Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Yang Harus Anda Tahu

Daun sirsak belakangan menjadi populer semenjak beberapa pakar kesehatan mengklaim adanya efek ositif pengkonsumsian daun sirsak ini dalam perlawanan terhadap perkembangan sel kanker. Benarkah klaim penelitian tersebut? Dan adakah manfaat dan khasiat daun sirsak lain yang selama ini belum banyak diungkap?

Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Yang Harus Anda Tahu

Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Yang Harus Anda Tahu

Penelitian pertama sebenarnya sudah diawali oleh sebuah lembaga riset khusus mengenai kanker asal USA pada tahun 1976, bernama National Cancer Institute yang membuktikan manfaat dan khasiat daun sirsak terdapat beberapa senyawa unik yang sifatnya sebagai antioksidan keras yang bisa melawan pertumbuhan sel asing dalam tubuh, termasuk pertumbuhan sel kanker. Juga memiliki sifat pencegahan mutasi gen yang tentu juga sangat penting dalam mengatasi kanker dalam skala dini.

Kekuatan senyawa unik yang termasuk dalam kategori senyawa laktat dan isoquinoline ini terbukti sangat ampuh bahkan dalam taraf tertentu mampu bekerja lebih aktif dari kemampuan kerja kemoterapi, meski sampai saat ini masih ada berbagai penelitian lanjutan untuk memastikan mengaktualisasi fakta ini.

Pada pengembangan penelitian yang dikembangkan di beberapa negara termasuk Singapura, Korea, Swiss dan Austria dikatakan adanya manfaat dan khasiat daun sirsak lain yang juga membuatnya mampu mengatasi keluhan penyakit berat lain selain kanker.

Dalam daun sirsak terdapat sifat diuretik yang baik untuk melancarkan aliran air seni dan meningkatkan kualitas aliran darah dalam tubuh. Aliran darah yang lancar akan membantu meringankan keluhan tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, jantung, ginjal sampai mengatasi asam urat. Bahkan juga baik untuk meningkatkan kesegaran kulit.

Daun sirsak juga dipercaya memiliki kekuatan penenang. Baik untuk mengatasi tegang otot, tegang syaraf dan termasuk pula masalah depresi dan kelelahan yang berlebihan. Bahkan dalam dosis tertentu daun sirsak diyakini bisa bekerja sebagai analgesik atau penetral rasa nyeri skala ringan.

Selain itu dalam daun sirsak terdapat khasiat anti bakteri dan antibiotik alami yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Sehingga baik untuk anti inflamasi dan peningkat imunitas. Manfaat dan khasiat daun sirsak lain adalah sebagai penguat dinding usus yang merupakan efek dari sifat selulosanya yang unik dn memberi lapisan pada dinding usus dan menguatkan sel dinding usus. Dinding usus yang kuat akan mencegah terjadinya iritasi pencernaan pada jangka panjang.

Yang unik lagi dari daun sirsak, di berbagai desa di Jawa dipercaya adanya manfaat dan khasiat daun sirsak sebagai anti cacing. Pemberian secara berkala akan baik untuk mencegah cacingan pada anak dan dewasa dengan dosis yang disesuaikan. Meski belum terbukti secara klinis dalam penelitian, tetapi beberapa pelaku medis lokal mengakui manfaat daun sirsak sebagai anti cacing.

Meski demikian beberapa pakar herbal melihat sifatnya sebagai anti kanker yang kuat sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil karena dapat menganggu pertumbuhan janin yang kadang bisa terbaca sebagai sel asing. Walaupun beberapa pakar herbal menyadari adanya kemampuan daun sirsak sebagai pelancar ASI. Pemberian asupan daun sirsak sebaiknya dilakukan pada ibu yang sudah melahirkan dan bukan ibu yang masih hamil.

Selain itu, pada proses konsumsinya, sebaiknya perhatikan dengan baik dosis yang Anda asup. Karena pada banyak kasus pemberian yang berlebihan bisa menyebabkan keluhan yang baru karena kemampuan kerjanya yang relatif cepat.

Beberapa kasus yang kerap muncul seperti penderita hipertensi mengalami penurunan tekanan darah drastis karena daun sirsak atau mengalami kencing berlebihan sampai mengalami konstipasi dan dehidrasi karena tidak diimbangi dengan minum yang banyak.

Kasus lain yang juga kerap muncul karena dosis yang kurang tepat adalah efek rasa lemas dan loyo karena sifat penenang dan pengendur syaraf pada daun sirsak yang bekerja berlebihan. Juga munculnya kasus hipoglicemic pada penderita diabetes.

Baca juga : Manfaat daun sirsak

Ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan pakar herbal untuk memastikan kebutuhan dosis yang tepat untuk persoalan kesehatan Anda. Atau gunakan dosis ringan dan tingkatkan secara bertahap bila Anda rasa dosis yang sudah Anda terapkan kurang berkhasiat pada keluhan kesehatan yang Anda alami. Ini akan membantu Anda tetap aman dan sehat dalam menggunakan manfaat dan khasiat daun sirsak. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.daunsirsakobatkanker.com

Tag:

daun sirsat apa mengandung antibiotik
Ini Dia Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Yang Harus Anda Tahu | Hari Murti | 4.5

Komentar :