Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu

Belakangan nama jahe merah memang tengah naik daun sebagai salah satu herbal rimpang, selain kunyit putih yang diyakini mengandung banyak manfaat dan khasiat jahe merah untuk kesehatan. Bahkan karena manfaat dan khasiat jahe merah ini banyak kemudian banyak produsen baik skala rumahan sampai industry modern yang memproduksi ragam minuman, makanan sampai obat gosok yang menggunakan ekstrak jahe merah.

Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu

Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu

Demi memastikan kebenaran akan manfaat dan khasiat jahe merah ini, berkembang pula beragam riset di berbagai lembaga riset untuk memastikan apa saja rahasia dibalik khasiat baik dari rimpang jahe yang memiliki warna daging kemerahan dan rasa serta aroma yang 2 -3 kali lebih pedas dari jahe biasa.

Berdasar penelitian yang dikembangkan di beberapa lembaga riset, ditemukan bahwa manfaat dan khasiat jahe merah memang terdapat sejumlah senyawa yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Senyawa senyawa ini juga baik untuk membantu mengatasi beberapa keluhan dan penyakit.

Adapun beberapa senyawa yang dipastikan bisa Anda dapatkan dari sebuah rimpang jahe merah adalah flavonoid, gingerol, asam aksolat, zingeron, dan shogaol. Selain itu dipastikan adanya kandungan minyak atsiri dan oleoresin.

Kebanyakan senyawa di atas memiliki peran besar dalam menghasilkan rasa hangat, pedas dan aroma hangat yang tajam khas jahe. Meski pada jahe biasa sebagian besar senyawa di atas juga bisa Anda jumpai, tetapi sebagian besar senyawa ini bisa menjadi berjumlah sampai 2 -3 kali lipat lebih banyak pada jahe merah.

Rasa hangatnya membantu tubuh melebarkan pembuluh darah yang akan membantu tubuh merasa lebih hangat, melancarkan aliran darah, meningkatkan metabolisme. Ketika aliran darah menjadi lancar dan tubuh terasa hangat maka beberapa efek positif bisa Anda dapatkan

Ada begitu banyak manfaat dari kondisi ini, sebut saja membantu mengatasi gejala masuk angin, mengatasi gejala flu demam, mengatasi masalah sakit kepala seperti migraine, sampai membantu meningkatkan konsentrasi otak dan membantu mengatasi keluhan disfungsi ereksi. Ada beberapa fakta yang menunjukan bahwa asupan jahe merah akan baik untuk membantu meningkatkan kerja syaraf pusat dan syaraf tepi otak. Selain juga terbukti membantu meningkatkan libido.

Ketika aliran darah menjadi lancar, otomatis metabolisme tubuh meningkat dan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak energi. Itu sebabnya mengkonsumsi jahe merah akan membantu tubuh meningkatkan stamina dan kebugaran.

Rasa hangat ini juga baik untuk Anda yang tengah merasa mual, kembung atau malah sedang mabuk kendaraan, karena membantu Anda menetralisir asam lambung dan membantu melancarkan aliran darah ke otak sehingga meredakan rasa limbung karena mabuk. Bahkan jahe merah dalam jumlah terbatas cukup aman untuk ibu hamil mengatasi rasa mual dan pusingnya ketimbang menggunakan obat mual yang kadang beresiko terhadap pertumbuhan janin.

Pada jahe terdapat kandungan shogaol yang dipercaya sebagai anti inflamasi dan anti radang. Sehingga memiliki khasiat baik sebagai obat mengatasi keluhan infeksi dan radang baik itu di area kulit, bawah kulit seperti lebam atau keluhan keseleo sampai masalah radang dalam seperti radang tenggorokan dan radang lambung.

Bahkan gabungan manfaat shogaol yang anti radang dan sifat hangatnya juga bisa Anda jadikan sebagai pertolongan awal mengatasi serangan asam urat. Anda bisa gunakan obat gosok atau air perasan ajeh merah untuk Anda borehkan pada area yang sakit.

Namun rasa panasnya yang lebih kuat kadang bisa terasa terlalu berat bagi sebagian orang. Sebaiknya gunakan dalam porsi yang wajar dan sesuaikan dengan kekuatan mereka yang akan meminumnya, karena satu ruasnya saja bisa memberi efek hangat setidaknya 2 – 3 kali lebih kuat dari jahe biasa.

Untuk efek lebih baik, coba bakar sedikit rimpang jahe merah untuk memancing jahe mengeluarkan lebih banyak minyak atsiri di dalamnya. Baru kemudian Anda seduh dalam air panas mendidih dan aduk dengan madu secukupnya.

Itulah tadi beberapa hal terkait manfaat dan khasiat jahe merah yang bisa Anda dapatkan dari rimpang yang masih beradik kakak dengan jahe putih yang biasa Anda temukan di dapur rumah Anda. Jangan ragu untuk menyimpan sedikit rimpang jahe merah di lemari pendingin rumah Anda untuk sebagai herbal yang bisa Anda andalkan sebagai pertolongan pertama di rumah Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.rumahsehatbiohealth.wordpress.com

Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Anda Wajib Tahu | Hari Murti | 4.5

Komentar :