Ini Dia Ide Peluang Usaha Unik, Yang Menjanjikan Usaha Jasa Foto Udara

Ini Dia Ide Peluang Usaha Unik, Yang Menjanjikan Usaha Jasa Foto Udara

Ini Dia Ide Peluang Usaha Unik, Yang Menjanjikan Usaha Jasa Foto Udara

Ide peluang usaha unik satu ini terbilang anyar dan sebelumnya mungkin belum banyak dikenal orang. Trend pemotretan udara baru muncul sekitar 5 tahun terakhir dan mulai banyak dibutuhkan di pasaran dalam 3 tahun belakangan ini sejak munculnya teknik drone photography di Indonesia.

Awalnya konsep drone photography tak ubahnya hanya sekedar bagian pengembangan hobi fotografi yang menyerap modifikasi teknik fotografi dari manca yang memanfaatkan peralatan penerbangan dengan kendai jarak jauh sebagai media terbang.

Pada dasarnya pemotretan udara adalah sesi pemotretan dengan angel pengambilan gambar dari atas objek. Kamera akan berada melayang di udara alias terbang dengan sudut pengambilan luas sehingga bisa mencakup objek yang luas.

Sejak tahun 2010, hobi unik ini berkembang menjadi Ide peluang usaha unik di Indonesia. Pelaku jasa foto udara akan menawarkan jasa pemotretan dengan sudut pengambilan gambar dari atas untuk mendapatkan gambaran utuh sebuah lokasi, biasanya untuk pemetaan, pemantauan lokasi, perencanaan pembangunan dan sebagainya.

Kaufil Anril satu pemain dari ide peluang usaha unik jasa foto udara asal Bandung adalah salah satu pioneer usaha ini di tahun 2010. Kaufil memulai usaha jasa foto udara bertajuk Helicomindo.com dengan bermodal pesawat mini dan helicopter dengan pengendali jarak jauh, kamera dengan model Go Pro dan DSLR kualitas menengah,

Untuk membuat pesawat dan helicopter khusus pembawa kamera, perlu dibuat beberapa perubahan custom yang memakan waktu dan biaya. Itu sebabnya satu buah jasa pemotretan udara bisa dikenakan biaya antara 5 juta sampai 15 jutaan. Dari angka penjualan jasa ini, Kaufil bisa mencatatkan omset tak kurang dari 40 juta dengan margin sekitar 30%.

Kebanyakan konsumen dari Helicomindo.com adalah kalangan pelaku proyek yang membutuhkan gambaran udara dari lokasi proyek mereka. Meski tak jarang pula instansi pemerintahan dan instansi pendidikan juga tertarik mennggunakan jasa foto udara.

Malah ada kisah lain dari seorang pelaku usaha jasa foto udara lain asal kota Yogyakarta yang dimotori oleh 3 orang pria muda, Septi Endrasmoro, Muh Thoha dan Dendi Pratama. Usaha jasa foto udara dengan nama Capung Aerial Photo ini kebanyakan melayani permintaan pemotretan dan perekaman video untuk iklan. Meski juga pasar pengembangan hotel dan resort yang pesat berkembang di kota Gudeg ini turut meningkatkan permintaan jasa mereka.

Padahal, Septi hanya bermodal kamera model go pro yang murah meriah atau model prosumer senilai 8 jutaan ketika angin kencang. Sementara untuk peralatan terbang hanya menggunakan helicopter dan balon udara rakitan yang tergolong murah meriah. Itu sebabnya Septi bisa melempar penawaran jasa foto udara dengan harga lebih miring, hanya sekitar 1, 5 juta sampai 10 jutaan untuk lokasi pemotretan dengan medan berat.

Meski hanya menjual jasanya dengan harga tergolon miring, Septi tetap bisa mendapatkan banyak pemasukan karena klien yang seolah terus mengalir. Dalam satu bulan Septi bisa melayani sampai 30 klien dan itu membuat Septi tetap bisa mengeruk omset sampai 50 jutaan.

Pelaku usaha serupa di kota Bali justru bermain dalam pasar premium dengan jasa yang dijual dengan harga mencapai 10 juta – 20 juta satu kali sesi pemotretan. Dengan harga demikian tinggi tidak heran kalau omset Choliq bisa mencapai ratusan juta tiap bulan. Tentu saja sejalan dengan harga, pemiliknya, Choliq Abdullah juga memastikan kualitas foto hasil pemotretan udara yang dijalankannya memang berkualitas dengan detil yang akurat.

Tidak heran kalau kebanyakan klien dari jasa foto udara Jirolu Studio milik Choliq ini kebanyakan berasal dari kalangan pelaku proyek. Mereka membutuhkan informasi foto udara yang detil, penuh akurasi dan presisi yang baik. Karena data dari foto udara ini akan menjadi dasar perancangan pembangunan sampai analisa perkembangan proyek.

Untuk itu, Choliq juga tidak ragu dalam berinvestasi dalam ide peluang usaha unik ini. Tak kurang dari modal puluhan juta ditanamkan untuk membeli alat penerbangan kendali jarak jauh dengan kualitas tinggi, termasuk tahan dengan angin kencang dan kestabilan yang tinggi. Choliq juga menggunakan kamera DSLR kualitas tinggi dengan nilai puluhan juta.

Usaha jasa foto udara memang layak dikategorikan sebagai Ide peluang usaha unik dengan potensi besar. Pasar ini belum banyak terolah, meski sebenarnya ada pasar yang sangat besar dan siap menampung. Malah hingga kini persaingan masih tergolong ringan. Hanya saja Anda membutuhkan modal yang tidak kecil walau tentu saja modal ini jelas sangat sesuai dengan hasil yang kelak akan Anda peroleh.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

peluang bisnis drone, usaha drone, peluang usaha drone, bisnis unik omset besar, bisnis drone, usaha unik, usaha rental unik, vidio wirausaha unik, peluang bisnis unik yg menjanjikan, bisnis persewaan unik
Ini Dia Ide Peluang Usaha Unik, Yang Menjanjikan Usaha Jasa Foto Udara | Hari Murti | 4.5

Komentar :