Ini Dia Peluang Usaha Kuliner Inovatif, Aneka Selai Rumahan Yang Selalu Memikat

Ini Dia Peluang Usaha Kuliner Inovatif, Aneka Selai Rumahan Yang Selalu Memikat

Ini Dia Peluang Usaha Kuliner Inovatif, Aneka Selai Rumahan Yang Selalu Memikat

Belakangan ini kerap muncul ide anyar peluang usaha kuliner yang berawal dari pemikiran di kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan makanan sehat yang bebas bahan aditif. Masalahnya untuk bisa mendapatkan makanan dengan kualitas macam ini jelas tidak bisa begitu saja Anda temukan di supermarket terdekat. Kebanyakan makanan yang tersedia di sana memiliki kandungan bahan-bahan pewarna, pemanis dan pengawet buatan yang tidak sehat.

Kebutuhan akan makanan sehat yang semakin tinggi inilah yang menjadi awal dari salah satu ide peluang usaha kuliner rumahan yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Yakni ide pembuatan selai rumahan.

Siapa yang tidak kenal selai? Selai adalah pelengkap favorit bagi banyak masyarakat untuk dioleskan pada roti tawar, kue kering atau tambahan pada cake dan biasanya disajikan pada saat sarapan atau sebagai teman minum teh di sore hari. Rasa selai yang biasanya cenderung manis dengan berbagai rasa buah di dalamnya membuat selai ini memberi efek rasa segar yang mengunggah selera pagi Anda.

Sayangnya kebanyakan selai yang Anda jumpai di pasaran adalah selai yang tidak 100% menggunakan pemanis asli dari gula murni. Tidak hanya itu, banyak pula yang menggunakan pengawet buatan dan yang lebih buruk mewarna buatan sehingga selai tampak lebih cerah dan memikat pembeli.

Dengan selai yang menggunakan bahan-bahan macam itu, pelengkap sarapan yang seharusnya sehat dan bernilai nutrisi tinggi karena sarat sari buah sehat, justru menjadi makanan yang bisa menghantarkan masalah kesehatan pada penggemarnya.

Nah…dari sinilah Anda bisa mengembangkan ide peluang usaha kuliner rumahan yang cukup potensial. Apalagi membuka usaha selai rumahan macam ini terbilang tidak terlalu rumit, mengingat cara membuatnya juga terbilang mudah dan simpel. Anda juga tidak membutuhkan peralatan dapur yang sulit Anda dapatkan, cukup dengan alat yang sudah Anda sekalipun Anda sudah bisa memulai usaha ini dari skala kecil.

Yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini hanya peralatan dapur biasa macam mesin blender, panci rebus, panci kukus, mesin pendingin atau kulkas. Wadahnya juga cukup dengan stopless kecil dari kaca sebagaimana biasa Anda jumpai di pasaran. Sederhana sekali bukan?

Tidak hanya soal peralatan saja yang terbilang sederhana. Usaha ini pun juga cukup sederhana Anda jalankan. Kuncinya hanya selalu memastikan produk Anda berasal dari buah yang berkualitas dan 100% segar, karena buah layu membuat selai mudah rusak. Karena produk Anda bebas pengawet nantinya, faktor semacam ini menjadi sangat penting kecuali Anda akan mengabaikan kepuasan pelanggan dengan mengirimkan selai yang tidak awet.

Tetapi di luar faktor keawetan selai rumahan yang Anda produksi, faktor rasa tetap menempati posisi penting. Segala sesuatu terkait dengan produk kuliner jelas membutuhkan peran besar dari selera pasar. Jai membuat selai rumahan bukan sekedar membuat selai dengan asal, menghancurkan buah dengan blender menambahkan gula dan rebus hingga mendidih begitu saja. Anda harus memiliki resep rahasia sehingga rasa selai buatan Anda tidak sekedarnya saja tetap memang memikat lidah.

Banyak dari pelaku usaha semacam ini mengalami masa ujicoba dengan terus menerus mencoba beragam cara dan resep demi mendapatkan selai dengan rasa terbaik dan sesuai dengan selera pasar. Bila perlu mereka meracik sendiri beragam campuran buah untuk mendapatkan selai tutty fruity yang menggoda selera.

Dan rupanya ketika Anda menjalankan sebuah usaha sekalipun itu peluang usaha kuliner, maka Anda tidak akan pernah lepas dari aspek pemasaran dan penjualan. Anda boleh saja memiliki selai yang rasanya sangat enak tapi Anda tetap tidak akan untung apapun ketika produk Anda belum juga terjual.

Kebanyakan dari pelaku usaha semacam ini memilih jalur online untuk mempromosikan selai buah buatan mereka, seperti dengan penjualan via facebook, web jual beli atau dengan sistem blog. Tetapi cara konvensional seperti mengikuti pameran kuliner, penjualan via agen atau penjualan langsung via komunitas juga tetap efektif karena biasanya dengan cara lama macam ini konsumen bisa mencicipi langsung selai Anda. Cara ini biasanya lebih cepat dalam memikat konsumen secara langsung.

Bahkan dari selai yang biasa menghiasi sarapan pagi Anda, Anda bisa menemukan ide potensial untuk peluang usaha kuliner bukan? Jadi coba buka mata Anda lebih lebar dan temukan potensi dari lingkungan Anda. Apakah Anda ad aide bisnis baru? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

kuliner inovatif, aneka bisnis yg inovatif, memulai usaha sele, bisnis selai, inovasi selai buah, inovasi bisnis kuliner, wirausaha makanan selai, contoh transaksi industri usaha selai, bisnis selai rumahan, bisnis kuliner inovatif
Ini Dia Peluang Usaha Kuliner Inovatif, Aneka Selai Rumahan Yang Selalu Memikat | Hari Murti | 4.5

Komentar :