Ini Dia Usaha Sampingan Yang Menguntungkan, Usaha Kolam Pemancingan

Ini Dia Usaha Sampingan Yang Menguntungkan, Usaha Kolam Pemancingan

Ini Dia Usaha Sampingan Yang Menguntungkan, Usaha Kolam Pemancingan

Sekali lagi kami akan mengulas mengenai usaha sampingan yang menguntungkan. Usaha sampingan yang cocok untuk Anda yang sudah memilih profesi utama dan enggan melepas karier tersebut, namun berhasrat mengembangkan usaha yang memberikan prospek cerah bagi pundi uang Anda.

Kali ini bahasan kami mengenai usaha kolam pemancingan. Menilik beberapa pelaku usaha kolam pemancingan rupanya adalah para pelaku usaha sampingan, dengan profesi utama di kalangan professional seperti dokter, pengacara, arsitek hingga DPRD bahkan PNS. Maka jelas sekali kalau usaha sampingan yang menguntungkan ini banyak menjadi pilihan para pelaku professional yang ingin menambah sumber penghasilan tanpa meninggalkan karier mereka.

Alasan menjadikan usaha kolam pemancingan sebagai alternatif usaha sampingan karena untuk mengelola usaha ini tergolong ringan. Anda tetap membutuhkan beberapa karywan yang bertugas mengelola operasional kolam. Sedang Anda di sini sebagai pemilik yang secara berkala datang dan mengecek setiap lini operasional tanpa perlu selalu berada di lokasi.

Untuk memulai bisnis ini Anda memang membutuhkan modal sedikit lebih besar. Setidaknya untuk menyediakan lahan yang sebaiknya adalah bekas sawah dengan pertimbangan ekosistemnya sudah terbentuk. Jadi proses adaptasi ikan lebih cepat. Tapi biaya pembuatan kolam terhitung miring cukup 1 -2 juta saja sudah bisa membangun beberapa kolam standar.

Yang biasanya relatif memberatkan adalah ketika Anda harus membangun bale-bale dan pondok-pondok untuk mendukung usaha pemancingan ini. Setidaknya dengan kehadiran bale-bale dan pondokan bisa membuat para pemancing merasa nyaman dan betah. Rata-rata pelaku usaha pemancingan mengaku bisa mengghabiskan dana sekitar 10 juta bahkan sampai di angka 200 juta tergantung model yang Anda buat.

Biasanya angka 200 jutaan muncul ketika Anda membangun kolam pemancingan galatama yang memang dikhususkan untuk perlombaan. Anda perlu menyediakan kolam dengan kedalaman yang lebih, bale-bale dengan desain yang lebih nyaman dan tentu saja ikan-ikan dalam ukuran super besar.

Keuntungan membangun kolam galatama biasanya lebih besar karena hanya penggemar saja yang tertarik mengikuti lomba pancing macam ini dan tentu saja butuh modal besar untuk memenuhi perangkatnya. Jadi Anda bisa menarik tariff lebih tinggi karena toh daya beli mereka juga lebih besar. Apalagi mengingat biaya perawatan ikan standar galatama tentu saja lebih besar, karena tubuh mereka yang lebih besar membutuhkan pakan lebih banyak.

Bagaimana dengan sistem operasionalnya? Untuk menjalankan usaha kolam pemancingan macam ini, Anda memerlukan setidanya 2 orang untuk mengelola satu kolam standar. Maka kalau Anda memiliki 4 kolam maka idealnya Anda juga memiliki 8 orang tenaga.

Tenaga kerja ini bekerja untuk memastikan kebersihan kolam dan sekitarnya, termasuk bale-bale. Juga termasuk memastikan suplai pakan ikan,pemberian vitamin dan obat anti jamur sehingga ikan dalam kolam dalam keadaan sehat. tetapi karena kadang ada pencuri ikan di kolam ada bainya Anda memang tetap menyediakan tenaga keamanan di malam hari.

Pekerjaan perawatan kolam terbilang tidak terlalu rumit tidak heran banyak pelaku usaha full time mengerjakanya sendiri kadang tanpa asisten atau dengan sedikit asisten. Jadi memang masuk akal kalau usaha ini termasuk dalam usaha sampingan karena dengan mudah Anda sambi dengan pekerjaan Anda yang lain.

Kini kita akan beranjak pada bahasan mengenai bagaimana sebenarnya potensi usaha ini sampai layak disebut dengan usaha sampingan yang menguntungkan?

Seorang pelaku usaha kolam pemancingan dengan konsep sederhana bermodal 4 juta dengan 2 kolam mengaku dalam sehari bisa mendapat setidaknya 30 orang pemancing dengan tariff 10 ribu. Maka artinya dalam sehari omsetnya mencapai 300 ribu atau sama dengan 9 juta perbulan.

Sementara pemilik usaha kolam galatama dengan 8 kolam termasuk kolam galatama yang mengaku mengeluarkan dana tak kurang dari 270 juta bisa membukukan keuntungan bersih hingga 30 juta perbulan . Angka yang fantastis untuk sebuah usaha sampingan bukan?

Bagaimana menurut Anda gambaran kami soal usaha sampingan yang menguntungkan ini? Apakah sudah sesuai dengan hasrat bisnis yang Anda pendam? Anda bisa menjalankan usaha sampingan yang mungkin juga menarik minat Anda, menguntungkan secara nyata dan tentu saja sederhana pengelolaanya. Bukankah itu sebuah impian bagi Anda? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

desain kolam pemancingan, usaha pemancingan, kolam pemancingan, bisnis pemancingan, analisa usaha kolam pemancingan, games, usaha kolam pemancingan, usaha pemancingan galatama, modal usaha pemancingan, cara buka usaha pemancingan
Ini Dia Usaha Sampingan Yang Menguntungkan, Usaha Kolam Pemancingan | Hari Murti | 4.5

Komentar :