Ini Dia Usaha Jasa Yang Menguntungkan, Usaha Cuci Helm Yang Lagi Booming

Ini Dia Usaha Jasa Yang Menguntungkan, Usaha Cuci Helm Yang Lagi Booming

Ini Dia Usaha Jasa Yang Menguntungkan, Usaha Cuci Helm Yang Lagi Booming

Setiap tahun pertumbuhan pengguna kendaraan motor roda dua semakin tinggi. Tidak perlu kaget kalau dalam satu keluarga dengan 4 orang di dalamnya, maka akan memiliki 4 buah sepeda motor. Tingginya penggunaan sepeda motor di Indonesia jelas menjadi peluang usaha jasa yang menguntungkan tersendiri di dunia bisnis.

Bukan sekedar bisnis jual beli motor saja yang mendapatkan imbas menguntungkan dari fenomena ini. Tetapi beberapa usaha jasa yang menguntungkan bisa Anda kembangkan dari tingginya penggunaan sepeda motor di Indonesia.

Beberapa pilihan usaha jasa yang menguntungkan dari fenomena penggunaan sepeda motor yang tinggi ini adalah usaha perbengkelan, usaha pencucian motor dan terakhir adalah model usaha jasa baru, usaha pencucian helm.

Sudah pasti mereka yang memiliki motor pasti juga memiliki helm. Begitu seringnya helm digunakan di tenah terik matahari, udara panas dan kadang malah tertimpa hujan membuat helm mengeluarkan aroma tidak sedap dan kotor.

Kebanyakan orang memilih secara rutin mengganti helmnya, namun semenjak adanya aturan untuk menggunakan helm dengan SNI yang boleh dikatakan relatif tinggi harganya, rasanya mengganti helm yang sebenarnya masih cukup baik kondisinya hanya karena sudah bau mungkin menjadi sebuah langkah pemborosan.

Terbit dari pemikiran ini muncul ide unik untuk mengadakan usaha jasa pencucian helm. Hanya saja model dan desain helm memang cukup menyulitkan untuk Anda cuci begitu saja tanpa teknik khusus. Salah-salah justru bukanya bersih, helm mengeluarkan aroma tidak sedap karena apek efek dari proses pencucian yang tidak kering bahkan juga gatal karena jamur efek dari spons dalam yang masih lembab.

Itulah sebabnya usaha jasa pencucian helm ini cukup potensial. Berbeda dengan pencucian motor, dimana pemilik motor sebenarnya masih sangat mungkin mencuci sendiri motornya tanpa kesulitan, maka sebenarnya dalam kasus pencucian helm, konsume kerap kali sebenarnya tidak tau bagaimana cara pencucian helm.

Jadi mau tidak mau akan menggunaka jasa pencucian helm daripada mengerjakannya sendiri. Biasanya jasa pencucian helm juga relatif dikenakan harga yang cukup masuk akal,sekitar 10 ribu sampai 20 ribuan. Harga erat kaitannya dengan model helm.

Kini, yang menjadi masalah tentunya adalah bagaimana cara menjalankan usaha jasa yang menguntungkan ini? Terutama bagaimana sebenarnya cara mencuci helm yang tepat dan benar dan sesuai dengan harapan konsumen?

Modal utama Anda adalah sebuah mesin cuci helm dengan biaya pembelian sekitar 15 juta. Mesin ini adalah alat yang paling tepat dalam mencuci helm dengan baik dengan hasil memuaskan, bersih sekaligus tidak apek.

Mesin pencuci helm biasanya terdiri dari tiga fungsi yang terkoordinasi dalam satu bentuk, fungsi pencucian, fungsi penyaringan dan fungsi pengeringan. Proses cuci ini akan mengangkat kotoran pada sisi luar helm sekaligus pada sisi dalam busa helm. Itu sebabnya diperlukan tahapan penyaringan dan pengeringan yang cermat karena diharapkan tidak ada lagi sisa kelembaban pada sisi dalam helm.

Menurut salah seorang pengelola pencucian helm di kota Yogyakarta, di luar biaya pembelian mesin pencucia helm, Anda membutuhkan biaya sewa tempat yang biasanya berkisar 5 juta sampai 20 juta tergantung lokasi dan luas area.

Tapi untuk efektifitas biasanya pelaku usaha pencucian helm membuka usaha mereka bekerjasama dengan usaha pencucian motor atau justru usaha parkir motor. Kerjasama lokasi ini selain membantu meringankan biaya sewa ruang usaha juga membantu sekali dalam mendongkrak jumlah konsumen.

Kembali ke masalah biaya, untuk operasional, sebuah usahajasa pencucian helm setiap bulannya akan mengeluarkan biaya sabun, cleanser, dan cairan khusus untuk pengkilap helm. Ini tentu di luar biaya tenaga kerja. Untuk melayani setidaknya sekitar 30 – 50 konsumen setiap harinya, Anda akan mengeluarkan dana sekitar 8 jutaan setiap bulan.

Bagaimana dengan keuntungannya? Bila dalam sehari Anda melayani setidaknya 40 helm, maka dalam satu hari omset Anda kurang lebih sekitar 500 ribu. Maka dalam satu bulan Anda bisa membukukan utuk tak kurang dari 7 juta. Maka dalam tempo sekitar 4 bulan, Anda sudah bisa balik modal.

Bukankah layak usaha pencucian motor ini Anda lirik sebagai usaha jasa yang menguntungkan? Dengan kecepatan balik modal yang cukup menggiurkan. Bayangka kalau Anda membuka usaha jasa ini di daerah yang sama sekali belum ada pesaingnya. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

membuka usaha pencucian helm, Peluang usaha cuci helm, prospek usaha jasa cuci helm, stp jasa pencucian helm, usaha cuci helm 2016, usaha jasa penyucian
Ini Dia Usaha Jasa Yang Menguntungkan, Usaha Cuci Helm Yang Lagi Booming | Hari Murti | 4.5

Komentar :