Ini Dia Ide Cerdas Peluang Usaha Minuman Kemasan Juice Botol Rumahan

Ini Dia Ide Cerdas Peluang Usaha Minuman Kemasan Juice Botol Rumahan

Ini Dia Ide Cerdas Peluang Usaha Minuman Kemasan Juice Botol Rumahan

Siapa bilang untuk mengembangkan peluang usaha minuman kemasan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bermodal besar dengan pabrik-pabrik besar bernilai investasi tinggi? Anda bisa saja menjalankan usaha serupa ini dengan modal terbatas, malah dengan usaha skala rumahan yang tentu saja tidak hanya sekedar rendah modal juga rendah sumber daya.

Contoh saja Hastari, seorang ibu muda asal kota Semarang yang mencetuskan ide membuat usaha juice rumahan dalam kemasan botol. Selama ini usaha juice rumahan identik dengan usaha booth kecil di depan rumah atau di dekat kawasan ramai. Penjualan hanya dengan gelas plastik atau dengan plastik bungkus yang sederhana.

Tapi berbeda dengan ide Hastari, beliau mencoba membuat peluang usaha minuman kemasan juice buatannya lebih eksklusif dengan menyajikannya dalam kemasan botol dengan segel, serupa dengan minuman botol kemasan di berbagai supermarket.

Hastari memulai usaha kecilnya ini sekitar tahun 2010 dengan bermodal sebuah mesin blender ukuran besar miliknya dan uang senilai 7 juta untuk membeli mesin segel botol, mesin steril, bahan baku juice dan botol kemasan siap pakai.

Pada saat ini Hastari hanya memproduksi sekitar 30 botol kemasan dan menjualnya melalui promosi dari mulut ke mulut dengan rekan-rekan kerja sang suami dan teman-teman si kecil di sekolah. Untuk menjaga kualitas, Hastari sama sekali tidak menambahkan pewarna, pemanis atau pengawet. Bahkan untuk menghasilkan juice lebih sehat, Hastari hanya menggunakan madu asli sebagai pemanis.

Untuk membuat produks juicenya tahan lama, Hastari hanya memastikan setiap proses produksi sudah melalui proses pensterilan dan pencucian yang maksimal. Hastari hanya menggunakan air mineral yang sudah dimasak untuk menjaga kualitas air. Buah juga melalui proses pencucian dengan air matang, Sedang semua perangkat proses pembuatan juice juga sudah melalui proses sterilisasi.

Hasilnya juice buatan Hastari mampu bertahan baik di dalam suhu ruang selama 3 hari dan menjadi 7 hari bila di simpan di lemari pendingin. Konsep juice sehat dengan bahan yang aman dan sehat macam ini memang mudah memikat pasar perkotaan besar yang sedang terjangkit tren hidup sehat. Tak heran dalam 2 bulan usaha, Hastari sudah mulai kewalahan menangani permintaan yang masuk.

Akhirnya dengan suntikan dana dari suami, Hastari mulai menambah kapasitas produksi dengan menambah mesin juicer dengan kapasitas besar sehingga kemampuan produksi Hastari dengan juice kemasan botol bermerk Hast fruit ini berkembang pesat.

Melihat perkembangan usaha Hastari, sang suami memberi dukungan lain dengan menjalin kerjasama dari seorang rekan yang mahir dengan sistem marketing online. Dari sini Hastari memiliki sebuah toko online yang dikelola secara professional untuk merebut pasar lebih luas meski dengan target pasar masih di kisaran Semarang dan sekitarnya.

Dari sinilah usaha Hastari berkembang menjadi lebih luas. Dari hanya mampu memproduksi 30 botol sehari, Hastari kini sudah mulai memproduksi hingga 200 botol ukuran 300 ml dan 100 botol ukuran 700 ml setiap hari. Dari hanya 4 rasa, jambu biji, jeruk, strawberry dan sirsak, kini Hastari sudah mengembangkan usaha juicenya menjadi 10 rasa termasuk 3 rasa mix juice hasil ujicobanya.

Saat ini untuk satu kemasan botol ukuran 300 ml Hastari membandrol seharga 10 ribu sedang untuk juice dalam kemasan botol 700 ml Hastari menjualnya dengan harga 20 ribu. Sedang untuk kemasan 1000 ml Hastari menjual dengan harga 23 ribu.

Dari usaha ini pula Hastari sukses membukukan omset hingga 100 jutaan sampai 120 jutaan setiap bulan. Dari angka ini Hastari bisa meraih untung hingga 25 %. Sebuah perkembangan usaha yang cukup menarik dari sebuah peluang usaha minuman kemasan rumahan yang berawal dari modal kecil.

Saat ini Hastari berencana untuk meningkatkan produksinya hingga setidaknya bisa 500 botol berhari. Ini untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Hastari juga berencana merambah pasar kota Yogyakarta yang tidak kalah potensial, hanya belum menemukan solusi tepat untuk ekspedisi yang sesuai. Karena Hastari berharap peluang usaha minuman kemasan yang dirintisnya ini bisa menjadi penguasa baru pasar minuman juice kemasan di kawasan Jawa Tengah.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha jus buah kemasan, usaha minuman kemasan, usaha jus buah dalam kemasan, bisnis minuman kemasan, cara membuat minuman kemasan botol, bisnis minuman kemasan botol, usaha minuman kemasan rumahan, cara membuat minuman kemasan agar awet, bisnis jus buah dalam kemasan, peluang usaha minuman kemasan
Ini Dia Ide Cerdas Peluang Usaha Minuman Kemasan Juice Botol Rumahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :