

Komentar :