Ini Dia Tips Ampuh Bisnis Dari Rumah; Online Shop Ala Andi S Boediman

Ini Dia Tips Ampuh Bisnis Dari Rumah; Online Shop Ala Andi S Boediman

Ini Dia Tips Ampuh Bisnis Dari Rumah; Online Shop Ala Andi S Boediman

Berangkat ke kantor pada pagi hari dan pulang disore hari, atau bahkan pada malam hari baru pulang ke rumah? Itu merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan kebanyakan orang dan mungkin banyak diimpikan banyak orang. Bekerja dengan posisi yang mapan di perusahaan besar. Namun sebagian orang akan memimpikan punya¬†bisnis dari rumah termasuk saya hehehe….

Kini paradigma macam itu sudah mulai banyak bergeser. Banyak orang tertarik menjalankan kerja dari rumah atau malah memulai bisnis dari rumah. Menikmati santainya dirumah, tanpa harus tergesa berangkat ke kantor di pagi hari tapi tetap berkocek tebal.

Baik, mari kita pisahkan secara lebih jelas dahulu apa itu bisnis dari rumah. Berbeda dengan bisnis rumahan yang lebih mengutamakan penjualan produk secara langsung. Bisnis dari rumah akan lebih banyak berhubungan dengan teknologi internet. Mengapa? Karena jurus marketing paling mutahir saat ini adalah pemasaran dengan memanfaatkan layanan internet.

Dan ketika kita bicara soal bisnis maka salah satu model bisnis yang terlintas pertama kali di benak kita adalah bisnis dengan memanfaatkan jaringa internet. Pasalnya dengan fasilitas ini, maka bisnis dari rumah sekalipun tetap bisa berjalan dengan sepenuhnya professional. Dan saah satu contoh klasik dari bisnis dari rumah dengan internet adalah bisnis online shop.

Dengan terus meningkatnya penggunaan internet, bahkan mencapai 20% populasi Indonesia sudah banyak berkecimbung dengan dunia internet. Rasanya meski terbilang klasik, bisnis online shop tetap tidak menjadi uzur dan lekang dimakan masa

Hanya saja tidak berarti membangun online shop sesederhana membalikan tangan. Meski terbilang mudah tetap Anda memerlukan kiat khusus supaya yang klasik ini tetap mampu mengungkit penghasilan Anda. Untuk itu kami ingin sharing beberapa tips dari ShopFair Chairman & E-Commerce Expert, Andi S Boediman bagi Anda yang baru belajar untuk membuat online shop.

  1. Jadilah seorang pembeli.
    Seorang penjual harus memiliki pengalaman bagaimana rasanya menjadi seorang pembeli terlebih dahulu. Dengan menjadi pembeli Anda dapat merasakan bagaimana sudut pandang pembeli dalam melihat sebuah online shop. Apa yang mereka harapkan dari sebuah online shop dan bagaimana memberikan pelayanan yang sesuai harapan mereka.

    Cobalah belanja dengan menggunakan berbagai media yang berbeda. Bisnis dari rumah memang membutuhkan media sosial sebagai tulang punggung pemasaran. Tentu akan berbeda pendekatannya dan teknik marketing yang dilakukan antara facebook, twitter, BBM, dan sebagainya. Pengalaman yang Anda rasakan akan jauh bernilai dari ilmu dan teori yang Anda pelajari.

    Rasakan pengalaman bagaimana kemudahan dan kesulitan membeli dengan online. Karena pasti Anda akan mengalami kesulitan, seperti barang yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan, keterlambatan pengiriman sampai dan sebagainya. Atau justru Anda merasa puas karena barang yang dikirimkan sesuai harapan dan sampai tepat waktu. Pengalaman-pengalaman itulah yang nantinya akan membuat Anda menjadi seorang penjual yang sukses.

  2. Stok barang
    Bagi Anda yang menjalankan profesi sebagai penjual Online, Anda tidak selamanya mutlak memerlukan modal yang besar seperti penjual offline yang harus menyediakan stok barang yang cukup banyak untuk melengkapi toko Anda.

    Namun, meski demikian tidak lantas Anda tidak memiliki sistem manajemen terhadap gudang, sekalipun gudang di sini tidak sebesar gudang dalam usaha konvensional. Anda harus bisa menjalin koneksi pintar dengan jaringan supplier Anda supaya meski Anda tidak melakukan stok berlebihan Anda tetap bisa memastikan produk terkirim dengan baik ke konsumen.

    Malah ada pula sistem stok dengan model dropshipping dimana Anda sama sekali tidak akan dibuat pusing soal stok karena urusan stok dan pengiriman barang 100% menjadi urusan supplier. Sementara Anda bekerja di sini hanya sebagai agen penjualan saja.

  3. Kualitas produk
    Karena konsumen Anda tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan produk Anda maka ada satu catatan penting yang mutlak Anda lakukan dalam menjalankan bisnis online shop. Yakni selalu jujur dengan kualitas produk yang Anda jual. Sampaikan dengan jelas bahan yang digunakan kemampuan, fungsi dan berbagai spesifikasi lain secara jelas. Pastikan ada kesesuaian yag spesifik antara keterangan yang Anda sematkan atas setiap produk denga kenyataan. Karena ketika sekali saja Anda berbohong soal kualitas dan spesifikasi produk Anda, maka saat itu pula Anda sudah menghancurkan kepercayaan konsumen pada Anda. Dan kepercayaan ini semacam penyakit menular yang siap merusak bisnis Anda.

Itu tadi beberapa tips bisnis dari rumah via internet dengan model usaha klasik online shop dari ShopFair Chairman & E-Commerce Expert, Andi S Boediman. Tertarik dengan tips yang lain Anda bisa lihat di sini.  -Tim Siap Bisnis-

Ini Dia Tips Ampuh Bisnis Dari Rumah; Online Shop Ala Andi S Boediman | Hari Murti | 4.5

Komentar :