Ini Dia Usaha Yang Bisa Anda Kembangkan Menjadi Peluang Usaha Agrobisnis

Ini Dia Usaha Yang Bisa Anda Kembangkan Menjadi Peluang Usaha Agrobisnis

Ini Dia Usaha Yang Bisa Anda Kembangkan Menjadi Peluang Usaha Agrobisnis

Sudah menjadi kodratnya Indonesia untuk menjalankan dan mengembangkan dunia bisnis agro. Bukankah Indonesia sendiri memang sudah menobatkan diri sebagai negara agraris, dan nyatanya kita memang dikelilingi jutaan hektar lahan subur yang belum tergarap dengan optimal dan peluang usaha agrobisnis pun masih terbuka sangat lebar.

Jadi kenapa harus ragu untuk kembali menggarap peluang usaha agrobisnis? Padahal modal sudah ada di tangan. Anda bisa mengembangkan beragam usaha terkait agrobisnis seperti pertanian, peternakan dan perikanan

Terutama bila Anda berniat menemuni pertanian. Sebagaimana diketahui, begitu mudahnya menemukan lahan subur dengan harga beli dan sewa yang sangat terjangkau. Ditambah lagi dengan mudahnya kita untuk mendapatkan komoditas agro yang layak jual dan di kembangkan sebagai peluang usaha agrobisnis potensial. Dan banyak dari komoditas ini masuk dalam list produk pertanian engan permintaan tinggi di dunia.

Sayangnya meski faktanya demikian baik dan menggiurkan, masih banyak pelaku usaha yang enggan terjun dalam dunia agro. Asumsi bahwa peluang usaha agrobisnis selalu terkait dengan cangkul dan bajak membuat banyak orang enggan dan memilih bisnis yang di rasa bersih dari tanah dan lumpur.

Sebenarnya kalau Anda pikirkan lebih dalam, apa salahnya berlumpur-lumpur dan berkotor-kotor bila hasilnya jelas memuaskan? Banyak sekali pelaku usaha agro yang kini mencicipi rasanya menjadi milyarder, sebut saja Bob Sadino atau Amran Sulaiman.

Dan sebenarnya tidak semua bisnis terkait dengan peluang usaha agrobisnis lantas mutlak bekerja dalam lumpur dan tanah. Tergantung bidang agro apa yang Anda geluti. Dan demi membuka wacana Anda, berikut ini beberapa potensi dan peluang usaha agrobisnis yang bisa Anda kembangkan.

  1. Usaha persewaan lahan
    Ada banyak pemilik lahan yang tidak sanggup menggarap lahan suburnya sehingga akhirnya menyewakan lahan tersebut sebagai lahan produktif kepada penggarap lain. Pemilik lahan 100% tidak ikut campur dalam proses penggarapan selama status tanah disewa. Tetapi pemilik tanah berhak atas keuntungan dari sewa tanah tersebut.
  2. Usaha bibit dan benih
    Untuk menanam padi, seorang petani membutuhkan benih padi kualitas baik untuk disemai dan kemudian di tanam, begitupun bila Anda menjalankan usaha perkebunan lain seperti usaha kayu jabon, usaha penanaman buah jeruk, buah durian dan sebagainya. Menariknya usaha satu ini bisa panen lebih cepat karena Anda hanya menjual produk hingga proses bibit yang tidak akan memakan waktu lama sebagaimana proses panen.
  3. Usaha perkebunan
    Selama ini usaha agro kerap diidentikan dengan usaha perkebunan. Usaha yang terkait dengan proses penanaman, perawatan hingga panen. Tidak salah karena aktivitas usaha satu ini memang yang paling besar porsinya dalam aktivitas agrobisnis. Dan tentu saja hasilnya juga termasuk yang paling menggiurkan.
  4. Usaha perdagangan
    Segala aktivitas memasok, mengepul, memborong dan menjual kembali termasuk dalam aktivitas perdagangan. Petani biasanya tidak berurusan dengan urusan penjualan produk ke pasar, mereka hanya berurusan dengan pihak koperasi atau pengepul untuk menjual produk mereka. Justru pedagang besar inilah yang nantinya mengumpulkan produk dari banyak petani dan menyuplai pasar. Beberapa usaha perdagangan ini juga terkait dengan suplai ke supermarket hingga bisnis eksportir sayuran dan buah. Hal ini membuat usaha perdagangan erat kaitannya dengan jasa pengemasan sayur dan buah.
  5. Penyalur pupuk, vitamin dan pestisida
    Dalam proses perawatan tanaman produksi, Anda membutuhkan asupan pupuk, vitamin dan pestisida untuk menjamin tanaman tersebut tumbuh dengan sehat dan hasil panen optimal. Di sini diperlukan suplai pupuk, vitamin dan pestisida yang memadai untuk memenuhi kebutuhan secara tepat waktu. Inilah peran yang bisa Anda jadikan peluang usaha agrobisnis untuk Anda.
  6. Usaha transportasi
    Kadang penyalur kesulitan untuk mengangku hasil bumi ini dari pusat pengepulan menuju pasar, karena itulah diperlukan jasa transportasi untuk kebutuhan ini. Anda bisa memasuki lahan usaha ini dengan menyediakan truk ukuran sedang beberapa buah sebagai media angkutan hasil bumi ke pasar atau ke pabrik pengolahan.
  7. Usaha pengolahan hasil bumi
    Pasar memang menerima produk hasil bumi dalam kondisi mentah seperti aneka sayuran, buah, bumbu dan sebagainya. Tetapi pasar juga membutuhkan produk olahan hasil bumi ini sehingga lebih efisien untuk mereka konsumsi. Jadilah beragam produk macam aneka jenis minyak goreng, margarine, kecap, termasuk pula aneka jenis bumbu siap pakai kemasan, sambal kemasan, keripik buah dan sayur sampai suplemen dari ekstrak sayuran dan buah.

Itu tadi 6 jenis peluang usaha agrobisnis yang bisa Anda kembangkan. Seperti tadi kami sampaikan tidak selamanya usaha agro selalu terkait dengan urusan tanah dan lumpur, bahkan Anda bisa bertandang ke berbagai negara berkat usaha eksportir agro Anda. Dan dari sekian pilihan, mana yang sesuai dengan minat bisnis Anda? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha yang bisa di kembangkan, usaha yang dapat di kembangkan, peluang usaha yang bisa dikembangkan, peluang yang bisa di kembangkan, peluang bisnis yang bisa kita kembangkan, milyader dari sayuran, menanam apasaja yg bisa jadi milyader, kembangkan usaha, usaha yg kita kembangkan di bidang jasa dan perdagangan, jenis usaha yg bisa d kembangkan
Ini Dia Usaha Yang Bisa Anda Kembangkan Menjadi Peluang Usaha Agrobisnis | Hari Murti | 4.5

Komentar :