Ini Dia Daftar 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh

Ini Dia Daftar 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh

Ini Dia Daftar 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh

Anda ingin tau cara paling alami dalam mengusir nyamuk tanpa menganggu kesehatan Anda karena menghirup insektisida yang berbahaya? Coba cara satu ini, menanamkan tanaman pengusir nyamuk di area sekitar rumah Anda. Bahkan tak salah juga kadang menyimpannya di dalam rumah Anda.

Tanaman pengusir nyamuk ini biasanya memiliki aroma khusus yang membuat nyamuk tidak nyaman atau sedikit mabuk. Akhirnya mereka menyingkir dan pergi dari area rumah Anda. Bukankah car ini lebih aman, karena meskipun aromanya berbahaya bagi tikus, aroma tanaman pengusir nyamuk sama sekali tidak akan mengusik kesehatan Anda.

Apa saja yang termasuk tanaman pengusir nyamuk itu? Anda bisa menemukan informasinya di dalam daftar berikut ini:

  1. Tanaman serai
    Anda pasti cukup familier dengan bumbu dapur satu ini dan bisa jadi juga familier dengan aroma harumnya yang segar dan menggugah selera. Tapi rupanya aroma harumnya yang segar ini juga memiliki kemampuan mengusir nyamuk. Sekilas tanaman serai menyerupai ilalang dengan daun yang tipis dan sedikit tajam dikulit. Tapi kandungan geraniol dan sitronealnya sangat ampuh mengusik nyamuk.
  2. Tanaman akar wangi
    Tanaman akar wangi sendiri hampir mirip dengan tanaman serai bentuknya dengan aroma khasnya sendiri. Dan aroma khasnya pula yang juga mengandung sitronela membuat nyamuk tak nyaman dan memilih menyingkir.
  3. Tanaman Tapak dara
    Anda mungkin juga mengenal tanaman berbunga dengan waarna putih dan keunguan ini dengan nama bunga geranium. Bunganya khas dengan 5 kelopak dan bentuk sederhana serta ukuran yang kecil. Dalam bunga dengan aroma harum yang khas ini Anda akan menemukan kandungan senyawa geraniol dan sitronela yang ampuh menyingkirkan nyamuk dari rumah Anda. Bunga ini juga cantik sebagai tanaman hias di pekarangan rumah Anda.
  4. Tanaman Lavender
    Tanaman berbunga ungu berderet dengan putik kecil nan cantik ini rupanya tak hanya apik menghias pekarangan rumah Anda. Tetapi juga menyebarkan aroma harum di seantero pekarangan rumah. Menariknya selain memberi aroma harum yang menyenangkan di hunian Anda, juga membuat nyamuk menjauh. Kandungan linalool dan linalyl acetate sangat efektif menyingkirkan nyamuk.
  5. Tanaman rosemary
    Tanaman ini lebih dikenal dengan aroma hangat yang dihasilkan oleh daunnya. Tapi bukan hanya daunnya yang cocok untuk menjadi bumbu aneka hidangan western, tetapi bunganya yang sedikit beraroma hangat pula sangat efektif menyingkirkan nyamuk. Ada kandungan eucalypta dalam aroma hangat bunga rosemary dan inilah yang secara ajaib menyingkirkan nyamuk.
  6. Tanaman kecombrang
    Tanaman dengan bunga berukuran besar dengan kelopak tebal ini dikenal karena baik daun dan bunganya disukai oleh beberapa orang sebagai makanan untuk masakan pecel dan urap. Aromanya memang harum kadang mengingatkan kita akan aroma mawar namun lebih hangat. Dan aroma hangat yang muncul ini justru membuat nyamuk terusik dan menyingkir cepat dari rumah Anda.
  7. Tanaman Zodia
    Mendengar nama tanaman ini akan membuat Anda mengira tanaman ini berasal dari luar negeri, padahal tanaman ini asli dari tanah Papua. Masyarakat setempat menggunakannya untuk menghasilkan minyak khusus untuk menghindari nyamuk dan serangan malaria. Terdapat senyawa Evodiamine dan Rutaecarpine yang ampuh menyingkirkan nyamuk.
  8. Tanaman Marrygold
    Mungkin nama marrygold asing bagi Anda, tapi kalau bunga tai kotok? Mungkin mulai mengenalnya kan. Bunga ini memiliki tampilan yang cerah dalan aneka warna. Dan terdapat bau tidak enak yang sebenarnya membuat Anda enggan menciumnya. Tapi rupanya aroma tak sedapnya juga tak hanya dibenci orang, tetapi juga oleh nyamuk. Buktinya nyamuk terbukti akan menyingkir cepat dari rumah Anda berkat Anda menanam bunga ini.
  9. Tanaman Suren
    Tanaman ini memang bukan jenis tanaman perdu atau tanaman pendek yang dengan leluasa Anda tanam di pekarangan rumah yang sempit. Tapi kalau Anda memiliki kebun luas di belakang rumah, tak ada salahnya menambahkan tanaman suren yang tergolong tanaman besar ini di sana. Suren juga mengeluarkan aroma khas bila Anda dekati atau Anda ambil daunnya dan Anda potong. Aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

Baca juga: Wisata edukasi taman pintar

Itulah 9 tanaman pengusir nyamuk yang akan dengan ampuh menyingkirkan nyamuk dari rumah Anda tanpa membuat rumah Anda terusik oleh insektisida yang beracun dan berbahaya bagi tubuh. Adakah yang cocok untuk Anda tanam di rumah Anda? -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.eliyanaita85.wordpress.com

Tag:

tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk, bagian ilalang yang ampuh mengusir nyamuk, ilalang buat ngusir nyamuk, tanaman yang mengandung sitronela, tumbuhan yang mengandung sitronela, usaha tanaman pengusir nyamu
Ini Dia Daftar 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Paling Ampuh | Hari Murti | 4.5

Komentar :