Ini Dia Ide Usaha Sampingan Hasil Besar; Pembuatan Case Handphone

Ini Dia Ide Usaha Sampingan Hasil Besar; Pembuatan Case Handphone

Ini Dia Ide Usaha Sampingan Hasil Besar; Pembuatan Case Handphone

Ide usaha sampingan tak harus muncul dari hal-hal besar. Selalu kami sampaikan, kalau yang perlu Anda lihat adalah apa yang muncul di sekitar Anda dan melihatnya dengan lebih mendalam. Anda akan menemukan banyak kebutuhan baru yang kadang bisa Anda olah berdasar kemampuan dan kebisaan Anda. Seperti ide usaha sampingan dari perkembangan pasat handphone dewasa ini.

Rasanya sulit di masa kini mencari orang yang tidak menggenggam handphone di tangannya, meski itu hanya handphone jadul yang boleh dikatakan ketinggalan jaman dari sisi teknologi. Apalagi di era smartphone, rasanya tidak perlu kaget kalau semua orang sudah sibuk dan autis dengan handphone masing-masing.

Ada satu bisnis yang lumayan menggiurkan ketika pasar handphone sudah demikian berkembang pesat seperti sekarang. Tentu saja usaha aksesoris handphone. Sepertinya fashion tidak hanya menyentuh manusia saja, tetapi bahkan gadget dalam genggaman juga turut terkena sentuhan fashion bahkan di beri pakaian aneka warna dan aneka model untuk membuatnya menarik.

Kadang tampilan untuk handphone sendiri menggambarkan status dan identitas dari pemilik handphone itu sendiri. Jangan heran kalau kemudian pasar aksesoris handphone menjadi demikian besar dan jelas bisa menjadi satu peluang untuk Anda yang tengah mencari ide usaha sampingan.

Bila Anda termasuk orang dengan kreativitas tinggi dan tangan yang terampil dalam membuat karya kerajinan Anda bisa mencoba menggeluti usaha ini sebagai ide usaha sampingan. Dan salah satu yang terbilang cukup mudah Anda jalankan adalah usaha pembuatan sarung handphone.

Anda bisa membuatnya dari beragam bahan dan model, tentu saja tergantung target pasar dari produk buatan Anda. Apakah Anda mengincar pasar kalangan professional, kalangan muda atau jusru wanita fashionista. Tentu saja masing-masing membutuhkan desain rancangan sarung handphone dengan bentuk yang berbeda dan khas sesuai karakter mereka.

Dan ide usaha sampingan ini pula yang menjadi awal dari seorang pria muda bernama Aswin Amri untuk membuat sebuah case atau sarung handphone unik. Ketika itu Aswin masih berprofesi sebagai salah satu merchandiser di sebuah department store ternama di kota Yogyakarta.

Ide ini berawal dari keinginan sang adik untuk memasang wajah artis idolanya pada case atau sarung smartphone miliknya. Setelah cari cara kesana dan kesini, Aswin menemukan cara jitu menorehkan wajah artis idola sang adik pada case handphone, yakni dengan mencetaknya menggunakan printer khusus untuk jenis kulit imittasi macam bahan Oscar.

Aswin yang kebetulan memiliki rekan yang mengenal seorang rekan yang bekerja pada bisnis sablon memesan khusus pada sang rekan dicetakan bahan kulit Oscar dengan gambar yang dimaksud. Kemudian Aswin menggunakan bahan kulit ini menjadi sebuah dompet khusus wadah handphone. Beruntung Aswin memang sempat sekolah desain fashion di sebuah akademi di kota Yogyakarta dan ini membantunya mendesain bahkan membuatnya sendiri. Bahkan Aswin terbilang piawai menggunakan mesin jahit sendiri.

Rupanya hasil karyanya disukai oleh rekan sekolah adiknya. Banyak yang menanyakan dimana sang adik mendapatkan case handphone uniknya ini. Dan sambutan inilah yang membuat Aswin terpikir untuk membuat produk serupa lagi dan menjualnya.

Awalnya Aswin meminta sang adik untuk menerima pesanan dari teman-temannya. Konsumen bebas memilih gambar apa yang ingin dipasang pada case atau sarung. Setelah mendapat pesanan sebanyak 20 buah, baru Aswin memproduksinya. Beruntung sang adik tak butuh waktu lama untuk mendapatkan pesanan 20 buah case.

Kembali memesan cetakan pada sang rekan yang bekerja pada industry sablon, Aswin sukses memproduksi 20 case handmadenya pertamanya ini dan kembali mendapat sambutan positif di pasar. Dari sinilah Aswin menekuni usahanya ini di sela waktunya dengan kemampuan produksi terbatas karena waktupengerjaan yang hanya bisa dia jalankan di sela waktu senggangnya sebagai karyawan.

Untuk setiap case Aswin menjual dengan harga 40 ribu sampai 90 ribu tergantung ukuran. Padahal Aswin mengaku modal usahanya tidak besar hanya sekitar 60 % saja. Apalagi kini Aswin sudah membeli sendiri mesin cetak printing kulit senilai 30 juta dengan mengajukan hutang pada sebuah bank. Tentu ini akan memotong biaya produksi. Padahal omsetnya saat ini sudah mencapai 18 jutaan.

Dan Aswin sendiri sudah merekruit 3 orang tenaga jahit lengkap dengan 2 mesin jahit tambahan. Aswin tidak lagi memproduksi case handphone dengan tangannya sendiri melainkan hanya membuat desain dan pengawasan saja. Aswin berencana akan mundur dari pekerjaannya bila dari ide usaha sampingannya ini Aswin bisa menghasilkan angka yang memuaskan.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.3hiung.blogspot.com

Tag:

cara membuat casing hp unik, cara membuat case hp unik, cara membuat case hp sendiri, cara membuat case hp, cara membuat casing hp sendiri, cara membuat case handphone sendiri, cara promosi case haope, produksi casing handphone, membuat kesing hp dari kulit, casing hape kreatif
Ini Dia Ide Usaha Sampingan Hasil Besar; Pembuatan Case Handphone | Hari Murti | 4.5

Komentar :